cara menghitung usia kehamilan

Baruterus.com –  Ada berbagai macam cara menghitung usia kehamilan berdasarkan minggu yang bisa Anda lakukan. Cara menghitungnya bisa secara manual dengan rumus yang ditentukan, dengan prediksi, atau bahkan saat ini Anda sudah dapat menghitung usia kehamilan secara musah dengan menggunakan aplikasi yang terinstall di smartphone. Dengan mengetahui usia kehamilan berdasarkan minggu Anda bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati Anda nantinya. Seperti berbagai macam buah yang tepat dalam tiap trimesternya, makanan yang baik bagi ibu hamil trimester pertama dan selanjutnya, serta berbagai pantangan pada usia kehamilan tertentu. Bahkan jika Anda penasaran dengan perkembangan janin tiap minggunya, Anda bisa mengetahuinya berdasarkan usia kehamilan.

Kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat diimpikan oleh pasangan yang sudah menikah serta menjadi keluarga. Oleh sebab itu banyak sekali pasangan suami istri yang umumnya tidak sabar menunggu si kecil untuk segera lahir dan dapat melengkapi keluarga besar. Sebagai ibu hamil maupun pasangan yang mendampingi ibu hamil Anda semestinya bukan hanya menunggu kapan anak Anda akan lahir, namun juga harus bisa merawat kehamilan Anda dengan cara yang baik sesuai usia kehamilan.

Cara Menghitung Umur Kehamilan Menggunakan Metode Modern

Saat ini sudah ada metode medis yang lebih modern dan  memungkinkan Anda untuk mengetahui usia kehamilan serta tanggal kelahiran lebih tepat. Tingkat keakuratannya bahkan mencapai hingga 95 persen. Cara ini biasa disebut dengan Ultrasonografi atau biasa dikenal USG. Lewat  USG Anda dapat menghitung usia kehamilan, waktu lahir, serta dapat melihat gambar janin Anda dalam bentuk 3 dimensi. Cara menggunakan USG ini dapat dilakukan bila usia hamil Anda telah memasuki antara 4 sampai 6 minggu kehamilan.

Pemeriksaan USG sendiri ada 2 macam yakni  USG transvaginal dan USG transabdominal. Transvaginal yaitu pemeriksaan yang dilakukan lewat  jalan lahir, sedangkan transabdominal merupakan pemeriksaan lewat dinding perut. Pada umumnya dokter lebih menganjurkan pemeriksaan USG transvaginal dalam mengetahui kondisi kehamilan pada waktu itu juga.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan Metode Manual

Biasa usia kehamilan yaitu selama 40 minggu atau kurang elebih 280 hari dimulai dari hari pertama haid terakhir atau yang sering dikenal dengan  HPHT. Para dokter maupun bidan juga lebih sering menggunakan hitungan minggu daripada hitungan bulan.

Hal ini dipilih sebab hitungan minggu dapat membuat perkiraan dokter atau bidan tentang perkembangan kehamilan menjadi lebih tepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan:

  • Dengan hitungan Kalender

Cara ini memang termasuk cara yang paling klasik dan sudah biasa digunakan. Namun bila Anda ingin menggunakan metode ini, syaratnya yaitu Anda harus paham terlebih dahulu mengenai siklus haid Anda. Hal ini diakibatkan oleh hitungan kalender dengan menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir dalam rumus penghitungan yang dilakukan. Selain itu tanggal HPHT akan dihitung berdasarkan rumus yang biasa disebut dengan nama Naegele. Cara menghitungnya yaitu HPHT ditambah 7, lalu bulan haid dikurangi 3, dan  pada tahun ditambah 1.

Rumusnya memang sangat sederhana, namun rumus Naegele ini umumnya lebih sering digunakan pada perempuan yang mempunyai siklus haid teratur, yakni setiap 28 hari atau 30 hari. Rumus Naegele ini juga dapat digunakan untuk memprediksi kapan buah hati Anda akan lahir. Hari perkiraan lahir atau HPL dapat dirumuskan HPHT dikurangi 7, bulan HPHT dikurangi 3, lalu tambahkan 1 pada tahunnya. Namun bila bulannya tidak dapat dikurang tiga atau bulan Januari sampai Maret. Setelah itu jumlahkan dengan 9, namun pada tahunnya tidak perlu ditambahkan 1. Misalnya saja  HPHT adalah tanggal 22 agustus 2017, maka penghitungannya 22-7 = 15 untuk tanggal , 8 Agustus – 3 = 5 (Mei)  untuk bulan dan tahun 17 + 1 = 18 untuk tahun. Dengan begitu hari perkiraan lahir atau HPL yaitu tanggal 15 Mei 2018. Namun HPL umumnya diberikan waktu kurang lebih sekitar satu minggu. Jadi kemungkinan HPL yaitu tanggal 3  sampai 17 Mei 2018.

  • Dengan Sistem Fundus Uteri

Cara menghitung yang selanjutnya yaitu dengan cara fundus uteri atau lebih dikenal dengan puncak rahim. Anda dapat melakukannya dengan cara meraba pada bagian rahim terutama bagian yang terasa nampak di bagian perut. Cara menghitungnya Anda dapat melakukannya  mulai dari tulang kemaluan. Apabila jarak tulang kemaluan hingga puncak rahim atau fundus uterinya kurang lebih 26 cm, maka dapat diperkirakan usia kehamilan Anda telah memasuki minggu ke 26. Sedangkan pada minggu ke 36 jaraknya akan semakin besar menjadi sekitar 36 cm. Jika berat badan Anda normal, Anda dapat menghitung jarak tersebut dengan cara meletakkan 2  jari mulai dari tulang kemaluan hingga fundus Uteri. Intinya yaitu setiap dua jari Anda itu artinya menandakan dua minggu usia kehamilan Anda.

  • Dengan Mendeteksi Gerakan Janin

Selain beberapa cara diatas, ada pula  cara yang sangat mudah dilakukan namun mungkin keakuratannya tidak dapat dipastikan secara maksimal. Anda dapat mengetahui usia kehamilan Anda dengan hanya merasakan gerakan yang dilakukan janin di dalam perut Anda. Apabila janin akan mulai melakukan pergerakan dalam perut dan Anda sudah dapat merasakannya, diperkirakan kehamilan Anda telah memasuki minggu 18 hinggu minggu ke 20. Akan tetapi usia 18 sampai 20 minggu tersebut ditujukan untuk Anda yang baru pertama kali mengalami hamil. Cara menghitung usia kehamilan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Mau mencoba situs menghitung tanggal lahiran sang buah hati? Klik di sini.