perkembangan bayi 5 bulan
Source: Babycenter.com

Baruterus.com – Perkembangan bayi 5 bulan pasti membuat Anda kagum. Buah hati Anda yang berusia 5 bulan kini semakin menunjukkan tumbuh kembang yang pesat dan semakin menunjukkan kepintarannya. Misalnya saja, saat si kecil mendengarkan suara tertentu maka ia akan menoleh atau mendongak ke arah sumber suara. Selain perkembangan itu, kira-kira perkembangan apa sajakah yang bisa ditunjukkan oleh buah hati Anda pada usia 5 bulan ini? Mari kita simak ulasan berikut.

Mengekspresikan Emosi

Eskpresi emosi yang ditunjukkan oleh si kecil tentunya berbeda dengan ekspresi emosi yang biasa Anda tunjukkan, ekspresi buah hati Anda tentunya masih sederhana. Ekspresi seperti marah, bosan, atau bahagia yang ditunjukkan oleh si kecil yang berusia 5 bulan mungkin sudah bisa ia lakukan dengan jelas. Namun, ekspresinya saat menunjukkan kasih sayang atau cinta dan humor baru saja berkembang.

Buah hati Anda sudah dapat menunjukkan keterikatan yang kuat dengan Anda. Hal ini terbukti jika ia akan mengangkat kedua tangannya bila meminta untuk digendong dan menangis bila Anda meninggalkannya tau keinginannya tidak dipenuhi. Si kecil pada usia 5 bulan ini juga sudah bisa memberikan pelukan dan ciuman. Pada usia 5 bulan ini juga, si kecil sudah bisa untuk menertawakan ungkapan lucu atau gerakan konyol Anda.

Menahan Botol Susunya Sendiri

Menahan botol susu sendiri merupakan salah satu perkembangan motorik bayi 5 bulan. Anda dapat membiarkannya, bila hal itu terjadi pada bayi Anda. Namun jangan sekali-kali meninggalkannya! Karena bila dibiarkan tanpa pengawasan maka bayi Anda mungkin saja akan terlalu banyak meminum susu atau tersedak.

Duduk Sendiri

Perkembangan motorik bayi 5 bulan lain, perkembangan motorik kasar, yang dapat ditunjukkannya adalah si kecil sudah dapat duduk sendiri. Si kecil sekarang sudah bisa duduk dari berbaring dengan mendorong perutnya menggunakan kedua lengannya hingga bisa duduk. Jika si kecil sudah mulai menguasai keterampilan duduk sendiri seperti itu, maka jangan pernah meninggalkannya. Dampingi si kecil agar ia merasa mendapatkan dukungan.

Takut Dengan Orang Asing

Bayi Anda pada usia 5 bulan ini mungkin menunjukkan kecemasan dengan menangis saat ia berada di sekitar orang asing atau ada orang asing yang mengendongnya. Jika hal itu terjadi maka ambillah kembali si kecil dari tangan sahabat atau kerabat Anda! Tenangkannya dengan memeluknya dan beritahukan pada mereka untuk mendekati si kecil dengan lebih lembut.

Dengan membiasakan bayi bayi Anda untuk berada di sekitar orang asing, maka ia akan belajar untuk tidak takut dengan orang asing dan membiasakan untuk bisa berada di sekitar orang lain selain Anda dan pasangan Anda. Mungkin memang butuh kesabaran dan pengertian saat melalui tahap perkembangan ini.

Kecerdasannya Meningkat

Pada usia 5 bulan ini, bayi Anda sudah dapat melihat benda-benda yang sangat kecil dan dapat melacak benda bergerak. Pada tahap ini, dia mungkin bisa mengenali benda hanya dengan melihat sebagian saja. Misalnya seperti ia dapat melihat mainan favoritnya yang berada di balik sofa.

Si kecil pada usia 5 bulan ini juga sudah bisa mengikuti objek dari pandangannya dan mengambilnya. Misalnya saat Anda memegang mainannya, maka ia akan mengikuti kemana pun Anda pergi tapi saat Anda sudah memberikannya. Si kecil akan pergi meninggalkan Anda.

Bayi Anda sekarang sudah belajar untuk membedakan warna yang berbeda. Sekarang, ia sudah mulai dapat memilah warna. Membacakan buku yang dapat membedakan warna atau bermain dengan balok berwarna adalah cara yang bagus untuk belajar tentang warna sejaki dini.

Memegang Benda Kecil

Untuk melatih perkembangan motorik halus itu maka Anda dapat memberikannya mainan kecil atau mainan yang dapat dipegang dengan aman oleh si kecil, kemudian Anda bisa membantunya memindahkannya pada tangannya yang lain, begitu seterusnya. Hingga aktivitas mentransfer objek ini dapat membantunya untuk menyadari bahwa kedua tangannya untuk bersenang-senang.

Berkomunikasi

Keterampilannya berkomunikasi berkembang dengan cepat saat mencapai usia 5 bulan ini. Hal ini dibuktikan oleh jeritan, suara menggelegak, tangisan, gumanan. Pada perkembangan bayi 5 bulan ini, bayi Anda mungkin sudah dapat mengoceh, mengulangi satu suku kata atau kombinasi vokal konsonan. Beberapa bayi bahkan dapat menambahkan satu suku kata atau lebih, membuat suaranya lebih kompleks. Bila itu terjadi doronglah untuk ia terus mengoceh kembali. Bayi Anda akan menghargai dorongan Anda kepadanya, dengan terus mengobrol seolah Anda mengerti ucapannya.