susu anak 1 tahun
Source: Mom Junction

Baruterus.com –  Siapa sih yang tidak suka dengan datangnya bulan puasa? Apalagi bulan puasa itu selalu identikkan dengan takjil dan menu berbuka puasa lainnya yang selalu menggugah selera. Karena akan ada banyak penjaja makanan takjil setiap harinya, yang terkadang membuat Bunda bingung dan galau saat buah hati minta jajan. Selain asupan gizinya, kebersihan terkadang juga menjadi penilaian orangtua saat ini. Tapi, Bunda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah ada banyak varian menu takjil yang menggunakan susu anak 1 tahun.

Dancow adalah salah satu susu anak 1 tahun yang dapat Bunda pakai sebagai bahan tambahan membuat takjil untuk berbuka puasa bersama dengan si buah hati. Selain sebagai susu tambahan yang tepat untuk anak, ternyata susu Dancow juga dapat divariasikan dengan berbagai jenis menu takjil sehat.

Kenapa harus Dancow?

Karena Dancow yang melengkapi kandungan dalam asupannya dengan lemak baik seperti DHA dari minyak ikan, Omega-3, dan tidak lupa dengan Omega-6. Yang dimana kandungan dalam lemak tersebut sangat baik bila dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun. Usia yang dikenal sebagai masa keemasan anak atau “windows of opportunity”. Masa yang dimana perkembangan sel saraf akan mencapai 80% dari volume keseluruhan saat dewasa, sehingga perkembangannya pun harus dimaksimalkan. Itu karena sinaps yang berfungsi pengirim sinyal pada otak yang akan ikut berkembang sampai dua kali lipat pada anak usia 1-3 tahun (Baby’s Brain Begins Now: Conception to Age 3, Urban Child Institute, 2016).

Sedangkan seperti yang Bunda tahu, bahwa pertumbuhan anak usia 1-3 tahun adalah usia anak-anak yang identik dengan rasa ingin tahu juga mudah menangkap semua informasi ke dalam otaknya. Oleh sebab itu berikan anak makanan dan minuman sehat yang akan terus menemani langkah dan tumbuh kembang mereka yang tidak mungkin terulang kembali.

Dan berikut ini ada beberapa menu takjil yang dapat divariasikan dengan susu Dancow sebagai bahan tambahannya. Yang cocok dikonsumsi oleh buah hati bila tidak suka mengkonsumsinya secara langsung.

  1. Puding Dancow

Bahan:

  • 3 bungkus agar-agar plan
  • 600gr gula pasir
  • 7 butir telur (pisahkan kuning dan putih telurnya)
  • 5 sachet vanili
  • 5 sdm Susu dancow anak 1 tahun
  • 5 sdm tepung maizena
  • 1500 ml Air
  • 2 batang keju parut

 

Cara Buat:

  • Membuat fla:

Bunda terlebih dahulu panci dengan air 1500ml kemudian masukkan bahan-bahan lainnya seperti: 7 kuning telur, 5 sdm susu Dancow dan vanili ke dalam panci yang sudah dipanaskan sambil diaduk sampai rata. Setelah itu masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air sebelumnya, kemudian aduk rata sampai mengental, jangan lupa untuk menambahkan garam 1 sdt hingga meletup-letup lalu matikan kompor. Tunggu agak dingin, masukkan fla ke dalam cup yang sudah disediakan dan biarkan sampai benar-benar dingin

  • Membuat pudding:

Putih telur dan gula 300 gr di mixer dengan kecepatan tinggi sampai berwarna putih seperti krim, kemudian 3 bungkus agar-agar tambahkan air 1,5 liter di panci lainnya dan panaskan, masak agar-agar plan hingga mendidih lalu matikan kompor. Langkah selanjutnya, Bunda masukkan agar-agar panas ini ke dalam putih telur yg tadi sambil dimixer dengan kecepatan paling rendah hingga merata.

  • Langkah terakhir, masukkan puding atau agar-agar busa tadi ke atas fla didalam cup. Kemudian taburi keju parut atau topping apa saja kesukaan anak. Biarkan suhu ruangan sampai dingin, setelah itu tutup cup dan masukkan ke dalam kulkas. Dan pudding Dancow dapat dinikmati bersama buah hati.

Bagaimana Bunda, mudah sekali bukan membuat pudding dengan susu anak 1 tahun sebagai tambahannya? Berikan selalu anak-anak asupan yang terjamin asupan gizi dan nutrisinya Bunda, karena kalau bukan Bunda siapa lagi? Selamat menjalankan puasa bersama si kecil Bunda