gizi ibu hamil

Baruterus.com – Menanti kehamilan satu buah hati saja sudah membuat jantung berdebar – debar dan hati gembira. Bagaimana jika anda melakukan Ultra sound pertama kali, kemudian dokter memberi berita gembira bahwa ada 2 janin di dalam rahim anda? Kemungkinan besar perasaan anda menjadi campur aduk. Bahagia karena bonus anugrah tuhan namun juga cemas karena mengandung 1 bayi berbeda dengan 2 bayi terlebih bila ini kehamilan pertama. Ya, memang kandungan bayi kembar memang butuh usaha ekstra termasuk membahas gizi ibu hamil.  Anda yang belum pernah menanggung dua beban dalam satu waktu mungkin masih bingung bagaimana mengatasi pemenuhan gizi ibu hamil anak kembar, untung saja disini akan dibahas mengenai apa saja yang dibutuhkan bunda termasuk tips gizi ibu hamil.

Ketika anak kembar anda lahir, otomatis anda harus mempersiapkan segalanya dua kali. Beli 2 troli bayi, mangkuk 2, pakaian 2, anggaran rumah menjadi dua kali lipat demi buah hati anda. Belum lahir saja bayi sudah membutuhkan gizi dobel. Menurut medis, rata – rata ibu hamil biasa (janin 1) membutuhkan setidaknya 300 kalori sendiri hanya untuk janin, bisa anda kira – kira untuk bayi kembar butuh kalori berapa. Jika anda otomatis menjawab 300 x 2 maka selamat anda benar. 600 kalori adalah total yang harus anda sediakan untuk janin dan bukan untuk anda sendiri. Meskipun, anda tidak bisa secara gamblang merasa bahwa 600 kalori adalah takaran paling pas untuk calon bayi kembar. Pasalnya kondisi anda sebelum hamil juga menentukan.

Perempuan yang memang terlahir dengan tubuh kurus, kemungkinan besar membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan. Berbeda dengan perempuan kelebihan berat badan yang justru diminta menjaga batas kalori dalam sehari. Era viktoria dulu memang menganggap perempuan gemuk berarti janin juga ikut gemuk, padahal hal ini salah besar. Obesitas saat kehamilan bisa mengarahkan tumpukan lemak pada janin, sehingga ketika lahir, bayi sudah kegemukan atau pada beberapa kasus tidak menyenangkan, bayi sudah mengidap penyakit seperti diabetes. Berbicalah pada ahli gizi kepercayaan anda mengenai kondisi berat badan anda, dengan demikian anda tahu batas kalori anda per hari. Dengan catatan pilihan bahan makanan yang anda konsumsi tentu tidak sembarangan.

Kalori sering dikaitkan dengan makanan berlemak. Padahal, tahukah anda bahwa ada 2 jenis lemak? Lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh di dunia medis dikenal dengan lemak yang tidak bisa mencair meski sudah dipanaskan, bisa anda bayangkan pembakaran lemak seperti apapun tidak akan menghancurkan lemak jenuh. Tipe lemak jenuh sangat banyak ditemukan dan rasanya memang enak bukan main, seperti kue, kudapan coklat penuh gula, junk food, dan banyak lagi. Sedangkan lemak tidak jenuh gampangnya kebalikan dari lemak jenuh. Lemak tidak jenuh akan mencair dengan mudah saat dipanaskan sehingga lemak tidak jenuh bisa menjadi bahan bakar tubuh serta tidak akan memendam di tubuh selamanya. Sumber lemak tidak jenuh bisa ditemukan di produk keju, kacang almond, telur, dan berbagai makanan lain yang banyak muncul di produk kesehatan. Karena lemak masih diperlukan oleh tubuh, berusahalah mencari makanan yang tepat, enak, namun tetap membuat anda sehat bugar. Ingat, kehamilan kembar akan menyita tenaga anda dua kali, menu konsumsi sehat akan sangat membantu kelancaran kehamilan anda. Selain itu, pastikan makanan yang anda konsumsi bersih.

Manusia bisa hidup tanpa makanan selama ada air yang menemani adalah suatu studi yang kuat untuk membuktikan bahwa langkah penting anda merupakan air. Ya, gizi memang ditemukan pada makanan tapi layaknya mobil, tanpa ada air maka mesin tidak bekerja. Dehidrasi tubuh akan merusak kinerja organ dalam sehingga tidak mampu menyerap gizi yang anda masukkan, sebanyak apapun itu. Bila anda tergolong orang malas minum, dan paling jauh maunya minum kemasan, mungkin anda harus berpikir ulang. Membawa bayi kembar seperti yang telah dikatakan di awal akan membutuhkan energi dobel, berarti kinerja tubuh akan lebih berat, anda harus minum banyak. Umumnya, perempuan hamil disarankan untuk minum paling tidak 8 sampai 10 gelas dalam sehari guna memenuhi kebutuhan ‘mesin’ tubuh. Sama hal dengan makanan, minuman akan sangat beragam bagi setiap perempuan. Ada yang butuh lebih banyak minum ada yang butuh lebih sedikit. Daripada mengambil resiko, tenggak saja air yang anda temukan selama anda selalu ada di atas normal, bahkan lebih bagus lagi jika anda menaikkan standart mengingat janin anda ada 2. Kekurangan banyak minum adalah sering ke toilet untuk buang air kecil. Manfaatkan selalu kesempatan ini guna melihat warna air seni. Bila berwarna keruh anda kurang minum, segera perbaiki pola minum anda.

Terkadang mempertahankan asupan hanya dengan makanan dan minuman memang tidak terasa cukup. Berbagai ilmu kedokteran mulai dimanfaatkan komersil dengan beredarnya vitamin untuk kehamilan. Zat besi, kalsium, dan asam adalah tiga vitamin yang sepertinya tidak pernah terlewat dalam daftar rekomendasi dan memang penting. Kesalahan perempuan pada saat mengambil vitamin adalah mencoba menaikkan dosis tanpa pengawasan dokter, dengan harapan kedua janin dalam rahim sama – sama mendapat asupan, padahal salah besar. Hanya karena anda hamil anak kembar bukan berarti anda lantas minum vitamin dengan dosis seenaknya. Karena vitamin berfokus pada pemberian gizi ibu hamil, dosis normal saja sejatinya lebih dari cukup.