bisnis rumahanSource: Google

Untuk para ibu sekarang ada berbagai bisnis rumahan yang bisa menambah penghasilan untuk mengimbangi meningkatnya biaya hidup sehari-hari dan keadaan ekonomi yang lesu menuntut banyak orang yang mengalaminya harus mencari peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan. Mencari pekerjaan mungkin akan lebih susah sebab belum tentu ada banyak lowongan pekerjaan. Sehingga, satu-satunya solusi yang bisa diandalkan dalam keadaan seperti ini adalah membangun bisnis rumahan sendiri. Ada bnayak aneka bisnis dalam skala rumahan yang bisa dikerjakan untuk menambah penghasilan. Apa sajakah itu? Rangkuman contoh bisnisnya dapat anda simak pada uraian di bawah ini!

Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa dicoba bagi anda yang butuh menghasilkan penghasilan tambahan untuk biaya hidup sehari-hari. Aneka bisnis yang dapat dicoba adalah sebagai berikut;

  • Bisnis kuliner: layanan jasa catering masakan rumah

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan bila dapat ditanggani dengan serius. sebab, meskipun sederhana namun layanan jasa catering tidak pernah kekurangan peminat bagi yang membutuhkannya. Bila anda memiliki kemampuan memasak yang mumpuni, anda dapat membangun bisnis ini. Anda dapat menyediakan variasi masakan yang cukup beragam untuk ditawarkan kepada orang-orang yang membutuhkan layanan catering. Bila segala proses penggerjaannya dilakukan di rumah sendiri, maka anda hanya perlu menyediakan modal untuk biaya produksi yang digunakan untuk membeli bahan baku dan kemasan. Untuk memulai usahanya bisa anda coba dengan menawarkan produk anda ke komunitas terdekat sebagai uji coba. Bila nantinya anda sudah mengetahui selera pasar, maka anda dapat mencoba untuk melebarkan layanan catering yang anda jalankan.

  • Bisnis kuliner: membuat makanan dan minuman olahan ringan

Makanan dan minuman olahan ringan, maupun camilan, kue, keripik, pudding, es krim, cake, dan olahan lainnya bisa dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Sebab, pasti akan selalu ada peminatnya. Untuk memulai bisnisnya hanya memerlukan peralatan yang sekiranya dibutuhkan untuk proses produksi makanan atau minuman yang akan dijadikan produk usaha serta modal bahan baku yang dibutuhkan. Selanjutnya, dapat dikalkulasikan berapa harga jualnya dan ongkos kirim yang akan ditawarkan kepada para pelanggan. Kunci suksesnya bila memilih bisnis ini sebagai cara untuk menambah penghasilan, yaitu rasa makanan dan minuman yang dibuat harus enak, memiliki kemasan yang menarik, dan harga yang kompetitif. Maka, sebelum memulainya sebaiknya pikirkan dahulu apa produk jualan yang akan diandalkan lalu merencanakan promosinya.

  • Bisnis fashion: membuka layanan jasa menjahit

Bila anda memiliki kemampuan dalam menjahit pakaian, anda bisa membuka layanan jasa sebagai penjahit. Ini juga merupakan bisnis skala rumahan yang menjanjikan sebab pastinya selalu ada kebutuhan akan sandang dari masyarakat. Modal yang perlu disiapkan adalah alat-alat untuk menjahit seperti mesin jahit, benang, jarum, meteran, dan lain sebagainya. Untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan sukses, tentunya anda harus selalu mengikuti perkembangan fashion terkini baik itu dalam teknik menjahit dan mengetahui model pakaian yang bagaimana yang banyak digemari oleh masyarakat supaya nantinya anda bisa memenuhi permintaan model yang diinginkan oleh pelanggan.

Itulah contoh beberapa contoh bisnis rumahan yang bisa dicoba dalam menghasilkan penghasilan tambahan, masih banyak lagi usaha rumahan lainnya, seperti bisnis online affiliate marketingdropshipping  dan lain sebagainya. Aneka bisnis tersebut selain modalnya kecil juga bisa untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di lingkungan anda. Memulainya bisnis kecil-kecilan seperti yang disebutkan diatas juga bisa merupakan tahap awal yang menguntungkan bagi anda untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Sudah banyak bukti kalau “ibu-ibu jaman now” sukses di bisnis online, salah satu di antaranya  bisa dilihat di video di bawah ini: