Perkembangan janin usia 11 minggu
Source: Motherhow.com

Baruterus.com – Pada usia kehamilan ke 11 minggu, Ibu akan mulai mengalami berbagai perubahan fisik yang cukup drastis. Beberapa dari wanita hamil bahkan kurang menerima keadaan ini. Namun demikian, tak sedikit pula dari mereka yang dengan lapang dada menerima kondisi ini.

Bersamaan dengan perubahan fisik Ibu, janin yang ada di dalam rahim Ibu pun mengalami perubahan fisik. Apa sajakah perubahan yang terjadi pada calon buah hati Anda?

Berikut ciri perkembangan janin usia 11 minggu.

  1. Pada kehamilan usia 11 minggu, kini bayi dalam rahim Anda telah secara resmi bergelar janin dan bukan lagi embrio. Bila pada masa kehamilan 1 dan 2 bulan disebut dengan embrio atau kumpulan sel, maka pada usia ke 3 bulan atau 11 minggu ini sudah bergelar janin dengan anggota tubuhnya yang mulai terlihat. Disebut janin sebab pada usia ini, organ-organ pada si bayi dalam kandungan sudah terbentuk seperti manusia kecil. Hal ini tentu berbeda dari masa sebelumnya, dimana bentuk atau rupa si kecil lebih mirip berudu dibandingkan dengan manusia.
  2. Mata, telinga, hidung, dan semua organ internal pada si Kecil sudah mulai terbentuk dengan perlahan.
  3. Apabila pada minggu ke-10 tangan janin sudah tidak berselaput lagi, maka pada minggu ke-11 ini tangan janin mulai bisa membuka dan mengepal seperti membentuk tinju. Sekarang jari-jari pada tangan dan kakinya sudah mulai terpisah dan selaput yang menyelimutinya kini sudah tidak ada lagi. Tangan dan kakinya pun sudah berada di depan tubuh janin.
  4. Jika diukur dari ujung kepala hingga kebagian pantatnya, ukuran bayi Anda panjangnya sudah mencapai 4 cm. Pada tahap ini janin saat ini memiliki berat sekitar 8 gram dan kurang lebih sebesar telapak tangan Ibu.
  5. Tahap gangguan atau kecacatan pada janin sudah terlewat minggu ini, minggu pembentukan organ sudah selesai dan sekarang memasuki tahap pembesaran, pemanjangan, dan penyempurnaan.
  6. Bentuk telinganya sudah hampir berkembang sempurna di kehamilan 11 minggu.
  7. Folikel-folikel rambut sudah terbentuk, tidak hanya di kepala tetapi juga di seluruh permukaan tubuhnya.
  8. Tunas giginya juga mulai muncul pada gusinya.
  9. Di dalam rahim, janin aktif bergerak, bahkan dia terbilang sibuk dengan berbagai gerakannya itu. Janin dapat menggerakan kaki dan tangan, gerakan menggeliat, meluruskan tubuh, dan menundukkan kepala. Gerakan janin baru akan dapat dirasakan oleh Ibu dalam waktu 1 atau 2 bulan ke depan, tidak di minggu ke-11 ini. Namun Ibu dapat melihat gerakan ini dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi(USG).
  10. Pada minggu ke-11 ini, janin bisa mengalami cegukan, namun hal itu belum bisa disadari oleh ibu hamil, meski sebenarnya bisa diukur dengan menggunakan alat tertentu.
  11. Bukan hanya itu, tubuh si janin terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga kini kepalanya hanya sepertiga dari seluruh tubuhnya.
  12. Bagian organ luar dari kelamin si buah hati pun sudah mulai terbentuk. Sehingga pada minggu ini, Anda akan dapat melakukan test kehamilan guna mengetahui jenis kelamin si buah hati.
  13. Akan tetapi, pada minggu ini, bagian organ terluar yang melapisi tubuh si janin yakni kulitnya belum terbentuk dengan sepenuhnya. Kulitnya masih begitu transparan. Namun tulang-tulang pada si janin mulai mengeras dan menguat, yang mana ini artinya perkembangan ini akan terus berlanjut sampai ia terbentuk dengan sempurna dan si bayi telah siap untuk dilahirkan kedunia.

Demikianlah ciri-ciri perkembangan janin usia 11 minggu. Dengan mengetahui perkembangan janin Anda, sudah seharusnya sebagai calon Ibu harus mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental. Makanlah makanan yang sehat dan juga baik bagi ibu hamil. Jaga selalu kesehatan Anda karena pada kondisi usia kehamilan minggu ini, Anda mungkin akan mulai mengalami masalah dengan waktu tidur di malam hari.

Semoga membantu.