Cara Membuat Anak Pintar
Image Source: Gawker

Baruterus.com –  “Sekolah tidak menentukan kesuksesan” kalimat berikut mungkin telah anda dengar dan mungkin anda salah satu dari sekian banyak orang yang menganggukkan kepala. Memang, sekolah, ijazah tidak menentukan anda jadi ‘orang berada’ atau hanya segelintir manusia, tapi pendidikan mampu membuka peluang untuk anda agar menjadi orang sukses. Dengan cara membuat anak pintar bisa mempermudah mendapatkan status pendidikan yang mana akan dirinya gunakan untuk meyakinkan orang lain akan kemampuannya. Singkat kata, di mata orang yang anda tidak kenal maka jalur berpikirnya menjadi bila seseorang tidak mampu menyelesaikan pendidikan tanpa alasan yang jelas bagaimana ia mampu menyelesaikan masalah dalam hidupnya kelak? Faktor kondisi finansial atau lumpuh total termasuk pengecualian.

Mencontek bukan jalan yang tepat pula. Sekolah sejatinya melatih anak agar mampu menata waktu, mengasah otak dalam memahami sesuatu, dan belajar berusaha. Jalan mencontek memang sepertinya bikin masa sekolah terlihat mulus, sayang benar atau salah dalam hidup tidak ditentukan lewat secarik kertas catatan yang diambil dari buku. Cara membuat anak pintar akademis yang akan dibahas disini melalui jalan jujur nan lurus agar anak belajar betul bagaimana menjalani hidup ini kedepannya. Peran orang tua terlebih pada masa kecil anak akan sangat diperlukan. Wajar saja, kebergantungan anak terhadap orang tua di usia dini masih sangat tinggi. Anda diperbolehkan membantu dengan cara yang tepat yang tidak membuat anak terpaksa mengambil keputusan keliru. Seperti apakah?

Pertama anda harus tekankan di pikiran bahwa tidak ada anak yang bodoh. Hanya karena anak anda punya nilai lebih jelek atau memakan waktu untuk memahami sesuatu bukan berarti anak anda dungu. IQ tinggi hanya memudahkan seseorang untuk menyerap pelajaran lebih cepat dibanding mereka dengan IQ rendah, tapi lulus ujian tidak ditentukan dari tingkat IQ melainkan disiplin. Anak boleh saja memiliki IQ rendah, namun dengan tekun dan rajin kesempatan lulus ujian sama besarnya dengan anak IQ tinggi yang suka menyepelekan dan memilih bermain setiap waktu. Sebagai orang tua, coba disiplinkan diri anda sendiri sebelum mendisiplinkan anak. Buat jadwal jam berapa anak bermain dan kapan anak harus mulai belajar, harap diingat anda harus menemani anak pada setiap proses. Kalau anak anda masih kecil sehingga anda masih paham dengan topik belajarnya, usahakan mengajar anak anda sendiri dan bukan bergantung pada guru les. Selama kurang lebih 8 jam anak anda mendengarkan guru, seseorang yang hanya dia kenal di sekolah, anak anda tentu lebih memilih orang tua yang telah mendampinginya dari bayi.

Bermain tetap bagian terpenting dari masa kanak – kanak. Kesalahan terbesar yang sering terjadi adalah orang tua menganggap waktu bermain hanya buang – buang waktu saja. Padahal, jika anda tahu, permainan malah salah satu bagian cara membuat anak cerdas di sekolah. Permainan yang dimadsud disini bukan PS (play station), Handphone, atau komputer lho, ya, tapi permainan sekaligus berolah raga. Sebagai contoh, permainan kejar – kejaran, basket, bulu tangkis, atau lompat tali malah alternatif yang sangat bagus untuk anak. Anda harusnya merasa bersyukur bila anak aktif bergerak tanpa diminta. Pasalnya, dengan banyak bergerak, otak justru lebih mudah menangkap serta mengingat suatu informasi sampai 20%! Penelitian di German pada tahun 2007 mengenai perilaku manusia menemukan korelasi tingkat efektifitas pembelajaran dengan berolah raga. Kala penelitian melibatkan separuh relawan berolah raga aktif selama 3 bulan, dan sisanya diminta bermalas – malasan, pada akhir hari setiap relawan akan di scan otak, Hasilnya cukup mengejutkan dimana bagian otak untuk memori cenderung lebih kuat hingg 30% pada relawan yang berolah raga dibanding dengan relawan yang hanya diam saja. Mau melihat olahraga anak-anak selebritas? Simak ini.

Kalau olah raga bukan hobi yang dipilih anak, anda tenang saja, masih ada alternatif cara membuat anak pintar yakni musik. Dunia alunan nada memang telah banyak menghasilkan pundi – pundi uang serta menerbitkan nama dalam torehan sejarah seperti Bethoven, Michael Jackson, dan banyak lagi. Bahkan di era sekarang, anda tidak lepas dari musik, radio, iklan, sampai dering nada hand phone anda semuanya memakai musik. Berita baiknya, musik mampu membantu perkembangan otak. Belajar mengenai musik akan sangat membantu anak meningkatkan performa pembelajaran. Pilihlah alat musik yang sedikit sulit dan membutuhkan koordinasi baik seperti piano, gitar, dan harpa dimana jari – jari bergerak secara teratur. Banyak penelitian membuktikan bahwa anak dengan kegemaran bermain alat musik cenderung memiliki IQ lebih tinggi dibanding anak yang hanya aktif mendengarkan saja. Terlebih lagi, musik dan olah raga tidak hanya berlaku pada masa kanak – kanak saja, bahkan orang dewasa pun bisa merasakan manfaat yang dibawa keduanya bagi otak.
Beban sekolah era sekarang memang jauh lebih berat dibanding era 90’an. Majunya teknologi menuntut para pencari kerja dengan lulusan yang baik. Tak heran, sekolah dan pemerintah makin memajukan kesulitan pendidikan di tanah air Indonesia. Anak anda bisa jadi membawa begitu banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan dalam kurun waktu singkat. Sebagai orang tua, yang harus anda lakukan adalah membantu anak anda tetap bisa organisir namun tetap mempertahankan jam serta kualitas tidur. Tahukah anda kekurangan tidur menurunkan kinerja otak? Pada beberapa penelitian menunjukkan anak yang kekurangan tidur cenderung mengalami penurunan performa. Cara membuat anak pintar bahkan dimulai dari hal sederhana seperti tidur cukup.