makanan sehat untuk ibu hamil
Image Source: Mom Junction

Baruterus.com – Banyak orang yang menganggap makanan sehat untuk ibu hamil tidak boleh mengandung lemak. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan. Menurut kaca mata masyarakat yang awam mengenai kesehatan, lemak memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan, terutama bagi bagi ibu hamil.

Sayangnya, hal tersebut tidak bisa sepenuhnya benar. Ternyata, ada juga lemak yang baik untuk ibu hamil. Bahkan, beberapa sumber makanan yang berlemak bisa dijadikan menu sehat untuk ibu hamil.

Kesalahpahaman Mengenai Lemak

Sangat bisa dipahami jika masyarakat menganggap makanan berlemak itu kurang baik. Banyak informasi beredar menyebutkan jika makanan berlemak menjadi penyebab utama masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, darah tinggi, stroke, dan lain sebagainya.

Mereka tidak melihat dari sisi yang lain. Pasalnya, setiap kandungan di dalam makanan bisa saja memberikan dampak yang baik dan juga buruk. Contohnya saja kalsium. Tentu saja nutrisi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang, terutama ibu hamil, bukan? Siapa sangka jika kalsium juga menjadi faktor penyebab tubuh merasa lelah dan susah buang air besar.

Begitu juga dengan lemak. Lemak juga bisa dikonversi menjadi energi. Jadi, ketika karbohidrat di dalam tubuh sudah habis, maka tubuh akan mengubah lemak menjadi energi. Bagi ibu hamil, lemak ini sangat dibutuhkan mengingat ibu hamil membutuhkan banyak energi untuk bisa tetap beraktivitas selama masa kehamilan.

Namun, bukan berarti semua makanan yang mengandung lemak boleh dikonsumsi. Hanya ada beberapa makanan sehat ibu hamil yang mengandung lemak saja yang diperbolehkan.

Lemak Baik vs Lemak Jahat

Kini ibu akan tahu jika ternyata ada jenis lemak yang baik dan juga ada lemak yang jahat. Dan makanan sehat untuk seorang ibu hamil adalah makanan yang mengandung lemak yang baik.

Salah satu jenis lemak baik adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini bisa didapatkan dari buah alpukat, kacang, minyak wijen, dan minyak zaitun. Para peneliti menemukan fakta bawasannya ibu hamil yang mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal bisa terhindar dari beberapa keluhan kesehatan seperti resiko terkena penyakit jantung dan tingginya gula darah.

Selain itu, lemak tak jenuh jamak juga tak kalah penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Ibu bisa konsumsi tempe dan tahu setiap hari karena dua makanan olahan tersebut terbuat dari kacang kedelai. Menurut penelitian, kacang kedelai mengandung lemak tak jenuh jamak yang cukup tinggi.

Untuk yang satu ini, ibu pasti tidak asing lagi, yaitu omega 3. Dalam dunia medis, ini disebut dengan asam lemak omega 3, salah satu jenis lemak yang baik untuk ibu hamil. Ibu tahu makanan sehat untuk ibu hamil apa yang mengandung omega 3 ini? Betul sekali. Ibu bisa dapatkan kandungan ini dari seafood, seperti ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna.

Jadi, apakah semua makanan yang mengandung lemak itu tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Jawabannya tentu saja tidak. Toh ada jenis lemak yang baik, bahkan disarankan untuk didapatkan oleh seorang ibu hamil.

Beberapa anggapan yang salah seperti ini bisa dihindari jika ibu tahu penjelasan langsung dari ahlinya. Jika ibu mendapatkan informasi terkait dengan kesehatan ibu hamil, sebaiknya ibu konfirmasi dengan cara konsultasi atau tanya jawab dengan ahlinya secara langsung di www.ibudanbalita.com. Di sana, ibu bisa tanyakan apa saja yang terkait dengan menjaga kesehatan kehamilan, tak terkecuali mengenai makanan sehat untuk ibu hamil.