kertas-junk-food

Baruterus.com–Enak ya lihat junk food? Bukan hanya enak dilihat, namun enak juga ketika dimakan. Junk food merupakan salah satu jenis makanan favorit masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang tidak baik untuk kesehatan pada makanan junk food? Ya, kertas yang digunakan pada makanan junk food. Kertas junk food ini memang berfungsi untuk membungkus makanan junk food tapi perlu diketahui bahwa ternyata ada dampak buruk dari kertas junk food yang biasa kita gunakan. Nah, pada artikel kali ini kami mengulas sedikit mengenai bahaya kertas junk food bagi kesehatan tubuh manusia.

Informasi mengenai bahayanya kertas junk food ini seharusnya diketahui oleh semua kalangan terutama para penikmat junk food. Kertas junk food ini banyak sekali kita temui di kedai makanan cepat saji seperti burger, nasi dan makanan lainnya. Mungkin banyak dari kita yang belum dan bahkan tidak menyangka bahwa kertas yang digunakan sebagai pembungkus makanan-makanan siap saji memiliki kandungan yang berbahaya. Maka dari itulah informasi yang kami berikan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda terutama para penikmat junk food.

Kabar atau info tentang bahayanya kertas junk food ini berasal dari pendapat peneliti kesehatan yaitu Environmental Science & Technology Letters (ACS Publications) dimana mereka menyebutkan bahwa positif terdapat zat kimia berbahaya yang terdapat dalam kertas junk food. Penelitian tersebut dilakukan di Amerika Serikat dan meneliti kertas junk food yang diperoleh dari rumah makan cepat saji yang terdapat disana. Zat kimia yang terdapat dalam kertas junk food ini dikhawatirkan akan membawa dampak buruk bagi kesehatan seperti gangguan reproduksi, pencernaan, kanker dan gangguan kesehatan lain.

Memang gangguan kesehatan yang terjadi pada penikmat makanan cepat saji tak langsung dirasakan melainkan tentu jika ia mengkonsumsi secara terus menerus. Meskipun demikian, kita juga tak bisa menyepelekan hal ini, karena informasi tentang bahaya kertas junk food bukan hanya sekedar rumor yang tak jelas melainkan telah melalui tahap penelitian. Bahaya dan penyakit yang bisa diderita pun termasuk ke dalam penyakit yang serius dan berbahay. Jadi tentu tidak bisa dikesampingkan. Karena kita juga harus memperhatikan kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan dan efek jangka panjangnnya.

Digunakannya kertas junk food sebenarnya baik yaitu untuk menyerap minyak yang ada di dalam makanan cepat saji tersebut. namun jika di dalamnya mengandung zat tidak baik maka menjadi bahaya jika larut dalam makanan dan tertelan. Di Amerika Serikat melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah melarang adanya penggunaan zat berbahaya dalam kertas junk food dan juga untuk pelapis teflon dan panci yang digunakan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada dampak buruk yang terjadi dalam kesehatan tubuh para penikmat junk food karena AS termasuk negara dengan masyarakat yang hobi dengan makanan cepat saji.

Nah, bagi Anda yang sudah mengetahui informasi bahaya kertas junk food bagi kesehatan mulailah berfikir untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan lebih baik jika mengkonsumsi makanan-makanan buatan sendiri yang lebih bisa dijamin ksehatannya. Boleh saja mengkonsumsi makanan cepat saji namun jangan dijadikan sebagai hobi. Jaga kesehatan Anda sekarang dan jangka panjang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan teratur dalam menjaga pola makan.