perkembangan bayi 8 bulan
Source: parents.com

Baruterus.com – Istilah kognitif berasal dari kata kognisi. Pengertian kognisi menurut KBBI adalah pengetahuan atau usaha mengenali sesuatu melalui pengalaman sendiri. Sedangkan menurut Dictionary of Psychology karya Chaplin kognisi adalah semua proses pengenal meliputi mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga, dan menilai.

Menurut Piaget anak akan membangun kognitifnya sendiri. Begitu pun dengan buah hati bunda yang juga menunjukkan perkembangan bayi 8 bulan dari sisi kognitif dengan caranya sendiri. (baca juga: cara merawat si kecil usia 8-11 bulan)

Buah hati bunda sekarang memiliki ketertarikan terhadap benda yang ada di sekitarnya. Hanya saja dia masih memiliki rentang perhatian yang pendek. Dia cenderung suka berpindah dari satu benda ke benda yang lain. Si kecil akan bertahan, dengan satu benda, selama dua sampai tiga menit, sebelum dia beralih.

Perkembangan lain yang ditunjukkan si kecil yaitu dia dapat belajar membedakan sesuatu yang familiar dan tidak. Misalnya semula dia bermain dengan mobil-mobilan kecil, lalu beberapa lama dia sudah meninggalkan benda itu. Dia mencari benda lainnya, bunda bisa memperbarui minatnya dengan mengikat tali pendek pada mainan itu dengan menarik-nariknya. Si kecil pasti tertarik lagi.

Bayi kesayangan bunda sekarang sudah menambah pengetahuan baru dengan mulai menyadari perubahan kecil yang terjadi di sekitarnya. Bila bunda meletakkan mainan baru yang belum pernah dia lihat, dia cenderung kebingungan atau malah ketakutan. Pada masa ini bunda harus lebih mengenalkan mainan itu dengan cara terus memperlihatkan padanya secara bertahap.

Setiap tindakan yang dilakukan oleh bayi bunda pada usia 8 bulan ini, sudah memiliki satu tujuan. Namun, masih terfokus pada satu objek dan dia lakukan secara sembrono. Misalnya saja dia mulai merangkak dan berteriak nyaring hanya untuk mengapai satu benda atau meminta bunda mengendongnya.

Si kecil juga sudah bisa untuk menaruh perhatian pada yang bergerak. Misalnya saja bunda melihat dia menggerak-gerakkan tangan dan kakinya kemudian tertawa senang saat melakukannya, atau dia senang melihat kendaraan yang melaju.

Perkembangan kognitif bayi bunda meningkat saat dia tidak pernah bosan untuk menjatuhkan, melempar, mengoyang-goyangkan, memegang erat, memasukkan pada mulutnya untuk mengetahui sifat benda itu. Mungkin akan terlihat seperti perilaku yang sangat acak, tetapi inilah cara buah hati bunda mengenal benda itu.

Layaknya ilmuan kecil, dari perilaku acaknya sebenarnya dia sedang mengamati sifat benda. Dia akan menanamkan dimemorinya ada benda yang berbentuk datar atau ada pula yang berulir. Begitu juga dengan tekstur, dia akan belajar ada benda yang kasar ataupun halus. Tidak ketinggalan dia juga akan belajar tentang ukuran benda, ada benta yang bisa sesuai dengan ganggamannya atau ada juga yang lebih besar sehingga tidak bisa digenggam. Dia juga mengetahui ada beberapa benda yang bisa dimakan dan ada juga yang tidak. Meskipun dia masih akan memasukkan semuanya ke dalam mulutnya untuk memastikan.

Pada perkembangan bayi 8 bulan ini, saat bunda menyembunyikan mainan di bawah bantal maka dia akan mengambil bantal itu dan mulai mencari mainannya. Ini adalah perkembangan respon yang sangat baik pada bayi bunda. Bunda juga sesekali bisa melatih responnya dengan menyembunyikan benda, tetapi saat dia lenggah cobalah untuk memindahkannya. Lihatlah respon apa yang akan si kecil tunjukkan. Apakah kebingungan atau tetap berusaha mencari?

Selanjutnya, bunda dapat tetap membacakan buku untuknya, mendengarkan musik, berbicara sepanjang hari untuk mendorong perkembangan bahasanya. Ubah juga secara berkala mainan dan juga ajaklah dia untuk berjalan-jalan. Hal itu akan semakin mengasah perkembangan kognitifnya.