gizi balita seimbang
Image Source: Healthy tips for baby

Baruterus.com – Apakah ibu bisa mendefinisikan apa itu gizi seimbang balita? Apakah selama ini ibu sudah memastikan si kecil mendapatkan gizi yang seimbang? Dua pertanyaan ini seharusnya dijawab oleh setiap orang tua yang ingin sekali melihat sang buah hati tumbuh dengan baik.

Untuk pertanyaan yang pertama, ibu tidak perlu repot mencari tahu jawabannya. Mungkin para ahli kesehatan anak saja yang mengerti. Gizi seimbang pada balita terkait dengan berapa kadar nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Jadi, penelitian atau observasi pada balita ibu dibutuhkan. Selain itu, berat badan, tinggi badan, dan hal-hal terkait dengan tumbuh kembang balita juga harus diperhitungkan.

Yang paling penting untuk ibu ketahui adalah bagaimana cara agar bisa memastikan si kecil mendapatkan gizi yang seimbang. 4 hal berikut ini sebaiknya ibu lakukan.

01. Mengatur Kadar Gula dan Garam

Yang menjadi pembeda antara menu makanan balita dengan menu makanan orang dewasa adalah kandungan gula dan garam. Menurut ahli kesehatan anak, kadar gula dan garam di dalam makanan balita seharusnya hanya 1/6 dari gula dan garam pada makanan dewasa. Jadi, jika ibu bertanya apakah balita boleh mengkonsumsi makanan orang dewasa, jawabannya tidak disarankan. Kecuali jika ibu memastikan kandungan gula dan garam pada makanan yang ibu konsumsi tidak berlebihan.

02. Porsi

Mungkin ibu pernah melihat balita yang makannya lebih dari 3 kali sehari. Selain itu, ia juga sering ngemil makanan ringan atau snack. Apakah itu wajar? Menurut ahli kesehatan anak, hal tersebut wajar. Bahkan, sering mengkonsumsi makanan akan membuat gizi seimbang bagi balita. Hanya saja, harus diperhatikan porsinya. Sebaiknya porsinya sedikit. Jadi, balita boleh mengkonsumsi makanan lebih dari tiga kali sehari asalnya porsinya sedikit.

03. Menu Makanan Sumber Energi dan Nutrisi

Yang paling penting adalah kandungan yang bisa memberikan balita banyak energi. Dalam hal ini, energi bisa didapatkan dari menu makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Mana yang paling baik? Yang kedua yang disarankan. Selain energi, menu makanan juga harus mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin, dan lain sebagainya.

04. Memberikan Susu Balita Terbaik

Sebenarnya ini cara yang paling mudah dan tepat jika inign memastikan gizi balita seimbang, yaitu cukup dengan memberikan susu balita yang terbaik. Susu Frisian Flag mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tumbuh kembang balita. Dan semua kandungan nutrisi di dalam susu tersebut dalam kadar yang sesuai dengan kebutuhan balita.

Sudahkah ibu melakukan 4 hal tersebut di atas?

Asal ibu tahu, banyak sekali masalah kesehatan yang dialami oleh balita jika kebutuhan gizi seimbang pada balita tidak dipenuhi. Obesitas menjadi masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Obesitas atau kegemukan sering disebabkan tidak seimbangnya antara kadar lemak dan protein di dalam tubuh. Sementara itu, hal ini akan semakin parah jika balita tidak banyak bergerak. Sementara banyak sekali kandungan protein dan lemak di dalam tubuh sehingga menyebabkan obesitas.

Tidak tercukupinya gizi yang seimbang juga menyebabkan berat badan balita di bawah angka normal. Badan balita kurus dan balita terlihat kurang bersemangat dalam beraktivitas.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk memperhatikan 4 hal tersebut di atas untuk memastikan gizi balita seimbang. Buat ibu yang ingin ide variasi makanan, ibu bisa klik ke Cookpad.