Memiliki buah hati pertama di bulan suci Ramadhan tentu merupakan anugrah dan rahmat yang melimpah bagi sebuah keluarga yang menantikannya. Bukan hanya mendapat kado yang berharga dari Sang Maha Pencipta, namun dipertemukan dengan bulan penuh berkah ini membuat rasa syukur tiada tara. Namun, selain terlena dengan kebahagiaan tersebut, jangan pernah lupa untuk selalu memantau tahap perkembangan bayi. Hal ini sangat penting, demi untuk mengontrol dan mengetahui, apakah perkembangan dan pertumbuhan bayi tersebut masih dalam kapasitas wajar atau tidak.

 

Tahap perkembangan bayi di tahun pertama memang lebih memfokuskan pada motorik kasar, motorik halus, bahasa dan interaksinya dengan keadaan sekitar. Setiap bulan, selalu saja ada perubahan yang akan terjadi pada anak. Ibu yang ingin mengetahui bagaimana dan apa saja perubahan yang terjadi setiap bulannya di tahun pertama, ini uraiannya:

 

Bayi Usia 1 Bulan

Pada bulan pertama kelahiran buah hati, dia akan belajar untuk menggerak-gerakan kepalanya. Bayi mungkin masih belum bisa melihat dengan jelas, namun dia akam tertarik dengan benda bergerak yang mempunyai warna terang, hitam ataupun putih. Dia pun juga bisa mencengkram jari yang disusupkan ke telapak tangannya dan memperhatikannya.

 

Bayi Usia 2 Bulan

Di usia ini 2 bulan bayi sudah bisa membuka dan menutupkan tangannya. Selain itu dia pun biasanya akan menggenggamkan tangannya dan melakukan pukulan tanpa araj. Saat Ibu melihatnya dan mengajaknya berbicara, dia sudah mampu untuk tersenyum secara responsif untuk membalasnya. Ada kalanya dia akan terlihat berusaha untuk menahan leher saat dia ditelungkupkan.

 

Bayi usia 3 bulan

Kemampuan motoriknya semakin berkembang, bayi ibu akan bisa meraih dan mengambil objek yang menarik perhatiannya. Ketika ibu menggendongnya, dia sudah bisa menegakan kepalanya. Ada kalanya saat dia tidur, dia akan mengisap ibu jari. Saat sendiri, mungkin tidak jarang ibu akan mendengarnya bergumam tidak jelas ataupun saat ada yang memperhatikannya. Dia sudah bisa bermain, tertawa dan memekik saat ibu mengajaknya bermain.

 

Bayi usia 4 bulan

Terjadi perubahan yang cukup pesat ketika bayi sudah mencapai usia 4 bulan, dia sudah bisa mendorong tubuhnya ke atas pada saat posisi tertelungkup dengan kedua tangannya. Motorik tangannya juga semakin berkembang dan mampu untuk mengambil dan menggenggam suatu benda. Padangannya sudah mulai bisa fokus dan mampu untuk mengamati dengan akurat. Ketika ibu mengajaknya bermain, dia sudah bisa tertawa gelak dan mungkin saja menangis saat Ibu atau Ayah menghentikan bercanda dengannya.

 

Bayi usia 5 bulan

Jika ibu memiliki pekerjaan dan harus meninggalkannya, sering-seringlah untuk menengoknya, karena di usia ini dia sudah mampu untuk berguling ke salah satu badannya. Tangan dan jemarinya sudah mulai bergerak lincah dengan memindah-mindahkan benda dari tangan yang satu dengan tangan yang lain. Dia juga sudah mampu memberikan isyarat pada Ayah atau Ibu saat ingin minta digendong.

 

Bayi usia 6 bulan

Kemampuan bayi untuk berguling ke sisi kanan dan kiri sudah semakin terasah. Usahakan untuk meletakan dia pada saat tidak dalam gendongan, di tempat yang sekiranya tidak terlalu tinggi atau yang lebih aman untuknya. Bayi ibu juga sudah bisa berceloteh atau menggumamkan sesuatu yang tidak jelas.

 

Bayi usia 7 bulan

Hal yang akan sangat membuat Ibu senang, saat dia sudah mulai mencoba untuk duduk. Di usia 7 bulan ini, bayi sudah mampu untuk duduk tanpa harus ditopang atau dibantu oleh orang tuanya. Di usia ini juga, dia akan mulai belajar merangkak.

 

Bayi usia 8 bulan

Jika ibu suka bermain dengannya, dia sudah sudah bisa untuk bertepuk tangan jika diajak untuk melakukannya. Mampu duduk sendiri tanpa ada bantuan lagi.

 

Bayi usia 9 bulan

Semakin usianya bertumbuh seperti saat sekarang ini, semakin ibu harus sering untuk mengawasinya. Karena kelincahan dan rasa ingin tahunya sudah semakin tinggi, tidak jarang ibu akan mendapatinya memanjat atau menaiki tempat yang lebih dengan cara merangkak. Selain itu, dia mulai memfilter kedekatannya dengan seseorang, bisa saja dia akan menangis sejadi-jadinya jika yang menghampirinya adalah wajah yang tidak dikenalnya.

 

Bayi usia 10 bulan

Jika saat dia menginginkan sesuatu dan tidak dipenuhi, dia akan menangis agar Ibu atau Ayah memberikan apa yang dia mau. Hal ini karena perkembangan otaknya memang semakin berkembang. Dia mulai mempelajari sebab dan akibat. Dilain hal, dia pun juga sudah mampu untuk mengurutkan permainan yang sudah dipelajarinya.

 

Bayi usia 11 bulan

Ibu bisa saja menangis bahagia saat dia mengucapkan kata pertamanya dengan jelas di usia ini. Panggilan Mama atau Papa sudah bisa Ibu dengar saat dia memanggil orang tuanya. Dia pun sudah bisa bermain dengan mendorong-dorongkan mainannya.

 

Bayi usia 12 bulan

Bayi Ibu sudah mulai berjalan di usia ini, walaupun masih tertatih-tatih. Ibu tinggal membantunya untuk semakin menstimulasinya segera lancar berjalan. Dia pun sudah mulai mengucapkan dua atau tiga buah kata dan mampu bermain menirukan sesuatu yang dicontohkan.

 

Itu tadi tahap perkembangan bayi yang umumnya terjadi pada bayi. Walaupun ada beberapa bayi yang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yanglebih cepat, namun Ibu tidak perlu khawatir. Jika pun ada keterlambatan selama beberapa bulan dan sudah berusaha keras membantu untuk menstimulasi kemajuannya, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi kepada dokter anak atau bertanya pada orang terdekat yang memiliki pengalaman. Semoga bermanfaat.