dekat-dengan-keluarga

Baruterus.com – Bukan hanya ibu, menjadi seorang ayah merupakan suatu kebanggan bagi pria dan menjadi moment yang dinanti. Rasa bahagia pasti ada dalam hati seorang ayah melihat anaknya lahir ke dunia. Akan tetapi, terselip rasa ketakutan yaitu jika memikirkan kesibukan ketika bekerja, lalu bagaimana bisa dekat dengan sang anak? Ya, sebagai seorang ayah, kewajiban utamanya adalah bekerja dan mencari nafkah untuk anak, istri dan keluarganya. Akan tetapi, sebenarnya bukan hanya itu, ayah berperan serta sebagai orangtua yang harus pula mengawasi, mendidik dan mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda para ayah bisa menyimak ulasan berikut mengenai Cara Agar tetap

Dekat Dengan Anak Meski Sibuk Bekerja.

Kita ketahui bersama dalam sebuah keluarga, ibu bertugas sebagai orang yang mendidik anak sedangkan ayah sebagai penjamin atas kelangsungan hidup istri dan anak. Dari situ tentu diketahui bahwa ibulah yang mengetahui secara langsung bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak karena secara waktu ibu mempunyai waktu yang lebih lama dari ayah kepada anaknya. Tentu kondisi ini menjadikan anak tak mendapatkan perhatian yang sama seperti halnya yang diberikan oleh sang ibu dan seringnya mengakibatkan anak menjadi tidak dekat dengan sang ayah.

Cara Dekat Dengan Anak Meski Sibuk

Bekerja dan menafkahi keluarga merupakan kewajiban yang harus dijalani oleh ayah dan termasuk tugas yang berat. Dari pagi hingga malam ayah harus bekerja untuk menghidupi keluarganya. Bahkan tak bisa bertemu karena ketika pagi berangkat bekerja sang anak masih tidur dan ketika pulang bekerja anak sudah tidur lagi. Namun sebagai ayah yang baik, ada kewajiban untuk tetap dekat dengan anak. Namun bagi Anda para ayah tak perlu khawatir karena ada banyak cara yang dilakukan agar tetap dekat dengan anak meskipun Anda sibuk dengan pekerjaan dan hanya sedikit memiliki waktu bersama anak.

  • Mengganti Popok

Jika anak Anda masih berusia di bawah satu dua tahun maka cara agar tetap bis dekat dengan anak adalah dengan belajar mengganti popok sang anak saat ngompol atau poop. Jadi, ketika bayi atau anak rewel karena ngompol, ayah bisa mencuri kesempatan untuk dekat dengan anak dengan mengganti popoknya.

  • Memberi Makan

Selain mengganti popok anak, ayah juga bisa lebih dekat dengan anak dengan memberi makan anak. Memang tidak mudah karena biasanya anak sering rewel dan susah makan. Anda bisa memberi makan anak sambil bercerita kepada anak.

  • Ajak si Kecil Bermain.

Nah, yang paling mudah untuk lebih dekat dengan sang anak adalah membiasakan diri untuk mengajak anak bermain. Temani ketika anak sedang bermain. Misalnya ketika anak sedang bermain coba lah untuk ikut bermain meskipun Anda tak tahu cara bermain.

  • Tetap Jalin Komunikasi

Meskipun sibuk bekerja namun jangan sampai Anda kurang komunikasi dengan anak. Anda tetap harus menjalin komunikasi yang cukup dengan anak misalnya saja menemani anak nonton tv dan Anda bisa bertanya-tanya bagaimana aktifitasnya hari ini untuk tetap mengetahui apa yang dilakukan sang anak selama ayah bekerja.

  • Manfaatkan Weekend Dengan Berlibur.

Untuk lebih dekat dengan keluarga terutama anak maka ketika ada kesempatan weekend maka manfaatkan weekend tersebut dengan mengajaknya berlibur. Tak perlu yang jauh karena yang paling penting adalah kualitas dari liburan itu sendiri.

Untuk menjaga agar tetap dekat dengan anak meski sibuk bekerja sebenarnya bisa dengan cara-cara yang sederhana. Yang paling penting adalah tetap menjaga komunikasi yang baik dan memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup kepada anak.