tanda hamil muda
Source: BabyCenter

Baruterus.com – Jika Anda sekarang sedang menantikan kehadiran buah hati, tentunya Anda akan sangat menantikan akan hadirnya tanda kehamilan terutama tanda hamil muda. Tanda hamil muda ini sebagai awal dari hadirnya buah hati yang Anda nantikan. Namun terkadang Anda pasti juga kurang memperhatikan tanda hamil muda ini. Jika Anda tidak mencatat siklus haid Anda atau jika siklusnya bervariasi dari satu bulan ke bulan berikutnya, Anda mungkin tidak yakin kapan harus mengharapkan menstruasi Anda. Tapi jika Anda mulai merasakan beberapa gejala awal kehamilan di bawah ini (tidak semua wanita mendapatkannya) dan Anda bertanya-tanya mengapa Anda belum menstruasi, Anda mungkin sudah mendapatkan apa yang selama ini Anda nantikan yaitu kehadiran buah hati atau kehamilan.

Keengganan untuk makanan. Jika Anda tidak biasanya untuk  menolak bau makanan favorit seperti sandwich atau secangkir kopi, dan tidak dapat mencium aroma tertentu karena dapat memicu refleks muntah. Meskipun tidak ada yang tahu pasti, ini mungkin merupakan efek samping dari jumlah estrogen yang meningkat dengan cepat pada tubuh Anda. Anda mungkin juga menemukan bahwa makanan tertentu yang biasa Anda nikmati tiba-tiba benar-benar menjijikkan bagi Anda.

Mood cepat berubah. Biasa terjadi perubahan mood selama kehamilan, sebagian karena perubahan hormonal yang mempengaruhi neurotransmiter (pembawa pesan kimia di otak). Beberapa pengalaman ibu-ibu hamil muda akan meningkatkan emosi dan sensitifitas, sementara yang lain merasa lebih tertekan atau cemas.

Perut kembung. Perubahan hormonal diawal kehamilan mungkin membuat Anda merasa kembung, mirip dengan perasaan beberapa wanita sebelum periode menstruasi.

Sering buang air kecil. Tak lama setelah Anda hamil, perubahan hormonal memicu serangkaian kejadian yang dapat meningkatkan laju aliran darah melalui ginjal Anda. Hal ini menyebabkan kandung kemih Anda terisi lebih cepat, jadi Anda perlu buang air kecil lebih sering. Sering buang air kecil akan terus berlanjut seiring dengan masa kehamilan Anda. Volume darah Anda meningkat selama kehamilan, yang menyebabkan cairan ekstra diproses dan berakhir di kandung kemih Anda.

Kelelahan. Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kelelahan pada awal kehamilan ini, tapi mungkin peningkatan hormon progesteron mungkin saja berkontribusi pada kelelahan Anda. Tentu saja, morning sickness dan sering buang air kecil di malam hari bisa menambah kelesuan atau kelahan Anda juga.

Morning sickness, mual, dan muntah. Mual dan morning sickness biasanya terjadi sekitar minggu keempat sampai keenam. Meski disebut morning sickness, bisa terjadi kapan saja, di siang hari atau malam hari. Tidak jelas apa yang menyebabkan mual dan morning sickness ini, tapi hormon mungkin berperan. Selama 12 minggu pertama kehamilan, banyak wanita mengalami morning sickness, menurut American Pregnancy Association.

Sakit payudara. Salah satu gejala kehamilan yang umum adalah payudara yang sensitif dan terasa membengkak. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon. Rasa sakit dan bengkak mungkin terasa seperti sebelum menstruasi. Ketidaknyamanan Anda akan berkurang secara signifikan setelah trimester pertama, saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

Bercak darah. Jika Anda sedang hamil muda mungkin Anda akan mendapati adanya perdarahan atau pendarahan vagina. Tidak ada yang tahu pasti mengapa hal itu terjadi, tapi mungkin karena sel telur yang telah dibuahi meresap ke dalam lapisan rahim Anda.

Suhu tubuh basal yang tinggi. Jika Anda telah memetakan suhu tubuh basal Anda dan Anda melihat bahwa suhu Anda tetap tinggi selama lebih dari dua minggu, Anda mungkin sedang hamil.

Tekanan darah tinggi dan pusing. Pada kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi adalah normal. Tanda hamil muda ini akan turun pada tahap awal kehamilan berikutnya. Hal ini juga dapat menyebabkan pusing, karena pembuluh darah Anda membesar.

Tes kehamilan di rumah yang positif. Jika tanda hamil muda di atas sudah Anda rasakan, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk tes kehamilan sendiri di rumah. Tes kehamilan yang dilakukan di rumah dengan tes pack memang tidak cukup sensitif dan akurat untuk mendeteksi kehamilan dengan andal. Namun cara ini paling mudah untuk mengetahui apakah Anda hamil ataupun tidak.

Begitu Anda mendapatkan hasil positif, buatlah janji dengan dokter Anda dan pastikan hasilnya di sana. Selamat! Jika memang Anda benar-benar dinyatakan positif hamil. Jagalah kesehatan Anda dan buah hati Anda. Jangan lupa pula untuk mengetahui dan mencari informasi tentang tanda-tanda bahaya di masa kehamilan.