anak usia 1 tahun
Source: pinterest

Baruterus.com – Menurut Evan G. Graber, Clinical Assistant Professor of Pediatrics di Alfred I. duPont Hospital for Children, pertumbuhan fisik anak usia 1 tahun mengacu pada peningkatan ukuran tubuh (panjang atau tinggi dan berat badan) dan ukuran organ. Pertumbuhan fisik ini, dari lahir sampai sekitar usia 1 atau 2 tahun pada anak cenderung berlangsung dengan cepat. Setelah itu, pertumbuhan fisiknya akan melambat.

Sedangkan pertumbuhan organ pada usia 1 tahun ini juga berbeda. Misalnya sistem reproduksi mengalami pertumbuhan singkat setelah kelahiran dan akan berubah saat usia pubertas, sebaliknya otak tumbuh hampir setiap tahun dari awal kehidupannya, termasuk pada tahun pertama ini. Ginjal juga sudah berfungsi secara normal pada tahun pertama kehidupannya ini.

Dari kelahiran hingga usia 2 tahun, dokter akan mencatat semua parameter pertumbuhan dalam grafik dengan menggunakan grafik pertumbuhan standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

  • Panjang atau tinggi

Secara umum, panjang bayi normal meningkat sekitar 30% pada usia 5 bulan dan lebih dari 50% pada usia 12 bulan atau usia 1 tahun. Bayi biasanya tumbuh sekitar 10 inci (25 sentimeter) selama tahun pertama dan akan terus bertambah seiring dengan bertambah usianya.

  • Berat badan

Bayi yang baru lahir biasanya kehilangan 5 sampai 8% berat badannya selama beberapa hari pertama kelahirannya. Mereka akan mendapatkan kembali bobot ini pada akhir dari 2 minggu pertama kelahirannya. Setelah periode itu, bayi yang baru lahir biasanya akan mendapatkan sekitar 1 ons per hari selama 2 bulan pertama, dan 1 pound per bulan setelah itu. Penambahan berat badan ini biasanya menghasilkan dua kali lipat berat badan pada usia 5 bulan dan tiga kali lipat pada usia 1 tahun.

  • Lingkar kepala

Pengukuran lingkar kepala adalah pengukuran di sekitar area kepala anak. Dokter akan meletakkan pita pengukur di atas alis dan telinga serta di sekitar bagian belakang kepala. Pengukuran ini penting karena ukuran kepala mencerminkan ukuran otak, dan pengukuran ini memungkinkan dokter mengetahui apakah otak anak tumbuh normal atau tidak. Lingkar kepala ini diukur secara rutin sampai anak berumur 3 tahun.

Saat lahir, ukuran otak adalah 25% dari ukuran otak orang dewasa, dan lingkar kepala sekitar 14 inci (sekitar 35 sentimeter). Saat anak menginjak usia 1 tahun maka ukuran otaknya menjadi 75% dari ukuran otak orang dewasa.

  • Pertumbuhan gigi

Munculnya gigi pada anak bervariasi waktunya. Gigi bagian bawah muncul pada usia 5 sampai sembilan bulan, gigi bagian atas biasanya mulai muncul 8 sampai 12 bulan. Rata-rata bayi memiliki 6 gigi pada usia 1 tahun.

Menurut cliffsnotes.com aspek penting yang menentukan kemajuan perkembangan fisik pada usia awal kehidupan bayi selain perubahan fisik dan otak, juga perkembangan gerakan dan keterampilan motoriknya. Karena perkembangan motorik ini mengikuti pola perkembangan cephalocaudal (tubuh bagian atas) dan proximodistal (tubuh bagian bawah), sehingga keterampilan motorik terlebih dahulu dimulai dari tubuh bagian atas dan kemudian pada bagian bawah tubuh. Misalnya, kemampuan menelan pasti dimiliki sebelum anak bisa berjalan, dan gerakan lengan pasti disempurnakan sebelum gerakan tangan.

Berikut perkembangan pergerakan dan kemampuan motori pada anak usia 1 tahun:

  • Menurut Centers for Disease Control and Prevention(CDC)
  • Duduk tanpa bantuan orang lain
  • Dapat berjalan dengan berpegangan pada perabotan
  • Mungkin sudah bisa melangkah tanpa dibantu atau berpegangan dan akhirnya terduduk kembali
  • Mungkin sudah bisa berdiri sendiri
  • Menurut kidshealth.org
  • Membenturkan secara bersama-sama kubusa tau balok yang ada di kedua tangannya
  • Bisa mengambil benda dengan jempol dan telunjuknya

Saat makan, ia bisa sudah bisa menggunakan tangan untuk membawa potongan kecil makanan ke mulutnya