antivirus-handphone

Baruterus.com – Sebagai pengguna smartphone maka kita akan selalu menjaga keamanan dan kenyamanan smartphone. Bukan hanya menjaga fisiknya agar tetap bagus dan enak digunakan, namun kita juga harus menjaga smartphone dari dalam atau dari sistem yang digunakan oleh ponsel pintar tersebut. Salah satunya adalah menjaga dari terserang malware seperti virus yang sampai saat ini menjadi ketakutan tersendiri bagi para pengguna smartphone. Pertanyaannya, seberapa perlukah menginstall antivirus di smartphone? Pada artikel kali ini kami akan membahas hal tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa malware memiliki banyak sekali tipe dan jenisnya. Karena jumlahnya yang banyak maka hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pengguna smartphone. Bukan hanya PC saja, namun ternyata perangkat yang menjalankan sistem operasi seperti smartphone juga beresiko terkena malware atau virus. Malware atau virus yang menjangkit sebuah perangkat akan memberikan dampak buruk pada perangkat itu sendiri dan tentunya merugikan bagi penggunanya. Dengan adanya malware atau virus maka perangkat dapat dengan mudah untuk dicuri datanya bahkan dapat merusak dari sistem operasi itu sendiri.

Meskipun malware atau virus selalu bertambah setiap harinya, namun hal tersebut sebenarnya juga diimbangi dengan selalu bertambah juga antivirus yang tersedia. Android saat ini menjadi sistem operasi yang banyak diincar oleh program-program jahat yang berusaha membajaknya. Nah, dengan kenyataan banyaknya program jahat yang berusaha menyerangnya, Google mencoba melindungi sistem operasi Android dengan adanya Google Play Service yang terpasang di setiap smartphone berbasis Android. Hal ini dimaksudkan agar sistem operasi Android dapat berjalan lancar dan secara otomatis aplikasi Google Play Service tersebut akan mencegah adanya virus yang masuk ke sistem. Lalu apakah cukup hanya dengan aplikasi tersebut untuk menjaga smartphone kita aman dari serangan virus atau malware?

Ternyata, meskipun sudah dilengkapi dengan adanya Google Play Service untuk menangkal malware atau virus, sistem operasi ini belum terbebas sepenuhnya dengan ancaman malware. Lalu jika menginstall aplikasi antivirus adalah pilihan yang tepat, bagaimana caranya memilih dan menginstall aplikasi antivirus yang tepat dan terbaik? Nah, banyak dari kita yang masih bingung memilih antivirus yang benar-benar tepat untuk smartphone yang kita gunakan. Nah, kali ini kami juga akn memberikan sedikit tips dalam memilih antivirus untuk menghindari serangan malware.

  • Usahakan Aplikasi dari Play Store

Untuk bisa mendapatkan aplikasi antivirus yang tepat maka usahakan untuk mendapatkan aplikasi tersebut dari Play Store. Mengapa? karena jika Anda memilih aplikasi di luar dari Play Store maka resiko terjangkit virus lebih besar karena tak ada pengawasan dari Play Store.

  • Hindari Situs Web Bajakan

Untuk menghindari serangan malware atau virus maka Anda bisa menghindari situs web bajakan yang biasa dipasang dengan menyisipkan hal-hal seperti pornografi dan perjudian. Karena dalam web semacam itu, biasanya disusupi oleh program-program jahat yang dapat masuk ke smartphone.

  • Lihat Komentar Sebelum Pasang Aplikasi

Sebelum menginstall antivirus dari Play Store maka pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki kinerja yang baik dan benar-benar mencegah dari serangan malware atau virus dengan melihat komentar atau feed back yang diberikan oleh pengguna lain.

  • Pilih dan Pasang Antivirus Fitur Terbaik.

Pilihlah dan pasang aplikasi Antivirus terbaik dan sesuai dengan kebutuhan smartphone Anda. Pilih juga antivirus yang juga menyediakan fitur lainnya seperti efisiensi baterai, membersihkan sampah dan lain-lain.

Perlukan menginstall antivirus di handphone? Jawabannya adalah perlu, untuk menjaga agar smartphone aman dan terhindar dari serangan malware. Pilihlah aplikasi antivirus yang tepat dan sesuai dengan smartphone Anda.