perkembangan bayi 5 bulan

Apa yang ibu ketahui mengenai perkembangan bayi 5 bulan? Atau setidaknya bisakah ibu berikan satu contoh tanda perkembangan bayi yang usianya mencapai 5 bulan dikatakan normal dan baik?

Banyak orang tua akan mengatakan duduk. Betul sekali. Bayi usia 5 bulan biasanya sudah bisa duduk sendiri. Ia sudah mampu menyeimbangkan badannya agar bisa duduk tegap. Lalu, bagaimana dengan perkembangan sang buah hati ibu? Apakah dia sudah bisa duduk sendiri?

Tidak Semua Bayi Usia 5 Bulan Bisa Duduk

Pada kenyataannya, tidak semua bayi yang usianya 5 bulan sudah bisa duduk sendiri. Secara umum, perkembangan bayi usia 5 bulan berbeda-beda. Ada yang sudah bisa duduk dan ada juga yang baru bisa berbaring dan berguling-guling. Apakah itu artinya ada masalah dalam hal perkembangannya?

Kemungkinan itu pasti ada. Apalagi jika pada umumnya bayi 5 bulan sudah bisa duduk sendiri. Ada baiknya ibu bawa si kecil untuk konsultasi dengan dokter anak segera. Dokter akan melakukan observasi agar ditumukan penyebabnya jika memang ada masalah dengan perkembangan si kecil.

Meskipun demikian, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Yang harus ibu lakukan hanyalah membantu si kecil untuk berkembang. Ini peran utama ibu sebagai orang tua. Selain memberikan ASI eksklusif lantaran usianya masih di bawah 6 bulan, ibu harus memberikan stimulus yang tepat untuk tumbuh kembang bayi 5 bulan. Stimulus tersebut digunakan sebagai cara membantu perkembangan sang buah hati.

Membantu Bayi Usia 5 Bulan Belajar Duduk

Sebenarnya, ibu tidak boleh terlalu terburu-buru mengajarkan si kecil duduk. Jika fisiknya belum siap, bisa saja si kecil keseleo. Bukannya berkembang, ia justru mengalami masalah pada persendian. Oleh sebab itu, ada baiknya ibu perhatikan dulu apakah bayi ibu sudah siap secara fisik untuk belajar duduk atau belum.

Ibu bisa perhatikan bagaimana posisi kepalanya. Apakah lehernya sudah mampu mengangkat kepalanya atau tidak. Ibu bisa coba tengkurapkan dan beri mainan di depannya. Jika ia merespon dengan mengangkat kepalanya, maka secara fisik sebenarnya ia sudah siap untuk belajar duduk.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

  • Stimulus Yang Tepat

Sebenarnya kurang tepat jika ibu harus membantu si kecil belajar duduk. Tidak benar juga jika ibu harus mendudukkan si kecil secara langsung. Ini bukan cara yang mendidik. Seharusnya ibu mengajarkan bagaimana ia bisa duduk sendiri.

Caranya dengan memberikan stimulus yang tepat. Pertama-tama, taruh si kecil di posisi tengkurap. Setelah itu, ambil mainan yang paling ia suka. Jika ia suka bola berwarna-warni, ambil satu atau dua bola. Letakkan di tangan ibu dan biarkan si kecil melihat bola tersebut. Angka bola berlahan-lahan dan biarkan si kecil mengangkat kepalanya sedikit demi sedikit. Ini adalah cara untuk membuat otot leher dan otot punggungnya semakin kuat. Semakin bola ibu angkat ke atas, maka posisi si kecil akan ke atas juga. Dan apa yang terjadi? Bayi ibu akan duduk.

  • Belajar Keseimbangan

Ada baiknya jika ibu siapkan tikar yang empuk. Dengan demikian, bayi ibu tidak sakit jika terjatuh. Bayi usia 5 bulan sudah bisa duduk. Akan tetapi, tidak jarang ia terjatuh dan terjatuh lagi. Untuk menghindari cidera, maka gunakan tikar yang empuk.

Langkah selanjutnya yang seharusnya ibu lakukan adalah mengajarkan keseimbangan. Ini merupakan level berikutnya dari perkembangan anak usia 5 bulan. Setelah sang buah hati sudah duduk, ibu bisa taruh mainan kesayangannya di depan agak jauh dari tempat di mana ia duduk. Biarkan ia fokus melihat mainan tersebut. Dengan demikian, ia akan secara otomatis menyeimbangkan badannya agar tetap duduk tegap.

Dua hal tersebut bisa ibu lakukan ketika bayi ibu sudah berusia 5 bulan. Buat sang buah hati berkembang lebih cepat dengan memberikan stimulus yang tepat.

Mungkin Si Kecil Butuh Terapi

Sebenarnya, sangat dianjurkan bayi mendapatkan terapi. Sekarang ini masyarakat secara luas sudah familiar dengan istilah baby spa. Perawatan untuk bayi ini sekarang tidak hanya ada di daerah perkotaan besar tapi juga kota-kota kecil.

Apa manfaat dari baby spa? Secara keseluruhan, ini merupakan perawatan yang akan memaksimalkan perkembangan bayi. Ada banyak tahapan yang dilakukan oleh seorang therapist, mulai dari pemijatan saraf tertentu, deteksi masalah yang terjadi pada si kecil, hingga perawatan atau pengobatan yang perlu dilakukan.

Oleh sebab itu, baby spa menjadi langkah yang tepat sekali untuk dilakukan jika ibu ingin melihat tumbuh kembang bayi usia 5 bulan baik. Selain itu, jika bayi ibu mengalami masalah kesehatan, tentu ibu tahu obat kimia tidak begitu disarankan untuk diberikan kepada di kecil, bukan? Alternatifnya adalah membawa si kecil ke tempat baby spa agar mendapatkan treatment yang tepat tanpa obat-obatan.

Terapi juga sangat dibutuhkan bayi yang kelihatannya perkembangannya mengalami keterlambatan. Seperti contoh, ada bayi yang usianya sudah mencapai 9 atau bahkan 10 bulan namun belum bisa duduk sendiri. Terapi sangat disarankan untuk dilakukan agar otot dan sarafnya diperbaiki sehingga bayi bisa berkembang sebagaimana mestinya.

Sekarang, ibu sudah tahu menganai tumbuh kembang bayi 5 bulan, bukan? Ibu tinggal melakukan tindakan apa yang tepat untuk memaksimalkan perkembangan sang buah hati. Perhatikan dulu bagaimana perkembangan si kecil lalu tentukan apa yang harus ibu lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan bayi 5 bulan.