Baruterus.com – Faktanya kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa dipenuhi oleh buah durian. Meskipun begitu, ibu perlu berhati-hati ketika mengkonsumsinya. Karena, buah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pemenuhan gizi ibu hamil.

Bukan rahasia kalau banyak ibu hamil takut bila mengkonsumsi buah durian ini. Buah tersebut dipandang sebagai buah yang buruk untuk perkembangan janin. Padahal, jika dilihat dari kandungannya, buah ini tidak seperti yang dibayangkan ibu.

Perlu pemahaman bagus mengenai buah yang satu ini. Setidaknya, pemahaman ini bisa memberikan kemudahan bagi ibu manapun yang suka menikmati durian tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya ibu melihat kandungan buah durian di bawah ini!

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Durian

Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil wajib untuk dipenuhi. Diantaranya berasal dari makanan sehat. Entah itu dalam bentuk sayuran maupun buah. Mengenai buah, ada satu jenis buah yang dianggap sebagai pantangan utama. Padahal, kandungan buah ini cukup mumpuni dalam memenuhi kebutuhan ibu. Buah tersebut adalah durian. Lalu, apa saja kandungan yang ada di dalamnya?

  • Serat tinggi

Serat sangat erat kaitannya dengan sistem pencernaan. Tercukupinya kebutuhan serat membuat sistem pencernaan lebih lancar. Misalnya menangani masalah sambelit. Biasanya, permasalahan pada sistem pencernaan seperti sambelit dialami oleh ibu hamil. Ibu mengalami kesulitan untuk BAB. Kondisi ini membuat ketidaknyamanan, bahkan membahayakan janin bila tidak segera ditangani.

  • Asam folat

Kandungan satu ini punya peran penting dalam mendukung pertumbuhan sel. Semakin normalnya sel, maka semakin baik pertumbuhan janin. Dan asam folat ini dimanfaatkan penuh oleh janin selama berada di kandungan.

Sementara bagi ibu hamil, kandungan nutrisi dalam buah durian tersebut bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Terbentuknya sel darah merah yang cukup memberikan keuntungan. Yaitu, ibu hamil tidak mengalami anemia.

  • Kalsium

Tulang kuat ibu akan menjaga kesehatannya. Khususnya ketika menopang berat janin yang semakin besar di tiap minggunya. Kalsium adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium sendiri juga dimanfaatkan janin untuk mendukung pembentukan tulangnya. Begitu pula untuk menunjang terbentuknya gigi. Jadi, janin bisa tumbuh lebih normal.

Kelemahan Buah Durian Bagi Ibu Hamil

Meskipun buah durian memiliki nutrisi yang diperlukan ibu hamil, namun nyatanya ada kandungan buruk di dalamnya. Kandungannya adalah alkohol yang cukup besar. Ini menciptakan masalah jika dikonsumsi berlebihan.

Salah satu masalah yang bisa dihadapi oleh ibu hamil adalah keguguran. Efek panas dari alkohol dalam buah ini bisa membuat rahim tidak teratur. Akhirnya, bayi yang sudah ada dalam kandungan bisa gagal berkembang dan ibu mengalami keguguran.

Selain itu, kemungkinan lainnya adalah melahirkan bayi secara premature. Lagi-lagi, masalahnya ada pada kandungan alkohol tersebut. Inilah yang membuat ibu hamil menghindari untuk mengkonsumsi buah durian.

Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Untuk Mengkonsumsi Buah Durian?

Dilihat dari nutrisi untuk ibu hamil begitu lengkap dalam buah durian, tentu ini menjadi dilemma besar buat ibu. Apalagi jika ibu sangat gemar dengan buah tersebut. Bahkan bisa saja ibu ngidam untuk makan durian. Yang perlu ibu hamil pahami adalah buah durian masih boleh dikonsumsi. Dengan catatan, ibu hamil mengkonsumsinya secara wajar. Misalnya mengkonsumsi tidak lebih dari 3 biji di dalamnya.

Sementara bila ibu sangat khawatir akan efek negatifnya, akan lebih baik jika ibu menghindarinya saja. Ibu bisa mencari alternative buah lain untuk dikonsumsi. Misalnya adalah buah pisang ataupun apel.

Kesimpulannya, buah durian boleh dikonsumsi ibu hamil asalkan tidak berlebihan. Namun yang terbaik adalah ibu memilih buah lain sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.