bahaya-gorengan-kesehatan

Baruterus.com – Hayoo, siapa yang suka sekali makan gorengan? Tentu banyak sekali ya yang menyukai jenis makanan yang satu ini. gorengan memanglah telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indinesia. Pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng dan aneka macam makanan yang digoreng lainnya tentu enak bukan? Ditambah lagi harganya yang cocok sekali dikantong. Itulah mengapa gorengan menjadi makanan pilihan utama masyarakat Indonesia.

Gorengan merupakan makanan ringan yang enak dan murah yang banyak sekali dijajakan. Bukan hanya di warung saja, bahkan sepanjang jalan pasti ada satu dua penjual gorengan menjajakan dagangannya. Namun taukah Anda, ternyata makanan favorit ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. Dampak buruk tersebut sebenarnya bisa kita lihat dengan jelas. Misalnya saja ketika kita membeli gorengan terutama di pinggir jalan, pasti menggunakan kantong plastik untuk membungkus gorengannya. Nah, ketika gorengan yang masih panas kita masukkan ke kantong plastik tersebut maka minyak yang ada pada gorengan akan ikut melarutkan zat-zat tidak baik yang ada pada kantong plastik meskipun dalam jumlah sedikit. Sebenarnya hanya dari situ saja kita bisa mengetahui bahwa jika kita memakan gorengan  yang dibungkus kantong plastik akan memberikan dampak buruk atau berbahaya bagi kesehata kita.

Dampak Buruk dan Bahaya Makan Gorengan.

Sebenarnya kita tidak 100% dilarang untuk makan gorengan. Hanya saja ada batasan-batasan tertentu yang wajib kita ketahui untuk menghindari dampak buruk dari gorengan. Jika terlalu sering makan gorengan, maka akan berdampak bagi kesehatan kita. Terutama minyak yang ada pada gorengan akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh. Apalagi jika Anda membeli gorengan yang ada di pinggir jalan, biasanya minyak yang digunakan adalah minyak yang sudah beberapa kali di pakai. Jadi bukan minyak yang sekali pakai. Nah, bisa dibayangkan ya bagaimana bahayanya gorengan bagi kesehatan tubuh kita?? Berikut kami akan berikan informasi mengenai dampak buruk makan gorengan.

  • Kertas Untuk Pembukus Gorengan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu bahaya yang ditimbulkan akibat makan gorengan adalah dari kertas pembungkus gorengan. Kertas yang biasa digunakan adalah kertas bekas seperti koran, buku pelajaran maupun kertas-kertas bekas lainnya. Tentu kertas-kertas tersebut terdapat tinta yang tidak baik bagi tubuh. Bahkan tinta yang larut dengan minyak tersebut dapat bersifat sebagai racun yang masuk dalam tubuh kita.

  • Gorengan menggunakan lilin dan plastik

Tentu Anda sudah banyak mengetahui kan banyak pedagang gorengan yang curang dengan mencampurkan llin dan platik ke dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan? Nah, plastik dan lilin tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesan ‘kriuk’ pada gorengan. Tapi tentu ini menjadi bahaya bagi kesehatan kita karena zat kimia dari plastik dan lilin masuk ke dalam tubuh.

  • Kolesterol Tinggi

Yang namanya gorengan sudah pasti mengandung minyak. Jika Anda makan gorengan buatan sendiri mungkin saja minyak yang Anda gunakan adlah sekali pakai. Namun apakah Anda yakin bahwa pedagang gorengan pinggir jalan melakukan hal yang sama? Banyak sekali bahkan hampir semua pedagang gorengan pinggir jalan menggunakan minyak berkali-kali. Padahal minyak yang digunakan berkali-kali jika dikonsumsi sangat berbahaya bagi tubuh salah satunya menimbulkan penyakit kolesterol.

  • Gangguan Pencernaan

Selain menyebabkan penyakit kolesterol, kandungan minyak atau lemak dan asam yang terdapat pada gorengan memberikan dampak yang buruk pada kesehatan pencernaan kita. Sebaiknya ketika makan gorengan, kunyahlah hingga lembut sehingga dapat dicerna dengan baik.

Setelah membaca ulasan mengenai dampak buruk makan gorengan, tentu hal ini menjadi pembatas kita untuk tidak berlebihan makan makanan yang kurang baik bagi kesehatan termasuk gorengan. Terimakasih.