kiat mengajar anak
Source: Casadesiesta

Baruterus.com – Sebagai orang tua sering kali kita merasa cemas, gimana cara kita didalam menerapi pola belajar yang efektif pada anak-anak di era globalisasi seperti saat ini. Tapi pada jaman sekarang ini kita sebagai orang tua tidak perlu merasa khawatir karena kita bisa menerapkan berbagai cara belajar yang efektif dengan metode atau cara yang tidak kuno pada anak-anak, sehingga mereka tertarik. Belajar bagi anak-anak usia sekolah adalah sebuah kewajiban, tugas kitalah sebagai orang tua untuk mengarahkan mereka. Sebagai orang tua kita selalu dituntut untuk memberikan konsep belajar pada anak-anak. Kita akan membahas beberapa kiat belajar efektif pada anak.

Ada beberapa cara belajar yang efisien yang dapat kita terapkan pada anak-anak:

  1. Metode mengunakan media

Anak-anak jaman sekarang sangat cepat memahami materi lewat media,mereka akan sangat cepat belajar sesuatu materi dengan mengunakan media biasanya berupa alat tulis seperti kertas, pencil dan kadang batu. Namun karena sekarang keadaan jaman sudah semakin canggih maka media bisa kita ambil dari majalah dan bahkan media sosial. Mereka bisa mendapat semua jenis informasi melalui media tersebut. Namun karena setiap anak jenisnya berbeda maka tidak semua media dapat menjamin belajar efektif.

  1. Mengunakan games (permainan)

Biasa anak-anak sangat suka bermain, alangkah baiknya apabila mereka diberi kesempatan dalam belajar sambil menggunakan permainan, seperti menebak huruf dan angka. Sehingga rangakain belajar mereka pun tidak ada unsur kebosanan. Kita juga bisa menggunakan flashcard biasanya dengan flashcard mereka lebih cepat menghafal.

  1. Belajar dengan gerakan

Biasanya anak-anak yang seperti ini cara belajarnya lebih senang dengan menggunakan gerakan, seperti menari, melompat dan bermain. Cara belajar seperti ini lebih mudah diserap oleh mereka yang cendrung aktif.

  1. Menggunakan gambar

Anak- anak yang memiliki daya imajinasi tinggi mereka bisa diberikan kegiatan menggambar, melalui menggambar mereka bisa bercerita petualangan mereka, sekaligus mereka belajar kata-kata dan bahkan belajar mengenali warna. Dengan cara seperti ini sangat efektif bagi mereka yang cara belajarnya melalui mendengarkan cerita.

  1. Belajar sambil diskusi

Beberapa anak ada yang senang belajar sambil diskusi, biasanya mereka cendrung banyak bertanya dan mereka rasa ingin tahu nya sangat tinggi. Biasanya kita bisa terapkan ketika anak-anak sudah usia pra-sekolah dan sekolah dasar.

  1. Belajar sambil mengerjakan ( Learning by doing)

Cara belajar seperti ini biasanya sudah sangat umum dilakukan oleh kebanyakan sekolahan. Namun bagimana kita menerapkannya di rumah bersama anak- anak kita, adalah tugas kita sehari- hari dalam melakukannya. Kita bisa mulai melakukannya ketika kita mengajarkan anak memasak, dari situ kita mulai kenalkan nama dari peralatan yang kita gunakan lalu barang- barang yang akan kita olah.Kegiatan hari- hari punbisa kita pakai sebagai bahan mengajar. Biasanya anak-anak senang banget diajak melakukan sesuatu dan mengenal kegiatanya.

  1. Mengunakan musik

Mengunakan musik dalam belajar dapat sangat membantu proses kerja otak, musik yang digunakan juga yang bernuansa lembut atau biasa musik klasik. Biasanya suasana jadi lebih santai sehingga proses belajar mereka pun juga lebih masuk enak.

Jadi kita sebagai orang tua adalah  tugas kita dalam mencari tau, apa yang anak-anak kita suka dan butuhkan. Karena setiap anak kebutuhannya berbeda maka peranan kita sebagai orang tua harus cemerlang, sehingga apabila ada hal- hal baru atau metode-metode lain yang kira-kira cocok bagi anak kita bisa praktekan. Ayo mulai sekarang para orang tua termaksud saya kita gunakan cara efektif dalam belajar bagi anak-anak kita.