gizi balita

Mempunyai balita yang sehat, cerdas dan pintar merupakan suatu impian dari semua orang tua. Orang tua tentu akan memberikan yang terbaik supaya  pertumbuhan balita dapat optimal. Orang tua selalu ingin bayi nya terpenuhi segala kebutuhan gizi balita untuk tubuh serta otaknya. Apabila kebutuhan gizi selalu terpenuhi tentu saja anak tersebut akan  sehat dan cerdas. Bagi para orang tua yang menginginkan kebutuhan gizi dari anak selalu terpenuhi, dapat mencari informasi tentang cara supaya  kebutuhan gizi  tercukupi pada artikel ini. Anda bisa melakukan medical check up bagi balita setiap 6 bulan sekali. Melalui langkah ini Anda bisa mengetahui kesehatan bayi Anda. Sudahkah gizi si kecil terpenuhi yang  bisa terdeteksi lewat berat badan dan tinggi badannya serta gizinya kurang sebab Anda tidak mengawasi tumbuh kembangnya.

Pemenuhan gizi yang baik bisa dilihat dari tumbuh kembang buah hati Anda. Anak yang gemuk belum tentu gizinya tercukupi dengan baik. Mungkin saja anak yang gemuk tersebut akibat ia terlalu banyak mengkonsumsi gula dan pada akhirnya menyebabkan obesitas berlebih pada tubuh si kecil. Gizi yang terpenuhi bisa dilihat dari caranya berpikir dan melakukan tindakan. Anak yang aktif dan pintar mengerti tentang kondisi merupakan bukti bahwa gizinya terpenuhi secara baik. Anak yang pandai juga bisa dilihat saat ia berhasil menceritakan kembali setiap peristiwa yang ia ingat dalam kegaiatannya saat ia bermain.

Berikan pula si kecil protein dan karbohidrat kompleks. Menu makanan yang berasal dari sumber karbohidrat kompleks dan protein merupakan makanan yang dapat menghasilkan energi untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Jangan sampai orang tua membiarkan anak melakukan kegiatan tanpa mendukungnya dengan memberikan gizi seimbang sehingga tidak memiliki energi yang banyak. Anda bisa memberikan anak sarapan sereal, beberapa sumber protein seperti telur supaya kesehatan anak tetap terjaga setiap hari.

Nutrisi Balita Yang Tidak Mau Makan

Sudah menjadi hal umum jika saat ini  banyak orang tua yang mencari vitamin anak sulit makan. Tidak jarang pula banyak orangtua yang membawa anaknya berobat ke dokter hanya dengan tujuan bertanya dan berharap dokter memiliki solusi supaya anaknya bisa makan dengan mudah. Selain itu,  ada juga sebagian orangtua berharap dokter memberikan vitamin tidak mau makan. Berikut ini beberapa nutrisi yang harus dipenuhi:

  • Vitamin B12

Vitamin anak sullit makan yang pertama yaitu Vitamin B12. Fungsi vitamin ini yaitu untuk membantu metabolisme tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi, termasuk membantu metabolisme protein dan lemak.

Anak kekurangan Vitamin B12 akan mengalami nafsu makan  yang berkurang sehingga susah makan. Beberapa makanan alami yang mengandung Vitamin B12 , misalnya saja susu, telur, produk sapi dan ikan.

  • Zinc

Tanda-tanda kekurangan zinc yaitu hilangnya nafsu makan. Oleh sebab itu, zinc adalah vitamin anak sulit makan yang perlu diperhatikan. Disamping merusak nafsu makan, balita yang kekurangan zinc akan memiliki  tubuh yang pendek, lidah yang sulit mengecap rasa dengan baik, memiliki masalah kulit  serta memperlambat penyembuhan luka. Jika kekurangan zinc berlanjut sampai dewasa, perkembangan tubuh sekundernya juga bisa terhambat. Makanan yang mengandung zinc contohnya daging unggas, misalnya saja ayam , bebek, buncis, daging merah serta gandum.

  • Vitamin D

Vitamin anak sulit makan selanjutnya yaitu Vitamin D. Tanpa Vitamin D,  kalsium, magnesium, zat besi , zinc, serta Vitamin A tentu akan sulit diserap oleh tubuh bayi. Tanda  berkurangnya nafsu makan bisa muncul jika tubuh tidak menyerap cukup zinc, zat besi dan juga magnesium. Sumber Vitamin D yaitu  susu sapi, sinar matahari, ikan, telur serta jus jeruk.

  • Vitamin A

Penelitian mengatakan bahwa kekurangan Vitamin A bisa menyebabkan penurunan nafsu makan. Disamping menjaga kesehatan mata, vitamin anak sulit  makan ini juga berperan dalam kesehatan kulit, menjaga sistem pertahanan tubuh serta menjaga nafsu makan bayi. Akan tetapi, pemberian suplemen Vitamin A perlu dilakukan dengan hati-hati sebab  pemberian Vitamin A yang terlalu banyak bisa menimbulkan efek yang kurang  baik. Jika memungikinkan, datangi puskesmas terdekat untuk memperoleh suplementasi Vitamin A .

Akibat Dari Gizi Balita Yang Tidak Terpenuhi Secara Baik

Masalah kurang gizi dan gizi buruk bisa disebabkan oleh asupan makanan anak yang kurang sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam melakukan kegiatan dan berkembang. Hal ini bisa terjadi sebab  pola asuh dan asupan makanan yang tidak tepat, misalnya saja ibu yang sibuk bekerja sehingga anak tidak terawat secara baik. Keadaan ini diperburuk dengan kebiasaan seperti memberikan makanan padat sebelum usia enam  bulan dan terkadang juga tidak higienis . Selain hal tersebut, gizi buruk terjadi sebab adanya penyakit infeksi, sebab penyakit atau karena asupan makanan yang kurang bisa  mengakibatkan bayi mengalami gizi buruk.  

Mana yang lebih dulu terjadi tidak harus menjadi persoalan, yang terpenting yaitu segera menanggulangi keadaan tersebut dengan baik . Pada umumnya jika diketahui penyebab utama dari adanya balita gizi buruk kelompok masyarakat secara bersama bergotong royong menekan penyebab masalah gizi balita yang tidak baik. Masyarakat diharapkan bisa  memberikan kemampuan yang ada disekitarnya untuk penanggulangan gizi buruk yang digerakkan oleh petugas gizi puskesmas lewat Posyandu.  Jika terjadi karena faktor kemiskinan keluarga yang akan bisa menjadi orang tua asuh, mencari peluang kerja bagi orang tuanya.