bubur mpasi

Baruterus.com – Setelah 6 bulan si kecil hanya mendapatkan ASI, akhirnya Anda dapat memberikan bubur bayi sehat bagi si kecil. Perubahan ini dilakukan demi pengenalan makanan padat untuk buah hati Anda. ASI memang merupakan jenis makanan yang sangat bernutrisi bagi si kecil di bawah 6 bulan. Namun setelah 6 bulan, anak Anda membutuhkan bubur MPASI atau makanan pendamping ASI. Maka bubur bayi sehat harus menjadi menu makanan anak Anda.

Harus diingat pemberian makanan padat bagi bayi Anda harus dimulai di waktu yang tepat. Pengenalan makanan padat yang dianjurkan ialah dimulai pada saat bayi berumur 6 bulan. Pengenalan makanan padat terlalu dini dapat menimbulkan gangguan pada pergerakan usus bayi dan meningkatkan risiko kegemukan di kemudian hari. Pengenalan makanan padat pun tidak boleh terlambat karena dapat membuat kebiasaan makan yang buruk.

Resep Bubur MPASI Yang Bisa Dibuat Dirumah

Periode pengenalan makanan padat bagi si kecil merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh orangtua. Orangtua akan antusias ingin mengenalkan makanan lain kepada anaknya selain ASI. Namun tidak jarang juga yang merasa takut dan khawatir anaknya tidak mau mencoba makanan padat. Dan banyak pula yang khawatir bagaimana dan menu apa saja dari bubur bayi sehat yang dapat disajikan.  Pada usia ini, makanan padat yang diberikan bukanlah makanan orang dewasa. Tidak sepadat itu, namun tidak juga secair ASI. Mulailah memberi bubur bayi sehat yang paling encer terlebih dahulu misalnya bubur susu. Setelah anak bisa menerima bubur susu, cobalah berikan sari buah. Berikut ini resep bubur yang bisa diberikan untuk anak Anda ;

  • Resep Bubur Susu

Bahan yang dibutuhkan yaitu  3 sdm tepung beras dan 200 ml susu boleh ASI atau susu formula. Cara membuatnya adalah campurkan tepung beras dengan susu, aduk rata. Setelah rata, panaskan larutan tersebut di api kecil sambil tetap diaduk. Tunggu hingga matang dan sampai meletup. Angkat, tiriskan, lalu sajikan dalam mangkok dan berikan pada anak.

  • Resep Bubur Marie Buah

Bahan yang dibutuhkan yaitu  4 buah biskuit marie, 100 ml susu, 75 gram pisang ambon yang matang. Cara membuatnya adalah aluskan biskuit marie dengan susu atau  ASI ditambah air. Keruk daging pisang Ambon. Campur larutan marie dengan pisang ambon. Aduk rata dan sajikan.

  • Resep Bubur Buah

Bahan yang dibutuhkan yaitu  1 sdm tepung beras merah, 10 ml air matang, 100 ml susu dan 50 gram buah matang (boleh pisang, jeruk, pear, apel, pepaya, dan alpukat. Cara membuatnya adalah campurkan tepung beras merah ke dalam 10 ml air matang, aduk rata. Panaskan larutan tersebut di api yang kecil hingga matang. Aduk sambil dipanaskan supaya tidak menggumpal. Masukkan buah, biarkan masak sejenak. Angkat, lalu tiriskan bubur dengan cara diaduk sampai asap hilang. Setelah suhunya hangat, tuangkan ASI atau larutan susu formula. Aduk rata. Masukkan dalam mangkuk bayi dan bubur buah siap disajikan.

 

Menu makanan Yang Sehat Selain Bubur MPASI

Berikut ini beberapa menu makan yang baik untuk si kecil ;

  • Resep Puree Sayur

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 genggam buncis yang telah dipotong ujungnya dan dicuci hingga bersih, ASI atau susu formula. Cara membuatnya adalah Potong buncis. Kukus buncis hingga matang. Haluskan buncis menggunakan blender Ambil hasil blender buncis, saring dengan kawat agar didapatkan sari yang lebih halus. Tambahkan ASI atau susu formula ke sari buncis tersebut. Puree sayur dapat disajikan.

  • Resep Nasi Tim Saring Campur

Bahan yang dibutuhkan yaitu  20 gr beras, 625 ml air matang, 25 gr daging giling, 25 gr brokoli yang dibuang tangkainya, 25 gr tomat yang dipotong kecil, 10 gr keju parut dan 1 butir kuning telur. Cara membuatnya adalah ebus beras, air dan daging giling hingga menjadi bubur. Masukkan brokoli dan tomat lalu tunggu hingga matang. Masukkan kuning telur dan keju parut sambil tetap mengaduk larutan. Setelah matang, dinginkan dan haluskan bubur dengan blender atau saringan kawat.

  • Resep Nasi Tim Saring Ayam

Bahan yang dibutuhkan yaitu  20 gr beras, 625 ml air matang, 25 gr daging ayam giling, 25 gr tempe, 25 gr wortel, 25 gr tomat yang dipotong kecil dan 1 sdt mentega. Cara membuatnya adalah ebus beras, air, tempet dan daging ayam giling sampai menjadi bubur. Masukkan wortel dan tomat, aduk hingga matang. Masukkan juga mentega sambil diaduk. Setelah dingin, haluskan bubur dengan cara di blender atau di saring dengan saringan kawat.

  • Resep Nasi Tim Saring Ikan

Bahan yang dibutuhkan yaitu  20 gr beras, 625 cc air, 25 gr ikan bisa tenggiri, tuna atau salmon, 30 gr tempe, 50 gr labu siam, 50 gr tomat dipotong kecil dan 1 sdt mentega.

Cara membuatnya adalah rebus beras, air, ikan dan tempe sampai menjadi bubur. Masukkan labu siam dan tomat hingga matang. Masukkan mentega sambil bubur tetap diaduk. Setelah dingin, haluskan bubur dengan blender atau saringan kawat. Itulah beberapa macam  resep   bayi sehat yang dapat Anda coba buat untuk bayi Anda. Jangan segan memberikan bubur bayi sehat pada bayi agar kebiasaan makan yang baik dapat dipupuk sedari dini. Dengan membiasakan anak makan sayur, daging dan buah sedari anak berusia 6 bulan, kelak anak akan menyukai jenis makanan seperti ini di masa depan.

Penasaran dengan resep bubur bayi lainnya? Anda bisa mengunjungi Tabloid Kuliner untuk mendapatkan lebih banyak lagi resep masakan MPASI.

Bila Anda sedang bepergian, bubur Nestle Cerelac sangat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan bayi Anda. Nestle Cerelac menawarkan varian rasa sehingga bayi tidak gampang bosan seperti bubur susu beras putih, bubur susu pisang, bubur susu serelia Oats dan Prunes, dan masih banyak lagi. Anda cukup menyiapkan air hangat sehingga makanan bisa langsung disajikan.