vitamin untuk anak susah makan
JHARAPHULA

Baruterus.com – Anak kecil memang suka punya mau sendiri, mulai dari metode penyelesaian masalah sampai selera makan. Hmm.. berbicara soal makan, problematika orang tua yang paling meng banyak dijumpai memang ada di meja makan. Kurusnya badan anak tidak sebanding dengan kekhawatiran orang tua akan malnutrisi yang bisa menghambat perkembangan badan anak di usia sedemikian belia. Masalah ini bisa diatasi dengan pemberian vitamin untuk anak susah makan, dengan jenis vitamin untuk anak susah makan yang tepat pula.

Perlu diingat daftar vitamin untuk anak susah makan berikut ini bisa membantu tapi bukan berarti dalam kurun waktu dekat anak langsung melahap hidangan di depannya. Akan sangat kecil kemungkinan hal ini bisa terjadi, mengingat tubuh anak perlu proses sebelum menerima peningkatan nafsu makannya yang baru.

Zat besi

Bagi anda yang lahir di era 90’an pasti sering mendengar iklan TV memasarkan produk vitamin zat besi. Apa sih, yang membuat zat besi demikian spesial ? apakah hanya untuk darah saja ?S

Tidak. Zat besi, lebih dari yang terlihat di pasaran selama ini. Pekerjaan utama zat besi adalah menyeimbangkan level PH, mencerna protein, karbohidrat untuk dikontribusikan ke seluruh tubuh melalui sel membrane. Tahukah anda, efek paling terasa dari kekurangan zat besi bisa menyebabkan indera penciuman berkurang, masalah kulit, tubuh kesulitan menutup luka luar? Pada orang dewasa (si kecil juga suatu saat tumbuh besar) kekurangan zat besi bisa menyebabkan kurangnya nafsu seks, dan pubertas yang terlambat !

Karena indera penciuman berkurang otomatis seharum apapun masakan anda anak tidak akan melirik. Bisa bayangkan apa yang terjadi ketika anak ogah makan dalam kondisi terluka, habis jatuh dari sepeda misalnya, tubuh akan butuh bekerja dua kali lipat hanya karena keberadaan zat besi yang sangat minim dalam tubuh. Bila anda sudah terbiasa menyusui anak sejak kecil, kemungkinan ia kekurangan zat besi cukup kecil, jadi faktor satu ini bisa dikesampingkan. Meski, pada beberapa kasus kekurangan zat besi pada anak yang sudah sering disusui ada pada faktor keturunan. Perhatikan apakah pasangan atau keluarga anda memiliki sejarah kekurangan zat besi.

Lantas dimana anda bisa mendapatkan zat besi ?

Pertanyaan bagus! zat besi bisa anda temukan pada daging ayam, daging merah, kacang kacangan (kacang polong, kacang hitam) , dan produk gandum. Setidaknya sediakan 3 mili gram asupan zat besi pada anak usia 1 sampai 3 tahun, dan 5 mili gram zat besi untuk anak usia 4 sampai 8 tahun.

Vitamin D

Sang surya telah menyediakan vitamin D di pagi hari (sebelum jam 9 pagi). Memang, standar kecantikan tanah air adalah kulit yang terang dan kulit gelap kurang populer, tapi jika melihat faktor kesehatan tentu warna kulit menjadi tidak masalah bukan ?

Walaupun trade mark vitamin D adalah tulang, sebenarnya vitamin D memiliki manfaat lain yang secara tidak langsung membantu meningkatkan nafsu makan, yaitu membantu tubuh lebih cepat menyerap zat besi.

Vitamin B 12

Bila anda ingin berterima kasih pada senyawa yang bertanggung jawab untuk mengubah makanan buatan anda menjadi energi guna menggerakkan metabolisme lemak serta protein, menjaga kesehatan ginjal, rambut, gigi, mata, dan kulit, maka ini dia, perkenalkan vitamin B 12 alias cobalamin . Biasanya, sih, kalau masih bayi dan disusui bunda memang asupan vitamin B 12 Cuma sedikit, toh bayi juga belum butuh vitamin B 12 terlalu banyak mengingat usus bayi masih mini dan hanya muat sedikit.

Lain cerita pada anak berusia 1 tahun keatas, apabila si kecil masih memilih air susu bunda, kemungkinan kurang asupan vitamin B 12 tentu besar, sayangnya perut si kecil sudah tidak se – mini dulu, maka dari itu nafsu makan dengan kebutuhan makan anak menjadi tidak seimbang. Hasil akhir ? Anak terlihat malas makan. Bukan karena makanan bunda tidak enak, hanya saja gairah untuk menyantap tidak banyak.

Menurut  Journal of Inherited Metabolic Disease atau bisa diartikan secara gamblang sebagai jurnal penyakit metabolisme turunan, mengadakan eksperimen berisi partisipan anak anak yang enggan makan. Setengah ‘subjek’ (anak-anak) diberi asupan B12 dan sisa subjek dibiarkan memilih porsi makan tanpa ada asupan vitamin B 12 sama sekali. Hasil akhir menunjukkan, partisipan yang mendapat asupan vitamin B 12 mengalami peningkatan porsi makan yang cukup signifikan dibanding partisipan yang hanya dibiarkan begitu saja.

Sumber vitamin B 12 sendiri berasal dari produk yang pasti saat ini ada atau pernah singgah di kulkas anda, yaitu susu, telur, daging, dan ikan. Mengingat keempat bahan tersebut banyak digunakan sebagai fondasi berbagai hidangan tentu anda tidak kesulitan menemukan kombinasi menu yang tepat bukan ?

Perlu diketahui, menurut universitas kedokteran Maryland, Bunda dan ayah jangan lupa agar tidak membatasi dosis pemberian vitamin B 12 dalam sehari. Anak umur 1 sampai 3 tahun dianjurkan mendapat 0.9 mikro gram vitamin B 12, sedangkan anak yang lebih tua dari itu (4 sampai 8 tahun) membutuhkan 1.2 miro gram vitamin B 12. Tanpa perlu dijelaskan lagi, anda rasanya sudah paham bahwa vitamin B 12 adalah salah satu vitamin untuk anak susah makan yang cukup penting.