Nestle Cerelac
Source: Awal Sehat Nestle

Baruterus.com – Kalau bunda suka hunting alias berburu bubur bayi, tentu paling tidak pernah mendapat penawaran bubur nestle. Ya, perusahaan asal swiss ini kerap merancang banyak barang dagangan yang memang dibuat khusus untuk si kecil, termasuk produk nestle cerelac. Mengingat begitu banyaknya produk di pasaran yang mengincar bayi, otomatis nestle cerelac harus punya kelebihan tersendiri untuk mampu bersaing.

“Konsumen tidak membeli produk melainkan membeli keuntungan sebuah produk”

Kutipan dari David Ogilvy diatas jelas menunjukkan pentingnya kelebihan suatu produk. Sudah pasti perusahaan sebesar Nestle pasti sudah mempertimbangkan aspek benefit atau kelebihan dari produk – produk yang sudah diliris. Rasa penasaran konsumen pada faktor ‘kelebihan’ tersebut wajar saja muncul, dan beruntungnya akan dijawab pada artikel ini. Apa sajakah fungsi utama tersebut ?

1. Zat besi
Senyawa yang cukup beken akibat beredarnya obat penambah darah tentu saja zat besi. Mulai dari merk S sampai merek R semua ada. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah zat besi. ‘Sebetulnya fungsi zat besi itu apa’ setidaknya pernah terbesit di kepala beberapa orang.

Pertama, mari kenalan sama hemogoblin terlebih dahulu. Senyawa satu ini dibutuhkan manusia guna mendapat asupan oksigen. Kok bisa ?

Tubuh dipenuhi darah, tentu semua orang yang tergores tahu mengenai fakta satu ini. Sebetulnya, darah bukan hanya cairan kental melainkan kumpulan sel – sel darah yang di dalamnya terdapat hemogoblin. Ibarat kereta bawah tanah, hemogoblin membawa ‘penumpang’ berupa oksigen untuk dibawa ke seluruh area tubuh.

Orang yang kekurangan oksigen otomatis menjadi lemas dan organ tubuh malas bekerja. Dampakya bisa beragam, mulai dari lunglai, pingsan, hingga yang terburuk dipanggil tuhan. Mempertimbangan fakta yang telah dijabarkan, tak perlu dibantah lagi, hemogoblin sudah pasti sangat penting dalam tubuh manusia.

Hubungan antara zat besi dengan hemogoblin bagaikan hubungan ibu dengan anak. Satu – satunya senyawa yang terbukti menjadi sumber produksi hemogoblin adalah zat besi. Kekurangan zat besi berarti hemogoblin tidak bisa diproduksi. Absennya hemogoblin tentu tidak perlu dijelaskan lebih lanjut.

2. Vitamin A
Semenjak perang dunia vitamin A menanjaki tangga kepopuleran. Pada masa itu bangsa barat memiliki senjata dengan teknologi yang mampu membidik target dalam gelap. Mengingat informasi sangat sensitif terlebih antar negara, pertanyaan seputar bagaimana bangsa barat mampu menyerang markas musuh dalam gelap terpaksa dijawab dengan kebohongan.

Lucunya, kebohongan ini terdengar logis walaupun sebetulnya sangat konyol. Petinggi perang mengatakan seluruh prajurit diperintahkan makan wortel yang banyak mengandung vitamin A. mendadak efek wortel membuat mata lebih tajam sehingga mampu menembakkan peluru dengan lancar tanpa halangan.

Kebohongan kadang tidak jauh berbeda dengan kenyataan. Ya, memang wortel bisa membantu tingkatkan pengelihatan, namun tidak sepenuhnya. Wortel bukanlah sayuran dengan kandungan vitamin A tertinggi tapi kandungan satu ini cukup membantu pengelihatan. Apa sih vitamin A ?

Definisi vitamin A secara gamblang adalah lemak mudah cerna yang banyak terdapat dalam bahan makanan. Fungsi vitamin A paling terkenal adalah membantu pengelihatan mata. Kendati demikian, vitamin A punya kemampuan lebih besar dibanding apa yang diketahui orang secara awam.

Organ dalam penting seperti ginjal, paru – paru, hati, sampai organ biasa dibantu oleh vitamin A sehingga mampu bekerja dengan normal. Bahkan gigi yang sehat juga hasil kerja vitamin A, jadi, bagi bunda yang ingin anaknya punya senyum cerah dengan gigi indah bersinar tentu makanan dengan kandungan vitamin A salah satu kunci mewujudkan impian.

3. Vitamin C

Siapa sih yang tidak kenal vitamin C ?

Mulai dari obat hisap, suplemen, sampai dengan minuman semua promo vitamin C. Bahkan, kalau masuk ke toko dan meneliti kandungan produk, tak pernah vitamin C berhenti terpampang.

Dalam dunia kecantikan, vitamin C tidak berhenti dikenal karena fungsinya yang mampu memutihkan kulit. Sebagai warga Indonesia, tentu sadar bahwa standar kecantikan orang awam adalah kulit putih dengan rambut panjang sehingga vitamin C jawabannya. Belum lagi, vitamin C mampu menyamarkan bekas luka dan mempercepat proses penutupan luka ekstrenal.

Secara garis besar, anak di bawah umur 4 tahun hanya membutuhkan empat ratus mili gram vitamin C setiap harinya. Namun, vitamin C termasuk senyawa yang gampang larut dalam air, kelebihan atau bahkan asupan vitamin C yang masuk bisa dikeluarkan melalui air seni. Karenanya, bunda tidak perlu khawatir bila bayi gemar memberi vitamin C, selama bukan dalam bentuk suplemen.

Tubuh akan selalu memberi tanda ketika ada bahaya. Setiap kali ayah dan bunda melihat bayi mual muntah sampai diare, barulah berhenti memberi vitamin C.

4. Zinc
Ngomongin senyawa penting namun juga tidak penting, galau abis, sebetulnya ada pada kasus zinc. Senyawa satu ini terbilang dibutuhkan, mengingat seseorang yang kekurangan zink dapat mengalami perlambatan kesembuhan luka, serta diare akut. Pada anak – anak, tidak adanya asupan zinc yang cukup bisa menghambat pertumbuhan sehingga patut menjadi pertimbangan pula.

Unik tapi nyata meski zinc punya pengaruh terhadap tubuh, tapi terlalu banyak zink juga tidak bagus. Diare, muntah, pusing dan mencret sangat besar kemungkinan dialami oleh anak – anak yang kelebihan zink. Karena cukup sulit dicari, dibanding memberi suplemen zink (karena dosis cukup besar) untuk si kecil, lebih baik bubur Nestle Cerelac saja.