pantangan makanan ibu hamil
Source: China Daily

Baruterus.com – Tradisi Cina tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk bidang kesehatan. Ya, metode pengobatan Cina terbilang unik dan jauh berbeda dengan ilmu medis biasa. Penduduk dunia telah membuktikkan keampuhan obat Cina, menjadikan metode satu ini tergolong valid. Unik tapi nyata, bahkan dari segi gaya hidup selama masa kehamilan, Cina juga punya kepercayaan kuno terutama seputar pantangan makanan ibu hamil.

Nutrisi, mineral dan vitamin adalah tiga kunci kehamilan sukses. Sebagai bangsa tertua, Cina sadar betul pola makan bunda akan sangat menentukan kualitas bayi nantinya. Tak tanggung-tanggung, ilmu kesehatan Cina secara spesifik menetapkan mana makanan baik untuk masa kandungan dan mana pantangan ibu hamil. Bahkan, beberapa pantangan yang nanti akan dijelaskan juga beredar di luar keturunan Cina dan dipercaya akurat.

Tidak ada yang salah dengan praduga. Bukankah ka’bah bisa dibuat tanpa teknologi masa kini dan pyramid berhasil dibangun manual? Bukti-bukti pra sejarah menunjukkan kualitas leluhur jaman dahulu yang mampu hidup berdasakan firasat dan naluri manusia. Hanya saja, namanya punya akal tentu dipakai, ini yang membuat penelitian dengan tujuan eksplorisasi atau penguji keabsahan teori, merupakan salah satu kegiatan ilmiah yang cukup populer.

Judul artikel mengatakan ‘kebenaran’, kendati demikian belum tentu semua pantangan Cina yang akan disebutkan salah total. Penelitian ilmiah memang bisa mendekatkan pada fakta, tapi terkadang hal ini bersifat relatif, dan memerlukan penelitian terus menerus. Karenanya, penjelasan di bawah ini masih berdasarkan penelitian sejauh ini. Langsung saja, ini dia beberapa pantangan ibu hamil menurut tradisi Cina:

1. Nanas
Penduduk Cina telah turun temurun percaya bahwa nanas sangat berbahaya bagi kehamilan. Buah kuning berduri ini dianggap penyebab utama keguguran pada bunda. Bahkan, di luar keturunan Cina sekalipun, buah nanas tidak disarankan untuk perempuan perawan sekalipun karena khawatir menganggu rahim di kemudian hari.

Penelitian sejauh ini belum mampu menemukan hubungan antara keguguran dengan nanas. Walau demikian, larangan makan nanas waktu hamil tidak salah pula, toh buah nanas bukan sesuatu yang direkomendasikan. Masalah nanas terletak pada tingkat keasaman, dimana asam ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan terbakar di dada.

Alergi buah bukan sesuatu yang aneh. Biasanya, orang yang alergi latex cenderung membenci buah pula. Kalau bunda sering bersin-bersin, gatal, asma, sampai dengan bibir membengkak tiap bersentuhan dengan nanas, malah lebih bagus kalau pantangan satu ini dipatuhi saja, ya.

2. Ginjal sapi
Indonesia memang super kreatif, tidak satupun badan hewan buruannya terbuang sia-sia. Sapi, sebagai hewan ternak paling populer di tanah air sudah menjadi bukti nyata betapa ‘ogah rugi’-nya warga Indonesia. Daging, tulang sampai organ dalam sapi dibuat hidangan gulai sate, kepalanya dijadikan hiasan, dan kulitnya dijadikan kerajinan tangan seperti bedug.

Salah satu bagian tubuh sapi yang terus naik daun adalah ginjal. Rasa organ dalam memang beda, jauh lebih gurih, dan dengan modal keahlian masak tak seberapa, seseorang harusnya mampu menghidangkan ginjal sapi tanpa bau. Bahkan, bunda hamil bisa saja tergoda di suatu hari hawanya ingin menyantap ginjal sapi.

Tahan nafsu bunda, kepercayaan Cina bahwa perempuan mengandung harus banyak makan ginjal sapi patut dikoreksi. Memang ginjal sapi kaya akan vitamin A, suatu vitamin yang tidak hanya baik untuk pengelihatan namun juga kesehatan bunda hamil dan janin. Penelitian terbaru berkata lain.

Berbeda dengan buah dan sayur, vitamin A dalam ginjal termasuk golongan preformed dan bukan caretonoids. Rekomendasi vitamin A jenis preformed tidak lebih dari seribu international unit. Dalam satu ginjal saja, sudah terkandung vitamin A preformed yang sangat jauh melebihi standard. Kalau dikonsumsi anak remaja malah membantu, sayangnya untuk ibu hamil, vitamin A preformed yang berlebih bisa berujung bayi terlahir cacat.

3. Sarang burung
Kalau penggemar obat alami, pasti pernah yang mendengar sarang burung. Ya, sarang burung yang berasal dari air liur burung wallet ini dipercaya karena khasiatnya. Melihat sudut pandang budaya Cina, pantangan yang sering ditunjukkan adalah jangan lupa konsumsi sarang burung. Tidak ada spesifikasi sarang burung rumahan, kemasan, atau mungkin botolan, pokoknya sarang burung saja.

Sarang burung memang punya kandungan baik seperti protein dan karbohidrat. Kedua gizi itu saja sudah menaikkan pamor sarang burung untuk kehamilan. Kendati demikian, belum ada penelitian pasti yang berhasil menunjukkan apakah sarang burung memang berpengaruh signifikan terhadap kehamilan atau tidak. Kalau bunda memang ingin santap, silahkan saja, toh tidak berbahaya.

4. Semangka
Buah berkulit hijau dengan daging merah merona ini sungguh nikmat kalau dimakan di siang hari. Melimpahnya kadar air dalam semangka memang pantas membuat buah satu ini menyandang predikat buah tropis terbaik. Namun, karena dinginnya semangka itulah yang membuat budaya Cina melarang penyajian semangka kala mengandung.

Penelitian terbitan International Journal of Gynecology and Obstetrics menunjukkan bahwa semangka justru memberi manfaat bagi bunda mengandung. Adanya likopin dalam semangka mengurangi kemungkinan kaki bunda bengkak pada trimester selanjutnya. Tidak sampai disitu saja, vitamin A, C, dan B6 terbukti membantu perkembangan bayi.

Namanya kepercayaan itu hak asasi manusia. Meskipun sudah ada penelitian yang entah mendukung atau tidak suatu warisan leluhur, pelaksaan akan bergantung pada masing-masing individu. Yang jelas, pantangan makanan ibu hamil pasti dibuat dengan alasan yang jelas. Selain itu jangan lupa menjaga kebersihan makanan adalah bagian terpenting dalam konsumsi.