Baruterus.com – Selain memperhatikan tumbuh kembang bayi, perlu juga memperhatikan kesehatan Ibu selama masa mengandung. Ibu yang sehat akan menghasilkan bayi yang kuat.

Lumrah, Ibu ketika hamil mengalami beberapa keluhan yang berdampak pada kesehatan. Terlalu cepat lelah, berat badan yang turun drastis, sering mual dan muntah, susah tidur, anemia, kadar gula serta tekanan darah yang menurun. Walaupun, tidak selalu setiap wanita mengalami hal yang sama. Namun secara umum, masalah kondisi tubuh seperti itu sering ditemui pada Ibu yang sedang mengandung.

Mengatur pola makanan pada saat hamil, membantu Ibu agar selalu sehat pada saat hamil. Asupan dan nutrisi Ibu harus benar-benar diperhatikan. Makanan sehat yang bisa menambah kebugaran Ibu pada saat hamil bisa ditemukan dari telur, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, sayur dan buah-buahan. Selain itu juga, agar stamina selalu terjaga, Ibu juga dapat mengkonsumsi vitamin dan suplemen Ibu hamil.

Selain menjaga asupan pada saat hamil, ada beberapa kiat untuk tetap sehat dan berstamina selama masa kehamilan.

  1. Ubah kebiasaan makan dan hindari pantangan.

Bagi Ibu yang menyukai junkfood, makanan yang tidak sehat, dan gorengan yang dimasak dari minyak bekas, sebaiknya segera jauhkan dari menu makanan Ibu ketika mengetahui Ibu sedang mengandung. Menghindari makanan pedas, buah-buahan yang bersifat panas seperti nenas dan durian, soft drink dan alkohol.

  1. Batasi aktifitas dan tambah jam tidur

Menambah jam tidur akan mengurangi kelelahan yang terjadi saat hamil. Tidur lebih awal dari biasa Ibu tidur di malam hari. Siang hari bagi yang bekerja, usahakan untuk meluangkan tidur sekitat 15-30 menit pada saat istirahat.

Batasi aktifitas Ibu agar tidak melakukan hal-hal yang berat dan menguras tenaga. Lakukan kegiatan rutin seperti biasanya, namun jangan sampai terlalu kelelahan. Hindari juga duduk yang terlalu lama ataupun berdiri terlalu lama, agar sirkulasi darah tetap terjaga.

  1. Mengendalikan emosi

Selain kebahagiaan yang luar biasa ketika hamil, rasa kecemasan yang berlebihan juga terkadang dirasakan seorang Ibu. Kekhawatiran yang berlebihan akan masalah yang dirasa akan timbul, entah itu masalah financial, sistem mendidik anak, bagaimana mengurus anak nanti ketika sudah lahir, semua bisa saja menelusup secara tiba-tiba dalam benak Ibu. Boleh saja itu semua dipikirkan, sepertinya sudah sifat seorang Ibu mencemaskan banyak hal tentang buah hatinya. Tetapi yang harus diingat, kecemasan dan ke khawatiran itu jangan sampai membuat Ibu stres.

  1. Olahraga

Melakukan olahraga juga bagus menjaga stamina selama hamil. Hanya saja harus memilih olahraga yang tepat. Lakukan olahraga ringan seperti senam hamil dan berjalan-jalan. Agar otot-otot pada tubuh Ibu lemas.

  1. Minum susu

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat serta vitamin dan suplemen Ibu hamil, minum susu Ibu hamil juga bisa menunjang pemenuhan nutrisi Ibu agar kesehatan tetap terjaga. Susu yang dikonsumsi bukan hanya bagus untuk Ibu, tapi juga bagus untuk perkembangan janin di dalam perut.

  1. Hindari rokok

Rokok memiliki kandungan yang dapat membahayakan janin dan Ibu hamil. Jika Ibu seorang perokok, segera hentikan kebiasaan Ibu tersebut. Selain itu juga, seperti yang kita tahu, perokok pasif lebih berbahaya dari pada perokok aktif. Sebisa mungkin hindari dan menjauhlah dari asap rokok dan orang-orang yang sedang merokok.

Demikian kiat-kiat agar Ibu selalu sehat dan stamina selalu terjaga. Semoga Ibu yang hamil selalu terjaga kondisinya hingga melahirkan bayi yang sehat kelak.