gizi untuk ibu hamil
Source: VKool

Baruterus.com – Pada masa kehamilan yang namanya lapar itu sudah pasti tidak tertahankan, namanya juga sedang mengandung, kalau makan tidak untuk diri sendiri. Tidak bisa dicegah pula, karena asupan gizi ibu hamil menjadi salah satu faktor penting untuk memastikan janin tumbuh dengan baik. Berbagai suplemen di pasaran juga sudah beredar kencang demi mempermudah bunda memenuhi tuntutan asupan gizi. Tapi terkadang, bunda mulai ngidam makanan – makanan yang bisa memanjakan lidah. Terang saja, kehamilan sendiri sudah cukup berat dengan adanya gerbakan hormon yang memunculkan rasa ngidam dari aneh sampai wajar. Padahal, sebenarnya ada juga jalan enak, alami nan mudah guna memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Ingin tahu lebih lanjut ? mari simak daftar berikut :

Jambu klutuk klutuk

Buah bulat berwarna hijau, bila dibelah berwarna merah atau putih ini memang banyak ditemui di negara tropis seperti Indonesia. Bahkan, beberapa perempuan hamil mengaku ketagihan makan jambu klutuk pada saat hamil, tanpa alasan tentunya. Wajar saja tektur jambu klutuk yang renyah di luar serta lembut di dalam memang menggoda, banyak makanan populer memiliki tektur yang sama (renyah di lapisan luar tapi lembut di dalam). Ternyata insting perempuan memang tidak dapat diremehkan. Kendati tak paham kenapa bunda menyukai buah jambu klutuk, sebetulnya jambu klutuk sendiri menawarkan banyak manfaat yang berguna saat kehamilan.

Daftar gizi ibu hamil dari Jambu klutuk termasuk vitamin C, E, Iso flavonoids, carotenoid, dan polephynols. Bagi pembaca yang tidak tahu apa saja fungsi kandungan tersebut, pada dasarnya jambu klutuk bisa meningkatkan ketahan sistem imun sehingga bunda lebih tahan ‘banting’ melawan penyakit. Bahkan, jika perempuan hamil memiliki riwayat darah tinggi atau rendah, jambu klutuk bisa membantu menstabilkan tekanan darah selama kehamilan. Manfaat jambu klutuk bagi ibu mengandung tentu sudah jelas sekarang tapi jambu klutuk tidak hanya berhenti di situ. Janin berusia di atas 1 bulan sebenarnya sudah mulai terbentuk hanya sedang berusaha berkembang sehingga seluruh anggota tubuh makin kuat dan sempurna. Jambu klutuk sebenarnya sangat membantu janin mengembangkan saraf – saraf pusat dalam tubuh sehingga lebih bekerja dengan baik nantinya.

Apel

“Satu apel setiap hari menjauhkan dokter”. Mungkin slogan satu ini seolah tidak asing lagi. Mengingat harga apel yang tidak terlalu mahal, dan bisa ditanam di banyak tempat membuat apel menjadi salah satu buah yang paling gampang diperoleh. Cara makan apel sangat beragam, mulai dari makan mentah, dipotong kecil – kecil, atau bahkan dibentuk saus dengan cara direbus. Apel memang pantas menyandang buah segala lapis masyarakat Indonesia, kalau datang ke toko buah baik di supermarket atau pinggir jalan, apel selalu terpajang. Faktanya, memang apel sendiri mengandung banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh ibu bahkan janin sendiri.

Pertama tama, alasan apel disebut sebagai buah yang menyehatkan ada pada kandungan vitamin A, E, D, dan zat besi yang melimpah dalam satu apel. Nyaris sama dengan jambu klutuk merah, apel ternyata tidak hanya menguatkan daya tahan tubuh bunda namun juga janin. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, calon anak tidak gampang sakit sehingga kemungkinan biaya kesehatan bisa menurun tentu akan lebih membahagiakan. Bicara mengenai masa depan, apel ternyata menambahkan pelindung pada anak saat menghadapi berbagai penyakit umum yang cukup menjengkelkan seperti asma, paru – paru terhimpit, dan alergi kulit. Tentu saja manfaat pada anak hanya bisa diperoleh ketika bunda terbiasa makan apel saat mengandung.

Mangga

Terlepas apa kata ilmu pengetahuan, sebetulnya ada lebih dari 2 musim di Indonesia. Musim durian, musim panen, sampai musim mangga. Berbicara mengenai musim mangga, sepertinya enak sekali, ya, makan mangga di cuaca yang panas terik. Dibikin es, dimakan mentah, sampai dijadikan sambal sepertinya semua oke. Nah, ternyata kalau bunda sering ngidam mangga seharusnya bunda merasa beruntung. Bagaimana tidak, di balik layar mangga justru sangat membantu bunda selama masa mengandung. Vitamin C melimpah pada mangga meringankan perasaan mual dan muntah pada ibu, selain itu juga melancarkan pencernaan selam masa mengandung ! Memang belum ada manfaat mangga yang ditemukan pada perkembangan janin sejauh ini, tapi meringankan rasa tidak nyaman pada ibu tentu bukan hal yang buruk, bukan ? Bunda tinggal memilih mangga seperti apa yang diinginkan. Mengingat Indonesia memiliki iklim yang cukup tropis hingga beraneka mangga bermunculan di tanah air. Tapi, bukan berarti bunda makan rujak atau mangga dalam kadar terlalu asam karena belum tentu janin bisa menerima.

Anggur

Lukisan jaman dulu seolah menggambarkan anggur sebagai buah pada bangsawan. Cleopatra, fir’aun, dan raja – raja yunani sepertinya sudah identik makan buah anggur. Seiring perkembangan jaman, anggur tidak lagi terbatas untuk beberapa kalangan saja, namun asal ada uang pasti bisa makan buah anggur. Bagi bunda yang dari sananya gemar makan anggur, berarti beberapa beban mengandung sudah terkuras oleh anggur. Nutrisi anggur sangatlah kaya tidak hanya enzim saja. glucose, fructose, pholbaphene, galic acid, silicic acid, oxalic acid, pectin, magnesium, calcium, iron, folic acid and vitamins B1, B2, B6, B12, A, C, P, PP, K adalah sederetan manfaat yang terkandung. Pendek kata, gizi ibu hamil seolah terpenuhi hanya dengan memakan beberapa butir buah anggur saja.

Selain buah, susu ibu hamil juga bisa membantu memperlengkapi gizi yang dibutuhkan. Anda bisa mencoba susu dari Nestle yaitu Mom and me.