HP Android Sering Bootloop

Baruterus.com – Di jaman modern seperti sekarang ini, teknologi dan informasi semakin berkembang pesat. Salah satunya dapat kita lihat dari perkembangan ponsel pintar atau yang sekarang disebut smartphone. Smartphone kini ditawarkan dengan berbagai fitur dan kecanggihan yang dimilikinya. Baik dari segi penyimpanannya, fitur kamera, dan fitur-fitur canggih lainnya yang menarik hati para peminatnya. Namun, meskipun disebut ponsel pintar dan kecanggihan, ternyata masih ada kekurangan yang ada di dalamnya. Bootloop atau mati secara tiba-tiba mungkin salah satu masalah smarthpone Anda. simak ulasan berikut ini untuk mengatasi HP Android sering mati sendiri.

Salah satu sistem yang digunakan dalam smartphone adalah sistem operasi Android. Sistem ini memang banyak digunakan oleh smartphone-smartphone canggih dengan fitur menarik yang ditawarkan. Android juga dirasa menjadi sistem terbaik dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Namun, meskipun demikian semua sistem memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada. Salah satu kekurangan yang terdapat pada sistem Android ialah terjadinya bootloop atau smartphone tiba-tiba mati dengan sendirinya. Tentu Anda juga pernah mengalaminya.

Penyebab sistem android mengalami bootloop

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa bootloop menjadi kekurangan dari sistem operasi android ini. lalu apa sih yang menyebabkan smartphone Android sering bootloop?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa yang menjadi penyebab smartphone sering terjadi bootloop adalah karena sistem terlalu banyak menjalankan aktivitas kerja prosesor. Bootloop terjadi ketika Anda terlalu banyak menggunakan aplikasi dengan kapasitas tinggi sehingga prosesor bekerja lebih dari biasanya dan RAM yang digunakan semakin banyak. Biasanya sebelum mati secara tiba-tiba, ponsel akan terasa panas yang berlebihan.

Tips mengatasi Android yang sering mati secara tiba-tiba.

Jika sebelumnya telah kita bahas mengenai penyebab Android sering mengalami bootloop atau mati secara tiba-tiba maka kini yang kita butuhkan adalah bagaimana cara mengatasi hp android yang sering mengalami bootloop? Berikut kami berikan beberapa tips dan cara mengatasi smartphone Android yang mati secara tiba-tiba.

  • Hard Reset

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan hard riset. Yang dimaksud dengan hard riset ialah melepas baterai Hp Anda ketika masih keadaan hidup. Mengapa dilakukan? Dengan mencopot baterai hp Anda ketika keadaan hidup menyebabkan sistem yang bekerja dalam smartphone Anda kembali lagi seperti sebelumnya dan sistem tidak bekerja secara terforsir. Bootloop ringan yang terjadi dikarenakan smartphone Anda gunakan untuk bermain game dan menggunakan aplikasi dalam waktu yang lama.

  • Update software

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi smartphone yang sering mengalami bootloop adalah dengan melakukan update software. Lakukan peng-update an software sistem operasi Android Anda secara terus menerus sehingga sistem Android kembali fresh dan lebih nyaman digunakan.

  • Un-install beberapa aplikasi

Salah satu penyebab dari matinya smartphone adalah karena banyaknya aplikasi yang digunakan dengan kapasitas RAM yang cukup besar. maka untuk mengatasi agar smartphone tidak sering mengalami bootloop Anda dapat menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang menurut Anda menjadi penyebab hp sering panas dan mengalami bootloop. Aplikasi yang terdapat malware atau virus juga bisa menjadi faktor penyebab hp mengalami bootloop. Jadi jangan segan untuk meng-uninstall aplikasi yang dirasa membawa malware atau virus.

Untuk mengatasi Android Anda mati secara tiba-tiba, Anda dapat memilih beberapa tips dan cara di atas. Namun yang paling penting untuk mencegah android mengalami bootloop atau mati secara tiba-tiba adalah menjaga dan menggunakan smartphone Anda sesuai dengan kapasitas yang ada sehingga sistem operasi (software) tidak bekerja secara berlebihan. Semoga Bermanfaat.

Image Source: Youtube