perlengkapan bayi

Baruterus.com – Kebahagiaan dari lahirnya si kecil harus juga dibarengi oleh persiapan merawat dan membesarkannya dengan keseriusan, termasuk mempersiapkan daftar perlengkapan bayi baru lahir yang akan dibeli. Pasti sangat senang  rasanya saat menunggu kehadiran bayi Anda di tengah  keluarga besar. Akan tetapi di satu sisi  beberapa Ibu, terutama yang sedang menunggu anak pertama terkadang bingung tentang persiapan apa yang perlu ia lakukan agar bisa  merawat bayi mereka dengan baik.

Sebenarnya, bayi sama halnya dengan orang dewasa, memerlukan makanan, tempat tinggal yang nyaman, pakaian,  dan lain sebagainya. Yang  membedakannya yaitu bayi adalah manusia kecil yang masih lemah  dan memerlukan perhatian lebih untuk menjaga kesehatannya. Bayi juga mempunyai kebutuhan makan yang berbeda dengan orang dewasa. Dalam mengatasi rasa khawatir Ibu, maka Anda dapat mencari tahu atau bertanya dengan ibu yang sudah pernah melahirkan dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk si kecil.  

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan Ibu

Saat ini sudah ada banyak produk yang didesain khusus bagi bayi, sebagian Ibu pada umumnya menjadi bingung dan akhirnya tidak membeli beberapa produk yang tepat untuk anak mereka. Mulai dari jenis produk mana yang tepat, sampai berapa jumlah produk yang perlu dibeli untuk bayi mereka. Berikut ini beberapa list perlengkapan yang bisa beli untuk si kecil;

  • Pakaian Bayi

Tentu saja  perlengkapan bayi baru lahir yang perlu  dibeli dan dimiliki para Ibu yang penting dan haerus dipunyai yaitu pakaian bagi  bayi Anda. Setidaknya Anda harus menyediakan enam atau depalan pasang kaus bayi dan celana bayi. Jika perlu , Anda juga bisa memilih baju satu potong yang telah  merangkap kaus dan celana bagi anak Anda. Baju ini akan dikenakan oleh bayi Anda dalam beberapa bulan pertama setelah ia lahir. Siapkan pula baju dengan lengan panjang dan pendek sehingga bisa digunakan dalam tiap waktu. Satu hal tambahan yang perlu diperhatikan dalam meilih pakaian bayi yaitu bahan yang nyaman.

  • Aksesoris Bayi

Yang dimaksud dengan aksesoris bayi yaitu  beberapa macam pakaian yang umumnya hanya menjadi aksesoris untuk para orang dewasa. Perlengkapan lainnya  yang perlu  dibeli ini meliputi topi, kaus kaki , sarung tangan bayi, dan mantel bayi. Aksesoris bayi ini akan sangat diperlukan terutama untuk bayi prematur  yang membutuhkan kehangatan lebih banyak dibandingkan bayi usia diatas 1 bulan. Anda juga bisa memakaikan baju ini saat  udara sedang dingin.

  • Selimut

Perlengkapan lain yang harus dibeli selanjutnya dan  sebaiknya sudah disiapkan sebelum kedatangan si kecil yaitu selimut. Sediakan paling tidak tiga selimut yang berbahan dasar katun. Siapkan juga kain untuk membungkus bayi sekitar  enam lembar. Kain pembungkus bayi juga bisa digunakan untuk mengelap muntahan atau cairan makanan yang biasa keluar dari mulut si kecil.

  • Popok Bayi

Sebelum Anda membeli popok jenis apa yang akan Anda beli, ketahui dulu  bahwa bayi baru lahir memerlukan 10 hingga  12 popok dalam 1 hari. Perlengkapan yang harus dibeli satu ini memang salah satu kebutuhan yang penting. Pada umumnya, Anda harus memilih jenis popok yang nyaman untuk pantat bayi dan yang paling penting Anda perlu  menjaga kebersihannya. Sebab popok yang kotor dan tidak diganti dalam waktu lama bisa  membuat anak mudah  terkena infeksi. Disamping popok, Anda juga perlu menyiapkan lap untuk membersihkan pantat bayi setiap ganti popok. Oleh sebab itu, Anda bisa  membeli tisu khusus untuk membersihkan pantat bayi atau hanya memakai kain basah saja.

  • Tatak Iler

Meskipun Anda memberikan ASI ekslusif atau susu formula bagi bayi Anda, tatak iler adalah  salah satu perlengkapan yang perlu disiapkan. Sebab kapasitas mulut bayi yang masih kecil, susu yang ia minum biasanya sering tumpah sampai menetes ke baju. Oleh sebab itu,  Anda sebaiknya menataki dengan tatak iler ini. Caranya, Anda harus memilih tatak iler yang dikancing menggunakan Velcro dan jangan yang ada talinya, sebab akan sulit memasangkannya.

Perlengkapan Si Kecil Yang Baru Akan Lahir

Berikut ini perlengkapan yang harus dipenuhi saat bayi akan lahir;

  • Perlengkapan Minum Susu

Alangkah baiknya Anda selalu menyiapkan botol susu bayi, baik untuk  Ibu yang berencana memberikan ASI ekslusif pada anaknya, atau ibu yang berencana memberikan susu formula. Botol susu bisa  digunakan untuk menampung dan memberikan ASI pada bayi untuk  Ibu yang harus bekerja. Sediakan dua sampai tiga botol susu, upayakan jiak  berbahan plastik pilihlah yang BPA free. Anda juga harus  menyiapkan sikat botol untuk membersihkannya.  Sediakan pula satu panci khusus untuk mensterilkan botol susu dan dot anak Anda. Untuk Ibu yang akan memberikan ASI ekslusif, ada baiknya menyiapkan breast pump jika  Anda tidak setiap waktu bisa  berada di dekat buah hati Anda.

  • Perlengkapan Mandi Si Kecil

Perlengkapan lain yang harus dibeli yaitu bathtub bagi  bayi, jika  memungkinkan Anda bisa memandikannya di bathtub kamar mandi Anda atau juga seperti wastafel yang bisa  disumbat. Beli pula  sabun dan shampoo dan Anda harus membeli produk yang mengandung emolien atau pelembap supaya kulit bayi tidak kering. Tidak harus  membeli handuk khusus bayi, sebab Anda bisa  menggunakan handuk ukuran kecil untuk mengeringkannya.

  • Perlengkapan Jalan

Barang dari perlengkapan dalam menyambut si kecil  yang harus dibeli lainnya yaitu alat yang harus dimiliki jika  Anda membawa anak Anda bepergian,baik  ke rumah saudara, mall bahkan luar kota sekalipun. Anda bisa mempertimbangkan membeli kereta dorong bayi, atau yang sederhana dengan alat penggendong bayi sebab alat ini juga termasuk perlengkapan bayi.