Perut Sebah Kembung Ibu Hamil
Source: babycenter.com

Baruterus.com – Ibu pasti sudah tahu info ibu hamil yang menjelaskan bagaimana cara menjaga perkembangan janin di dalam baik. Sudah banyak yang membahas tentang topik tersebut. Namun, bagaimana dengan topik perut kembung pada ibu hamil? Perut sebah atau kembung sering dialami oleh seorang ibu hamil. Tentu saja ini bisa disebabkan oleh makanan yang ibu konsumsi. Namun, yang paling penting, bagaimana cara agar ibu terhindar dari perut sebah atau peru kembung?

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil

Sebagaimana dilansir di forum ibu hamil ini, terdapat 2 hal umum yang menyebabkan perut kembung saat hamil:

  1. Makanan yang dikonsumsi

Mengkonsumsi makanan yang kurang tepat menjadi faktor paling utama penyebab perut sebah saat hamil. Ada beberapa makanan yang sehat namun menjadi penyebab perut kembung lho. Beberapa makanan yang dimaksud adalah sayur brokoli, kubis, kembang kol, dan kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut mengandung gas sehingga bisa menyebabkan perut sebah. Jadi, ketika ibu merasa perut ibu kembung, sebaiknya ibu tidak mengkonsumsi sayuran tersebut.

Selain sayuran tersebut di atas, ada info kehamilan lainnya yang harus ibu ketahui. Ternyata, makanan yang mengandung lemak yang tinggi tidak hanya bisa menaikkan resiko diabetes saat hamil, tapi juga bisa menyebabkan perut sebah lho. Jadi, jika selama ini ibu sering mengkonsumsi fast food, sebaiknya ibu kurangi atau kalau bisa ibu berhenti dulu mengkonsumsi makanan tersebut. Selain mengandung nutrisi yang sangat rendah, fast food cenderung mengandung lemak yang tinggi. Dan tidak salah jika perut ibu merasa sebah setiap kali mengkonsumsi makanan seperti itu.

  1. Cara makan

Ternyata tidak hanya menu makanan saja yang menjadi penyebab perut kembung lho. Pola makan yang kurang baik juga sangat berperan menyebabkan perut kembung saat hamil. Lalu, bagaimanakah pola makan yang baik saat hamil?

  • Yang pertama, ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Mungkin ibu akan bertanya “Bukannya nutrisi saat hamil harus ditambah dan ibu harus konsumsi lebih banyak makanan?” Memang betul ibu membutuhkan nutrisi yang banyak. Akan tetapi, bukan berarti ibu harus banyak makan. Terlalu banyak makan akan membuat ibu sebah. Dan bahkan hal tersebut bisa berimbas pada masalah kesehatan lainnya. Ibu harus ingat info tentang ibu hamil yang satu ini. Menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi di dalam kandungan seharusnya dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit namun frekuensi makannya diperbanyak. Ibu bisa makan lebih dari 3 kali setiap hari. Dan cara ini juga bisa menghindarkan ibu mengalami perut sebah atau perut kembung. Perut kembung tidak hanya disebabkan karena makanan yang mengandung gas seperti brokoli dan juga kol. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena makanan tidak segera diproses dan dicerna sehingga kadar gas di dalam perut tidak terkontrol. Itulah mengapa ibu harus mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit dan posisi tubuh saat makan juga harus tegap. Gunanya agar makanan segera bisa dicerna.
  • Yang kedua, ibu juga harus perhatikan posisi makan. Sebaiknya ibu makan dengan cara duduk di kursi, bukan lesehan di lantai. Selain itu, pastikan posisi tubuh tegap agar perut tidak tergencet. Dengan demikian, makanan akan dengan mudah masuk ke perut dan ibu tidak merasa sebah.

Kebanyakan ibu hamil trimester kedua atau ketiga mengalami masalah yang satu ini. Jadi, semoga info ini bisa menghindarkan ibu dari masalah perut sebah / kembung.