kapan bayi bisa melihat
Source: Great Midwife

Baruterus.com – Bulan Ramadan menjadi momen indah bersama sang buah hati. Mengagumi kebesaran Allah sang pencipta yang memberikan indera untuk bisa merasakan kenikmatan di dunia. Mensyukuri pemberianNya berupa penglihatan yang tentu saja menjadi karunia sejak lahir. Tapi pernahkah terbersit pertanyaan bagaimanakah indera bayi berfungsi dengan baik? Kapan bayi bisa melihat dengan jelas? Proses ini tidak serta merta instan terjadi dalam satu waktu. Namun mengalami perkembangan seiring bertambahnya usia si kecil.

 

Kapan bayi mulai melihat?

Bayi tidak dilahirkan dengan kemampuan melihat. Mereka mendapatkan kemampuan itu melalui proses. Bagian visual otak harus ‘belajar’ cara melihat dengan baik. Pada bayi yang baru lahir akan melihat dunia secara buram. Plus, bayi yang baru lahir bisa menahan tatapannya selama beberapa detik saja. Jadi untuk menjawab pertanyaan kapan bayi bisa melihat dimulai sejak lahir dengan pandangan kabur.

Apabila penglihatan bayi tidak berfungsi dengan baik, penting baginya untuk terus berlatih. Setiap hambatan untuk mendapatkan gambar yang jelas dan terfokus ke otak, akan menyebabkan hilangnya penglihatan pada seorang anak. Kondisi ini disebut amblyopia. Untuk memastikan mata bayi dalam keadaan baik dan memastikan refleksnya berfungsi, bisa dilakukan pemeriksaan mata pertamanya pada ruang bersalin. Dokter anak akan terus memeriksa dan memantau penglihatan bayi pada setiap kunjungan.

Tahap Pengembangan Penglihatan pada Bayi

Setiap bayi unik dan berkembang sesuai dengan kecepatannya sendiri. Tetapi ada beberapa rentang usia ketika sebagian besar penglihatan berkembang pesat.

  1. PENGLIHATAN BAYI USIA 0-3 BULAN

Pada minggu pertama setelah kelahiran hingga 3 bulan, bayi hanya dapat fokus pada objek dan orang yang dekat, sekitar 10 hingga 12 inci dari wajahnya. Jika bayi tidak memperhatikan wajah orang tua atau tidak mulai mengikuti objek bergerak selama waktu ini, Anda perlu memeriksakan ke dokter mata anak.

Sekitar usia 3 minggu, bayi dapat mulai menahan pandangannya sedikit lebih lama, rata-rata sekitar 10 hingga 12 detik. Ada kalanyamata bayi Anda tampak menyilang atau tidak terkoordinasi sempurna, namun tidak perlu khawatir. Hal ini akan menghilang setelah delapan minggu pertama hingga usia 4 bulan.

Saat penglihatan bayi semakin kuat, dia akan mulai lebih fokus. Juga memiliki jarak pandang yang sedikit lebih jauh.  Ini berarti dia tidak hanya memusatkan perhatian pada Ibu, tapi juga dapat melihat orang lain yang berada di dekatnya juga. Bersiaplah untuk momen-momen yang mencairkan hati saat bayi mulai tersenyum dan menanggapi Anda dan pasangan Anda!

Pada tahap ini bayi mulai menggerakkan mata tanpa harus memutar kepalanya. Dalam 3 bulan, dia akan mulai menggeser kepala dan tubuhnya untuk meraih benda-benda yang bergerak itu. inilah waktu yang tepat untuk menarik perhatian bayi dengan mainan kerincingan dan mainan sensorik lainnya.

  1. PENGLIHATAN BAYI USIA 4-6 BULAN

Dunia akan terlihat memiliki warna baru agi bayi yang berusia empat sampai enam bulan. Kedua mata bayi telah mampu melihat ke arah yang sama dan bekerja sama untuk memproses informasi. Yang harus diwaspadai antara lain jika pandangannya tidak mengikuti objek atau wajah, tidak fokus atau pupil matanya tidak melihat ke arah objek, serta terdapat refleks merah yang abnormal. Pada masa ini jangkauan penglihatan bayi dan keterampilan koordinasi mata serta tubuh akan terus membaik. Pada usia enam bulan kejelasan penglihatan bayi dan persepsi ruang hampir sepenuhnya berkembang.

  1. PENGLIHATAN BAYI USIA 7-9 BULAN

Pada tahap ini, penglihatan bayi berkembang lebih jauh, dia mulai mengenali warna.

  1. PENGLIHATAN BAYI USIA 10-12 BULAN

Penelitian klinis menyebutkan bahwa saat bayi mendekati usia satu tahun, bagian mata dan bagian visual otak telah matang. Sehingga mereka telah mendapatkan pengalaman visual yang cukup untuk penglihatan.

Periode kritis perkembangan penglihatan anak terjadi antara kelahiran dan usia 10. Untuk memastikan penglihatan si kecil Anda sehat sejak awal, mintalah dokter mata melakukan skrining penglihatan. Demikianlah penjelasan tentang kapan bayi bisa melihat dengan jelas, dengan uraian tersebut akan menambah rasa syukur dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.