wasir saat hamil
Source: Kesehatan Ibu Hamil

Baruterus.com – Wasir saat hamil kerap terjadi pada Ibu yang sedang mengandung janin di dalam rahimnya. Hal ini disebabkan terjadinya pembengkakan darah vena di sekitar anus, akibat dari meningkatnya jumlah sirkulasi darah dalam tubuh. Usia kandungan yang semakin besar membuat rahim menekan pembuluh darah yang membengkak, hal inilah yang menyebabkan sebagian besar para Ibu mengalami wasir di masa kehamilannya.

Walaupun wasir saat hamil bisa hilang begitu saja dalam waktu beberapa hari, namun hal ini tetap saja membuat keadaan Ibu tidak enak. Berdiri salah, dudukpun terasa menyakitkan. Belum lagi rasa tidak nyaman yang dirasakan karena rasa gatal di bagian anus, cairan yang terus-terusan keluar, rasa sakit saat buang air besar dan juga susah buang air besar.

Beberapa penyebab terjadinya wasir saat hamil, antara lain:

  • Meningkatnya hormon progesteron yang sangat berguna untuk memperkuat janin yang berada di dalam rahim. Namun hal ini juga memberikan efek lain, yakni menyebabkan terhambatnya sistem pencernaan. Sehingga makanan yang diserap dan disalurkan ke bagian pembuangan menjadi lambat
  • Pertumbuhan janin yang semakin membesar seiring berjalannya waktu membuat rahim semakin menekan di bagian rongga perut dan juga panggul.
  • Wasir pada saat hamil juga disebabkan karena susah buang air besar.

Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil

Bagi Ibu hamil yang merasa tidak nyaman dengan kondisi wasir yang sedang dialaminya, beberapa cara berikut ini bisa berguna untuk mengatasinya.

Berendam di air hangat

Berendam di air hangat sangat efektif untuk mengatasi wasir saat hamil. Karena air panas dapat menguraikan pembekuan darah yang terjadi. Sediakan baskom dengan air panas kurang lebih 50 derajat celcius yang bisa diduduki. Rendamkan bokong Ibu di dalamnya setiap kali selesai buang air besar selama 15 menit.

Duduk di atas es batu

Duduk di atas es batu pada saat wasir terjadi dapat meredakan rasa nyeri yang terjadi akibat wasir. Selain itu, es batu juga dapat mengurangi pelebaran pembuluh darah. Duduklah di atas es batu yang telah dibungkus handuk. Lakukan beberapa kali dalam sehari selama kurang lebih 10 menit

Berbaring miring

Berbaringlah dengan posisi miring, karena hal ini akan mengurangi tekanan yang terjadi pada pembuluh darah yang berada pada bagian belakang perut. Hal ini juga membantu ginjal untuk membuang kotoran, memudahkan bayi mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang dibutuhkannya.

Dubur harus selalu bersih

Jagalah selalu kebersihan dubur. Gunakan tissu basah setiap kali buang air agar kebersihannya terawat.

Konsumsi buah dan sayuran

Untuk menghindari terjadinya wasir saat hamil, hendaklah Ibu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat tinggi dan vitamin. Hal ini selain membantu Ibu agar mudah buang air besar, juga dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Hindari memakan sesuatu yang pedas, santan, lemak dan asam. Hal tersebut dapat menyebabkan fases menjadi keras yang akhirnya akan menyebabkan sembelit dan ambien.

Minum air putih

Untuk melunakan fases agar tidak terjadi sembelit dan wasir saat hamil, perbanyaklah minum air putih.

Olah raga

Lakukan olah raga ringan yang tidak menyebabkan kelelahan fisik. Hal ini juga akan membantu Ibu untuk melatih otot-otot yang terdapat di saluran pencernaan agar bergerak aktif untuk mendorong fases ke saluran pembuangan.

Jangan menahan buang air besar

Jika sudah merasa waktunya untuk buang air besar, Ibu jangan pernah menahannya. Karena hal ini malah menyebabkan fases menjadi keras, yang berakibat susahnya buang air besar.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi dan mencegah wasir saat hamil. Semoga hal ini bermanfaat dan berguna bagi kesehatan Ibu selama kehamilan.