makanan ibu hamil kembar
Image Source: twinstuff.com

Baruterus.com – Mengharapkan buah hati seringkali membutuhkan perjuangan. Mencoba berbagai alternatif program kehamilan selama beberapa waktu hingga kabar gembira yakni hasil tes kehamilan positif muncul. Bagi anda yang memeriksakan diri ke dokter kandungan, terkadang mendapatkan berita yang jauh lebih menggembirakan. Usaha memperoleh buah hati telah diberikan misalnya makanan ibu hamil dua kali lipat. Janin dinyatakan kembar alias dalam 1 kali kehamilan akan ada 2 bayi lahir dalam waktu yang sama. Kontan saja, ayah dan bunda harus memperoleh pengetahuan bagaimana mengambil keputusan apabila memang bayi kembar. Terkadang memang ada beberapa perlakuan berbeda untuk bunda yang mengandung janin kembar, maklum saja beban bunda ada 2 orang.

Dari segi makanan, banyak orang menganggap makanan ibu hamil harus dua sampai empat kali lipat. Pernyataan ini bisa dibilang tidak salah namun tidak sepenuhnya benar. Kalori ibu mengandung anak satu saja sudah dua kali lipat dari orang yang tidak hamil, tentu saja logika ibu hamil musti makan lebih banyak terdengar masuk akal. Secara medis, tidak ada paksaan untuk ibu hamil anak kembar makan lebih banyak daripada ibu hamil dengan anak satu. Bunda sangat dibebaskan untuk makan sebanyak apapun yang bunda mau namun tidak ada takaran pasti berapa banyak dan seberapa sering bunda harus makan. Rasa lapar telah diciptakan agar memberi sinyal pada tubuh bahwa ini saatnya makan. Kalau memang janin – janin tipe yang ingin makan banyak, secara otomatis bunda bakal merasa lapar dengan sendirinya. Tidak perlu menahan diri dan langsung saja sikat hidangan di depan mata tanpa berpikir panjang.

Dunia kuliner sangat luas, mulai dari pemilihan bahan sampai dengan cara memasak di akhir. Bunda hamil memang dibebaskan untuk makan, memenuhi rasa ngidam. Masalahnya, pilihan menu makanan kurang tepat. Es krim, sereal, makanan cepat saji semacam itu justru menjerumuskan kesehatan janin. Makanan sampah alias junk food tentu enak luar biasa tapi bukan berarti baik untuk badan. Ada saatnya memanjakan lidah ada saatnya memikirkan kesehatan janin. Saat dalam kandungan janin tidak mampu memproduksi makanan sendiri sehingga bunda harus berusaha memberikan yang terbaik. Terlalu sering lapar justru menjadi pertanda teriakan janin bahwa bunda hanya makan namun perut tidak terisi dengan baik. Perbedaan antara makanan tidak sehat dengan sehat adalah kemampuan tubuh menyerap nutrisi. Semakin sedikit nutrisi yang didapat, semakin minim pula isi perut. Tidak ada gunanya menghabiskan waktu dengan makanan tak berarti. Pertumbuhan janin juga semakin terhambat hanya karena bunda makan sembarangan. Coba renungkan kembali seperti apa jadwal makan dari hari kemarin ? apakah patut ditepuk tangani ?

4 sehat 5 sempurna termasuk dalam nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu. Waktu masih kecil rasanya sering sekali mendengar semboyan makan sehat satu ini. Ternyata daftar makanan ibu hamil tidak lepas dari 4 sehat 5 sempurna supaya perkembangan janin lebih sehat. Nasi makanan pokok tanah air tidak boleh terlepas dari menu bunda. Memang, nasi sering disalah – salahkan ketika berat badan naik. Padahal, karbohidrat yang terkandung dalam nasi sebenarnya sangat membantu bunda melewati masa kehamilan dengan mudah. Karbohidrat mengandung energy yang melimpah sehingga menjadikan bunda lebih kuat mengatasi janin, gampangnya memperoleh dorongan kekuatan. Bukan berarti lantas hanya nasi yang menjadi menu favorit mengandung.

Buah selalu dikategorikan makanan sehat termasuk saat mengandung.  Serat serta nutrisi dalam buah sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga menjadikan buah sebagai bahan favorit. Tidak perlu muluk – muluk, buah yang dikonsumsi tidak harus buah mahal ataupun import yang terpenting adalah nutrisi buah tersebut. Apel dan alpukat merupakan 2 jenis buah yang banyak dijual di pasaran dan harganya sangat terjangkau. Vitamin yang terkandung dalam buah – buahan sangat berguna bagi janin dan juga ibu hamil agar memperoleh kesehatan. Bahkan, idealnya, disarankan mengkonsumsi paling tidak 5 mangkuk buah dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal. Melebihi 5 mangkok juga sangat bagus.

Asam folat telah banyak tercantum dalam susu kehamilan. Senyawa satu ini memang cukup penting dalam kehamilan. Banyak kehamilan berakhir dengan kondisi khusus. Sebenarnya selain faktor keturunan, kelainan pada saat kelahiran dipengaruhi kuat oleh kekurangan asam folat. Pertumbuhan janin menuntut kehadiran asam folat agar bisa berkembang dengan baik. Tidak perlu repot – repot untuk memastikan bunda memperoleh asam folat dengan baik. Pasar telah menangkap peluang diantara ibu hamil dengan memperdagangkan susu kehamilan. Produk semacam susu kehamilan telah dirancang dengan cukup baik guna memenuhi kebutuhan asam folat tanpa harus bersusah payah. Bahkan banyak susu hamil menyediakan berbagai manfaat lain agar bunda lebih mantap.

Kehamilan seperti apapun sebenarnya mirip – mirip hanya dengan sedikit sentuhan berbeda kehamilan menjadi berwarna. Memang bunda hamil apalagi anak kembar dibebaskan untuk mengkonsumsi makanan terpilih, hanya saja jangan sampai terlalu banyak hingga obesitas. Bayi kembar menuntut ruang luas mengingat satu rahim hanya muat untuk beberapa bayi saja. Terlalu banyak tumpukan lemak semakin mempersempit peluang janin untuk terlahir dengan baik. Sehingga, ada baiknya bunda mengimbangi antara makan dengan berolah raga. Saat ini, sudah banyak olah raga ditunjukkan untuk ibu hamil. Pola makanan ibu hamil dengan gaya hidup sehat tentu membuat kehamilan janin kembar semakin aman terjamin hingga hari persalinan.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu bisa mencoba Nestle Momme.