Banyak yang tanya bolehkah ibu menyusui melakukan perawatan wajah. Jawabannya tentu saja boleh. Hanya saja ada peringatan. Ada kosmetik yang dilarang dipakai saat menyusui. Kosmetik seperti apa yang dimaksud?

Semua ibu yang sedang menyusui harus tahu kualitas ASI tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang mereka konsumsi. Hal-hal di luar seperti udara, cuaca, dan kosmetik yang mereka pakai juga mempengaruhi kualitas ASI. Itulah mengapa pada ahli kesehatan menyarankan jangan asal menggunakan kosemetik untuk ibu menyusui.

Kosmetik Berbahaya Untuk Ibu Menyusui

Sekarang ini, banyak sekali jenis kosmetik yang ada di pasaran. Namun, sangat disarankan agar ketika ibu sedang menyusui, ibu tidak menggunakan kosmetik yang mengandung kandungan berikut ini:

  1. Parabens

Kandungan yang satu ini banyak ditemukan di dalam kosmetik. Hanya saja, kadarnya sangat rendah. Meskipun demikian, para ahli kesehatan menyarankan agar menghindari kosmetik dengan kandungan yang satu ini. Pasalnya, walaupun kandungan parabens rendah, kandungan ini bisa diserap oleh tubuh dan mengganggu sistem endokrin bayi.

  1. Retonoids

Apakah ibu menggunakan kosmetik yang bisa mengatasi masalah penuaan dini? Bisa saja di dalam kosmetik terdapat kandungan retinoids. Sebaiknya, Anda cek dan pastian tidak ada kandungan retonoids dalam kosmetik yang ibu pilih. Kandungan ini memang sangat efektif menghilangkan keriput di wajah. Sayangnya, kandungan ini pula yang bisa mempengaruhi ASI sehingga kesehatan bayi bisa terganggu.

  1. Formaldehyde

Kandungan ini juga yang paling berbahaya. Jika kandungan ini mempengaruhi ASI, bayi bisa mengalami alergi. Dan jika ini terjadi, sudah bisa dipastikan ibu akan repot sekali. Bayi yang mengalami alergi tidak hanya ditunjukkan dengan munculnya bintik-bintik merah di kulit. Selain itu, bayi juga bisa mengalami masalah sesak nafas. Ini yang paling berbahaya.

Setidaknya tiga kandungan tersebut tidak ada di kosmetik yang ibu gunakan. Sebaiknya, ibu cari perawatan wajah untuk ibu menyusui yang 100% aman.

Hal Paling Berbahaya Yang Harus Diwaspadai

Memberikan ASI eksklusif merupakan cara yang sangat direkomendasikan untuk memastikan perkembangan bayi optimal. Sayangnya, jika ASI tersebut terkontaminasi dengan zat zat berbahaya dari kosmetik yang ibu gunakan, usaha ibu sia-sia belaka. ASI eksklusif yang ibu berikan selama 6 bulan berturut-turut tidak memberikan manfaat, justru efek negatif.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut terjadi. Ibu ingin memastikan bayi tumbuh dengan baik. Inilah yang menjadi alasan mengapa ibu harus hati-hati dalam memilih kosmetik.

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Pasalnya, beberapa kosmetik justru menyebabkan hal-hal berikut ini:

  1. Gangguan Perkembangan Bayi

Pernahkah ibu melihat ada bayi yang tubuhnya kurus dan tinggi badannya tidak seperti bayi normal pada umumnya? Bayi tersebut mengalami gangguan perkembangan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa saja bayi tidak mendapatkan nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan. Atau ada masalah dengan organ tubuh.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin gangguan perkembangan bayi ini disebabkan karena kualitas ASI yang kurang baik lantaran terkontaminasi dengan kandungan berbahaya di dalam kosmetik. Kebanyakan kosmetik palsu menyebabkan masalah ini. Itulah mengapa ibu harus pastikan kosmetik yang ibu pakai asli dan aman.

  1. Gangguan Otak Bayi

Yang lebih berbahaya lagi adalah gangguan pada otak. Dan ternyata, masalah ini tidak hanya disebabkan oleh kandungan berbahaya di dalam kosmetik palsu saja. Ada juga kosmetik asli yang menyebabkan masalah ini. Cek tanggal kadaluarsanya. Jangan sepelekan hal ini karena gangguan otak bayi bisa disebabkan karena penggunaan kosmetik yang sudah kadaluarsa.

  1. Kanker Kulit

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami kanker kulit. Bayi pun bisa. Dan ini bisa disebabkan kosmetik. Kandungan berbahaya di dalam kosmetik akan terserap ke dalam tubuh hingga akhirnya mempengaruhi ASI. Saat ASI diminum oleh bayi, maka ada kemungkinan bayi terkena kanker kulit.

Akan lebih aman jika ibu tidak melakukan perawatan wajah saat menyusui. Ibu bisa tunggu hingga usia anak 2 tahun ketika ibu tidak lagi menyusui. Pada saat itu, ibu bisa melakukan perawatan wajah dan mengembalikan kecantikan wajah ibu seperti sediakala.

Perawatan Wajah Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Banyak ibu yang tidak sabar jika harus menunggu hingga 2 tahun sehingga mereka baru bisa melakukan perawatan wajah. Hingga akhirnya mereka mencari tahu kosmetik yang aman untuk ibu menyusui.

Sebenarnya, perawatan wajah tidak harus dilakukan dengan cara mengaplikasikan kosmetik. Namun, bagaimanapun juga, seorang perempuan merasa kurang percaya diri jika keluar rumah tanpa makeup.

Untungnya, sekarang ada solusinya. Trulum merupakan produk kecantikan yang sangat aman untuk digunakan oleh ibu menyusui. Kenapa? Tentu saja karena kandungannya yang tidak berbahaya. Semua kandungan yang ada di dalam produk ini adalah kandungan alami, berupa buah dan tanaman. Ada kandungan daisy, pitaya, dan oats.

Produk ini berasal dari Amerika Serikat. Ibu harus tahu hanya produk yang benar-benar aman saja yang bisa diedarkan di sana. Salah satunya adalah Trulum. Ini juga aman untuk digunakan oleh ibu menyusui.

Ada beberapa manfaat dari Trulum. Produk ini mampu mengatasi masalah penuaan dini. Hal ini disebabkan Trulum mampu menyeimbangkan pH serta menstimulus pertahanan kulit dari bakteri.

Selain itu, Trulum juga berperan sebagai protektor. Ada enzim pelindung yang akan menjaga kesehatan kulit wajah. Probiotik akan membuat ketebalan kulit sehingga tidak rusak karena sinar ultraviolet.

Jadi, sekarang sudah tahu kan produk perawatan wajah yang aman untuk ibu menyusui?