vitamin untuk anak susah makan

Baruterus.com – Memberikan vitamin untuk anak susah makan hampir dipastikan menjadi langkah pertama yang dilakukan oleh orang tua. Namun, seberapa efektifkah cara tersebut? Dan vitamin apakah yang diperlukan untuk meningkatkan nafsu makan sang buah hati ibu lagi?

Banyak orang tua yang asal menerapkan tips mengatasi anak susah makan. Mereka tahu tipsnya dan langsung menerapkan tanpa memahami bagaimana tips tersebut cocok untuk diterapkan untuk sang buah hati mereka atau tidak. Begitu juga tips yang satu ini, yaitu mengenai vitamin mengatasi anak susah makan. Beberapa multivitamin memang diforumulasikan untuk mengatasi masalah anak yang susah makan. Namun, ada baiknya ibu tahu vitamin apa yang paling berperan dalam hal ini.

Vitamin Di Dalam Minyak Ikan

Banyak sekali peneliti kesehatan anak yang mengatakan minyak ikan merupakan vitamin yang bisa mengatasi anak susah makan. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Oleh sebab itu, ibu harus tahu kandungan vitamin apa saja yang ada di dalam minyak ikan ini.

Salah satu kandungan terkuat pada minyak ikan adalah omega 3. Inilah yang dikatakan sebagai kandungan yang menambah nafsu makan anak. Selain itu, omega 3 juga diperlukan untuk memastikan perkembangan otak baik. Bahkan, banyak peneliti kesehatan mengatakan anak yang mengkonsumsi omega 3 akan memiliki otak yang cerdas.

Namun, bukan kecerdasan yang terpenting untuk saat ini. Ibu harus mengatasi masalah anak yang susah makan. Kecerdasan otak tidak akan berkembang maksimal jika nutrisinya tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, kembalikan dulu nafsu makan anak dan secara tidak langsung perkembangan otak pun akan baik.

Selain itu, vitamin untuk anak yang susah makan berupa minyak ikan ini juga menjadi pemecah masalah yang selanjutnya. Kebanyakan anak yang susah makan akan mengalami penurunan berat badan. Badannya kurus dan ia tidak bersemangat layaknya anak-anak lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, minyak ikan solusinya. Di dalam minyak ikan, tidak hanya terdapat omega 3 yang akan mengembalikan nafsu makan, tapi juga karbohidrat. Inilah yang akan membuat berat badan anak ibu kembali normal lagi.

Apakah ada multivitamin lainnya yang perannya sama seperti minyak ikan? Tentu saja ada. Bahkan, ibu bisa saja memberikan makanan yang mengandung omega 3. Ikan laut banyak mengadung omega 3. Jadi, ibu bisa pertimbangkan untuk memberikan menu makanan sea food untuk sang buah hati.

Jangan Hanya Mengandalkan Vitamin

Apakah dengan hanya memberikan vitamin saja ibu bisa mengatasi masalah anak susah makan? Pada kenyataannya tidak. Vitamin hanya salah satu pendorong agar anak mau makan lagi. Ada upaya lain yang sebaiknya ibu lakukan.

  • Berikan Buah Yang Segar

Salah satu cara mengatasi anak susah makan adalah dengan lebih sering memberikan buah yang segar. Ibu bisa memberikan buah secara langsung. Atau ibu bisa buat jus buah. Ibu pilihkan saja mana yang paling disukai oleh si kecil.

 

  • Hentikan Memberikan Minuman Yang Manis

Teh manis atau jus buah yang terlalu manis sebaiknya dihindari. Mengkonsumsi minuman yang manis menjadi salah satu penyebab anak susah makan. Pasalnya, minuman tersebut mengandung banyak gula yang membuat anak merasa kenyang. Akan lebih baik jika ibu lebih banyak memberikan air putih. Jika ibu membuatkan teh atau jus buah, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan gula.

 

  • Atur Jadwal Makan

Ibu harus tetap dalam memberikan makan. Jangan sampai terlambat. Selain itu, yang paling penting adalah mengatur jadwal pemberian cemilan. Usahakan ada jarak waktu antara pemberian cemilan dengan jadwal makan. Jika jaraknya terlalu dekat, sudah bisa dipastikan nafsu makan anak berkurang atau bahkan ia tidak mau makan.

 

  • Ikuti Intruksi Pemberian Susu

Ibu harus tahu susu bisa membuat anak merasa kenyang lho. Ini disebabkan ada kandungan nutrisi yang lengkap di dalam susu. Hal inilah yang membuat anak merasa kenyang setelah minum susu. Oleh sebab itu, ada baiknya ibu mengikuti intruksi pembuatan susu yang benar. Berikan susu setelah anak mengkonsumsi makanan. Berikan susu sekitar 15-20 menit setelah makan. Jangan berikan susu sebelum makan karena hal tersebut akan membuat perut si kecil penuh dan akhirnya tidak nafsu makan.

Selain itu, perhatikan frekuensi pemberian susu. Salah satu kesalahan orang tua adalah terlalu sering memberikan susu. Padahal, ada aturan di mana konsumsi susu balita seharusnya dikurangi. Hal tersebut tentu bukan tanpa tujuan. Dengan mengurangi mengkonsumsi susu, balita bisa mencoba minuman yang lain. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi susu ternyata bisa membuat anak susah makan. Sebaiknya ibu memberikan susu 3 botol sehari; yaitu di pagi, siang, dan malam hari. Tentunya ibu juga harus perhatikan takaran susunya.

Mengenai susu, apakah ibu sudah menemukan susu yang terbaik untuk sang buah hati? Untuk balita usia 1-3 tahun, sangat disarankan agar ibu memilihkan susu Lactogrow. Ini merupakan susu balita terbaik yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Dan yang paling penting, kandungan nutrisinya seimbang. Jadi, ibu tidak perlu khawatir anak ibu mengalami obesitas atau kegemukan karena minum susu ini. Gizinya seimbang jadi anak ibu akan terhindar dari masalah tersebut.

Dan yang pasti, kandungan gulanya rendah sehingga susu tidak terasa manis. Ibu masih ingat, kan? Minuman terlalu manis sebaiknya dihindari karena hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab anak susah makan.