Baruterus.com – Bunda, sudah tahu belum manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Ada banyak sekali mitos yang menyertai masa-masa kehamilan ya. memang, masa kehamilan penuh dengan lika-liku, bagi sebagian orang. Namun, bagi sebagiannya lagi, masa kehamilan dapat dilewati dengan mulus tanpa masalah yang berarti. Namun demikian, setiap kehamilan sudah pasti membawa kebahagiaan tersendiri, khususnya untuk ayah dan bunda. Betul begitu bukan?

Salah satu hal yang banyak diperbincangkan seputar kehamilan adalah mitos dan faktanya. Ada yang bilang, bahwa mengkonsumsi air kelapa selama masa kehamilan, khususnya di hamil tua dapat membuat kulit bayi menjadi putih dan bersih. Sebaliknya, apabila diminum saat hamil muda, dapat mengakibatkan keguguran. Lho, yang betul bagaimana ya?

Tak Hanya Menyegarkan, Air Kelapa Juga Menyehatkan

Siapa yang mampu menolak sensasi segar dari air kelapa muda? Sepertinya tak ada ya. minuman ini selayaknya masuk dalam salah satu daftar menu utama yang layak disantap pada cuaca panas. Apalagi, saat bunda sedang mengandung calon buah hati tercinta. Masa kehamilan seringkali diwarnai dengan berbagai ‘drama’. Mulai dari mual dan muntah di awal masa kehamilan. Belum lagi dengan perubahan mood bak rollercoaster, akibat dari perubahan hormon. Nah, perubahan hormon ini juga seringkali membuat ibu hamil ingin makan atau minum yang segar-segar. Salah satunya adalah air kelapa muda.

Tak ada masalah kok, bunda. Bahkan, ada banyak sekali manfaat yang dapat bunda peroleh. Setidaknya, pada masa kehamilan, bunda memang disarankan untuk makan dan minum yang memberikan manfaat untuk tubuh bunda dan janin. Salah satunya adalah dengan meminum segelas air kelapa muda.

Setidaknya, dalam segelas air kelapa muda, ada sekitar 3 gram serat, 46 kalori, elektrilit dan kalium yang tinggi. ini sangat pas untuk mengisi kebutuhan cairan tubuh pada ibu hamil. Terutama, apabila bunda masuk dalam daftar ibu hamil aktif penuh kegiatan. Selain itu, tak hanya airnya. Daging kelapa muda juga baik lho, untuk mengisi kebutuhan karbohidrat harian bunda. Meskipun daging kelapa muda lebih tipis timbang daging kelapa tua, namun rasanya yang seperti jelly dan sensasi gurihnya itu, cukup membuat bunda merasa kenyang kok. Dan yang pasti, lebih sehat karena nutrisinya yang alami sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan kalori.

Beberapa kandungan air kelapa muda yang bermanfaat untuk tubuh adalah vitamin C, vitamin B dan anti oksidan. Ketiga nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bunda selama masa kehamilan ya. selain itu, kandungan mineral yang ada pada air kelapa dapat mencegah pusing dan kelelahan. Terutama yang disebabkan oleh otot yang kejang dan kram. Nah, ini nih yang biasa terjadi pada ibu hamil, menjelang trimester akhir. Kram otot biasa terjadi pada seputar betis. Sedangkan otot yang tegang seringkali datang pada sekitar pinggul, punggung, leher dan kepala. Jika sudah datang, aduh, sensasinya luar biasa, iya kan Bunda?

Masa kehamilan sangat rentan dengan Infeksi saluran Kemih. Nah, untuk mencegahnya, bunda dapat secara rutin mengkonsumsi air  kelapa muda kok. Tiga ka;li dalam seminggu, sangat cukup untuk menjaga stamina dan kesehatan bunda. Karena, air kelapa muda memiliki siffat diuretik, yaitu memperlancar proses pengeluaran urin. Ini adalah cara lain tubuh untuk membersihkan kandung kemih. Memang sih, nantinya bunda akan lebih sering berkemih atau ‘pipis’. Tapi, ini wajar kok bunda. Apalagi apabila usia kehamilan sudah semakin besar, dan memasuki trimester akhir.

Kandungan air kelapa untuk ibu hamil lainnya adalah asam laurat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus. Nah,saat hamil, bunda pantang sakit! Setidaknya, meminimalisir infeksi selama masa kehamilan itu sangat baik bukan hanya untuk bunda saja, namun juga untuk janin. Kandungan asam laurat dalam air kelapa mampu mencegah terjadinya infeksi selama masa kehamilan. Baik itu, infeksi bakteri, maupun virus. Jadi, Bunda bisa tetap sehat selama hamil.

Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan Yang Bikin Gemas

Ada beberapa mitos ibu hamil yang terkadang tak masuk akal. Namun begitu, ada baiknya bunda mencari tau dan lebih banyak menggali informasi agar tak salah tafsir. Karena, terkadang mitos tersebut masih berkaitan dengan fakta yang ada. Seperti, mengkonsumsi nanas muda dan durian bahaya untuk kehamilan. Sebenarnya, tak ada yang salah dengan buah nanas dan durian ya. hanya saja, nanas muda memiliki kandungan bromealin yang dalam jumlah besar dapat memecah protein didalam tubuh, namun, dalam sebuah nanas, kandungan bromealinnya tak mampu sampai mengakibatkan keguguran kok. Namun, apabila mengkonsumsi nanas dalam julah besar, dapat memberikan resiko diare. Karena kandungan bromealine yang terdapat pada nanas dapat berfungsi sebagai obat pencahar, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, asam dari buah nanas muda dapat meningkatkan asam lambung. Ini sangat bahaya bagi ibu hamil. Dikhawatirkan, kenaikan asam lambung tersebut memicu gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan diare. Jika begitu, kan proses penyerapan nutrisi menjadi terhambat.

Bolehkan makan durian selama hamil? Jawabannya adalah Boleh. Durian mengandung asam afrachidonat dan alkohol yang memang dapat berbahaya bagi tubuh, tak hanya ibu hamil saja. Namun, bila di konsumsi secara berlebihan. Bunda masih boleh mengkonsumsi durian, dalam jumlah kecil. sebaiknya hindari konsumsi durian pada trimester akhir. Karena dapat memicu kenaikan tekanan darah. Setidaknya, konsumsi 100 gram durian, masih aman untuk Bunda.

Minum air kelapa untuk ibu hamil, bikin bayi jadi putih dan bersih. Nah, yang ini mitos ya Bunda. Warna kulit bayi tidak dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi selama kehamilan. Melainkan faktor genetis. Seperti hal nya, tebalnya rambut, hidung yang mancung dan lain sebagainya. Jadi, jika merasa ragu, segera konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan.