makanan sehat ibu hamil
Source: carajadikaya

Baruterus.com – Saat Anda hamil bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan kuantitas banyak, tetapi Anda harus memperhatikan kualitas dari makan yang dikonsumsi. Makanan yang Anda konsumsi haruslah makanan sehat ibu hamil yang disesuaikan dengan perkembangan janin dan kebutuhan nutrisi. Terlebih saat awal kehamilan dimana terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan tidak semua makanan dapat diterima oleh ibu hamil. Pada saat itu, ibu hamil harus sangat memperhatikan konsumsi makanannya. Meskipun mual dan muntah, ibu hamil haruslah tetap memakan makanan sehat ibu hamil agar kebutuhan nutrisi untuk janin tetap terpenuhi.

Lantas bagaimana makanan yang sehat untuk ibu hamil?

Berikut adalah beberapa panduan makanan sehat ibu hamil yang dapat Anda terapkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Buah dan sayuran. Buah dan sayur haruslah menjadi bahan makanan pokok Anda terutama selama kehamilan, karena kandungan vitamin dan seratnya tinggi. Kandungan vitamin C dari  jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Anda harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayuran seperti bayam, selada, lobak, selada, kubis harus Anda konsumsi karena mengandung folat, zat besi, dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh janin Anda. Namun Anda juga harus memperhatikan kebersihkan sayur atau buah yang akan Anda konsumsi. Pastikan untuk mencuci bersih sayuran dan buah untuk menghindari dari Salmonella sp atau Escherichia coli. Anda harus mencuci bagian luar buah dan sayuran sebersih mungkin, bahkan jika Anda tidak akan memakan kulitnya.

Sereal. Pada awal kehamilan Anda pasti memiliki masalah saat akan mengkonsumsi makanan. Gangguan mual dan muntah pasti menghalangi Anda saat akan memakan sesuatu, bahkan gangguan ini juga bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan. Anda mungkin bisa meredakan mual dan ingin muntah ini dengan mengkonsumsi sereal. Sereal selain memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan selera Anda agar tidak menimbulkan mual dan muntah, juga mengandung mineral, vitamin B, karbohidrat, zat besi, kalsium yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi janin.

Ikan. Ikan merupakan makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak janin. Namun saat Anda mengkonsumsinya, harus berhati-hati. Pastikan ikan yang Anda konsumsi tidak mengandung merkuri karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang masih mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh. Pastikan juga ikan yang Anda makan dimasak dengan baik dan matang.

Telur. Telur merupakan sumber protein yang baik. Namun Anda harus memastikan bahwa telur yang Anda makan benar-benar dimasak dengan matang. Karena telur mentah bisa tercemar oleh salmonella, bakteri yang bisa menyebabkan demam, muntah, dan diare. Jika telur dimasak sama dengan baik. Madeleine Sigman-Grant, PhD, spesialis penyuluhan kesehatan dan gizi ibu dari Universitas Nevada menyatakan bahwa jika telur matang, risikonya akan hilang.

Susu. Kandungan protein, kalsium, dan mineral yang terdapat di dalam susu dapat membantu anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin.

Kacang-kacangan. Tambahkan pula menu makanan jenis kacang-kacangan dalam daftar menu Anda. Kacang-kacangan ini diperlukan dalam perkembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan juga diperlukan untuk kebutuhan energi dan kekebalan tubuh ibu hamil. Bahan makanan olahan dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga baik untuk menambah kebutuhan protein Anda.

Daging ayam atau sapi tanpa lemak. Daging-dagingan tanpa lemak baik untuk Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan protein untuk perkembangan janin. Namun yang Anda perlu ingat untuk memasak daging tersebut dengan benar-benar matang, untuk mencegah bakteri yang dapat menganggu kesehatan janin Anda.

Terakhir, selain makan makanan sehat ibu hamil dengan baik, penting juga untuk Anda minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Pastikan juga Anda mendapatkan vitamin prenatal dari dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda dan bayi Anda tetap sehat.