kesehatan ibu hamil
Source: Well-being secrets

Baruterus.com – Kesehatan ibu hamil tentu sangat penting untuk di perhatikan. Apabila melihat rujukan berbagai macam buah, semangka merupakan salah satu buah yang sangat baik jika dikonsumsi bagi ibu hamil. Namun di tanah air kita, yang mempunyai kultur budaya warisan nenek moyang. Bagi yang masih mempercayai mitos, kadang ibu hamil dilarang mengkonsumsi sesuatu yang masuk dalam pantangan.

Termasuk pada beberapa jenis buah. Padahal buah yang menjadi pantangan tersebut mempunyai kandungan yang baik dan penting bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Lalu apakah itu termasuk pada buah semangka? Padahal buah semangka mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin, mineral, zat besi dan sebagainya. Semangka merupakan buah yang sehat dan bergizi.

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab selama proses kehamilan, dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bisa didapatkan dari buah semangka. Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan serat yang baik jika dikonsumsi selama hamil. Anda ingin tahu manfaat lainnya dari buah semangka, terutama bagi ibu hamil. Berikut diantaranya;

  • Membantu proses pencernaan pada ibu hamil

Untuk ibu hamil sering mengalami keluhan pada sistem pencernaan dan panas dalam. Kadar cairan yang ada pada buah semangka sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut.

  • Mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki

Sering kita lihat ibu hamil mengalami kaki bengkak. Kadar cairan yang tinggi pada semangka dapat membantu melancarkan pembuluh darah penyebab kaki dan tangan bengkak pada ibu hamil.

  • Pada usia 1 sampai 4 bulan usia kandungan, ibu hamil sering mengalami morning sickness

Hal ini bisa dialami oleh beberapa ibu hamil. Misalnya mual ketika pagi hari, perut merasa melilit dan sebagainya. Cara mengkonsumsi buah ini juga mudah, bisa dimakan segar atau diolah menjadi jus.

Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah hal yang sangat dianjurkan untuk anda yang sedang mengandung. Tidak hanya bagus untuk kesehatan sang Ibu, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan sang janin.

Kesehatan tubuh antara Ibu dan janin yang berkesinambungan selama 9 bulan, tentunya membuat sang Ibu harus menjaga makanan dan minumannya. Berikut ini beberapa sayur yang baik untuk ibu hamil:

  • Wortel

Bagi anda yang gemar mengkonsumsi sayuran berwarna orange ini, anda sangat beruntung. Karena ternyata sayuran tersebut sangat mendukung kesehatan anda dan janin. Unsur-unsur gizi yang terdapat di dalam Wortel antara lain, vitamin A dan C, Kalsium, Betakaroten dan Kalium. Sudah tau belum apa saja manfaat dari gizi-gizi tersebut? Diantaranya adalah melindungi sang Ibu dari berbagai zat radikal bebas, meningkatkan produksi Kolagen, menjaga jaringan syaraf sang Ibu dan janin nya, membantu pembentukan sel darah merah.

  • Terong

Pada umumnya, Terong digunakan sebagai bahan utama dari hidangan ala Nusantara. Kandungan Kalori, Asam Folat, Zat Besi, vitamin B1 dan B2 nya membuat Terong bermanfaat memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi Ibu serta janin, mengurangi resiko keguguran, menurunkan tekanan darah dan meredakan panas dalam.

  • Brokoli

Sayur yang tengah mendunia ini memang patut diacungi jempol. Tekstur nya yang renyah dan rasanya yang lezat membuat sayuran yang satu ini sering digunakan oleh berbagai hidangan mancanegara. Tetapi nyata nya, masih ada juga yang belum umum diketahui dari sayuran Brokoli, yaitu kandungan gizi nya yang senantiasa mendukung kesehatan Ibu dan janin nya.

Asam Lemak Omega 3, Mineral dan Kolin yang terdapat di dalam Brokoli bermanfaat dalam menumbuhkan kecerdasan sang janin, mencegah alergi pada Ibu hamil, mengurangi resiko gangguan fisik pada janin dan mencerahkan kulit sang Ibu.

  • Jagung Manis

Berkat sayuran ini, para Ibu hamil tidak perlu khawatir lagi mengenai memori janin, kesempurnaan organ tubuh janin dan kesehatan jantung janin. Dengan mengkonsumsi Jagung Manis dengan rutin serta teratur, maka kandungan gizi di dalam Jagung Manis yang akan mengurus semua nya. Benar sekali, kandungan Karotenoid, Asam Pantotenat dan Thiamin dapat menenangkan hati para Ibu karena gizi-gizi tersebut dapat mendukung fungsi kognitif pada janin, meningkatkan sistem otak dan kecerdasan.

Mengatur Kesehatan Ibu Hamil Dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi memang sangat penting untuk ibu hamil, karena akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin. Makanan ibu hamil tersebut harus mengandung gizi yang seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan baik dari segi jenis, kualitas dan kuantitasnya. Oleh karena itu, walaupun makannya banyak namun jenis makanannya tak bergizi maka tidak akan membantu kesehatan yang optimal.

Untuk jumlah kebutuhan kalori ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yaitu: Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan ( trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan ( trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi 10% kalori  dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Disamping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium yang dibutuhkan untuk kelenjar tiroid dan seng. Semua nutrisi ini bisa ditemukan dalam produk segar dan protein.