Nyeri Payudara Saat Hamil
Source: Waggerit

Baruterus.com – Masa kehamilan adalah masa perubahan disetiap sisi kehidupan Anda dan jangan lupakan juga beberapa rasa sakit yang harus Anda rasakan. Baik dari segi asupan nutrisi yang harus dikonsumsi, perubahan bentuk tubuh, perubahan hormonal yang menimbulkan keluhan kehamilan, perubahan emosi yang naik turun, kesulitan posisi tidur, serta nyeri payudara saat hamil dan sebagainya.

Payudara yang nyeri atau tidak terasa kencang lagi (lembut) bisa terjadi sepanjang kehamilan. Nyeri payudara saat hamil bisa terjadi tidak pandang waktu, nyeri itu bisa datang dan pergi begitu saja. Nyeri payudara saat hamil ini terjadi akibat dari persiapan payudara untuk menyusui, saat bayi yang Anda kandung sudah dapat melihat dunia.

Selanjutnya, apakah penyebab dari nyeri payudara saat hamil ini?

Banyak wanita yang merasakan nyeri pada payudara sebagai salah satu tanda awal kehamilan atau juga merupakan tanda haid akan datang. Keluhan pada payudara  ini dapat berupa nyeri dan lembutnya payudara di seluruh bagian atau juga bisa merasakan nyeri pada daerah di sekitar puting susu saja. Nyeri ini disebabkan oleh kenaikan hormon progesteron dan estrogen. Kelembutan payudara juga bisa terjadi dan berlanjut sepanjang kehamilan karena payudara Anda mempersiapkan untuk menghasilkan ASI atau air susu ibu untuk bayi Anda.

Lalu, bagaimanakah cara yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri payudara saat hamil?

Anda bisa mengurangi rasa nyeri pada payudara Anda dengan cara memilih bra yang berukuran lebih besar. Bra untuk berolahraga juga bisa memberikan ruang untuk payudara Anda. Jika dimalam hari Anda merasakan nyeri pada payudara maka sebaiknya tidak menggunakan bra saat tidur. Tidak menggunakan bra juga salah satu cara untuk membebaskan payudara Anda dan membuatnya lebih nyaman.

Kehamilan dan nyeri payudara memang saling terkait. Payudara Anda akan mengakomodasi susu yang dibutuhkan untuk bayi Anda itulah sebabnya nyeri sepanjang kehamilan terjadi. Kelembutan payudara juga menjadi salah satu tanda awal kehamilan.

Terakhir, apasajakah keluhan nyeri payudara yang paling umum terjadi pada kehamilan? Berikut 3 keluhan nyeri payudara yang paling umum terjadi pada wanita hamil.

  1. Nyeri payudara yang sangat tajam

Rasa sakit yang tajam di payudara saat hamil sering terjadi, tapi masih belum jelas penyebab pastinya selain lonjakan hormon dan persiapan untuk menyusui. Rasa sakit ini biasanya terjadi karena payudara berkembang untuk persiapan menyusui, nyeri tajam begitu terjadi. Keluhan ini pada sebagian wanita akan hilang bila menghentikan konsumsi kafein dan minuman lebih banyak susu.

Jika Anda memiliki benjolan di bawah payudara atau memar, saatnya untuk berkonsultasi pada dokter. Ini adalah saat Anda harus khawatir dengan nyeri payudara, bahwa ada sesuatu yang salah dan perlu segera diperiksa.

  1. Nyeri di bawah payudara kiri atau kanan

Nyeri di bawah payudara kiri atau kanan selama kehamilan sudah biasa terjadi. Mungkin hal ini menakutkan bagi ibu hamil yang baru pertama kali merasakan. Kebanyakan dokter tidak akan menganggap nyeri ini serius, tapi jika tetap bertahan. Anda bisa meminta tes untuk memastikan semuanya sehat.

  1. Kelembutan payudara

Estrogen dan progesteron akan diproduksi dalam jumlah tinggi saat Anda hamil. Kedua hormon ini akan menyebabkan kelembutan dan perubahan payudara yang Anda alami, terutama saat awal kehamilan. Kebanyakan wanita akan merasakan bahwa payudaranya lebih lembut. Lemak sedang berkembang di payudara dan ada peningkatan aliran darah ke seluruh payudara Anda. Payudara Anda berubah untuk memungkinkan memproduksi susu untuk memberi makanan bagi anak Anda. Bentuk nyeri payudara saat hamil itu alami, dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit.