perkembangan bayi 8 bulan
Sumber: Michelle Baker Photography

Baruterus.com – Perkembangan bayi 8 bulan ini tentunya sangat dinantikan oleh bunda. Hingga segala perkembangan yang terjadi selalu dinantikan pastinya. Berikut mari kita simak secara ringkas perkembangan bayi secara umum saat berusia 8 bulan.

Gerakan: Si kecil pada usia 8 bulan ini mulai bisa untuk merangkak dan duduk tanpa bantuan lagi dari Anda. Dengan kemampuan merangkaknya ini maka Anda akan menemukan bayi Anda memiliki aktivitas baru yaitu merangkak ke sana ke mari, untuk mengikuti gerakan Anda atau mungkin meraih mainannya. Bahkan ada juga bayi yang sudah belajar untuk berdiri sambil berpegangan pada perabotan yang ada di sekitarnya, hanya saja pada usai ini si kecil tidak dapat kembali duduk bila tidak mendapatkan bantuan dari Anda.

Keterampilan tangan: Si kecil sekarang sudah bisa memegang mainan dengan baik bahkan ia sudah bisa untuk membenturkan mainan, melempar atau mencoba memasukkannya ke dalam wadah yang lebih besar atau bahkan memasukkan mainannya pada mulutnya.

Keterampilan memegang barang: Keterampilannya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mengambil barang kecil sudah berkembang pada usia 8 bulan. Pada usia ini, si kecil mulai terbiasa menggunakan jempol dan telunjuknya.

Komunikasi: Keterampilan komunikasi bayi Anda pada usia 8 bulan ini mulai menjadi lebih bermakna karena ‘ma ma’ atau ‘da da’ sudah diarahkan pada orang tertentu misalnya untuk menyebut orang tuanya. Si kecil juga mulai memahami kata-kata yang lebih mendasar dan mungkin bisa mengikuti petunjuk sederhana. Beberapa bayi sudah menunjukkan memiliki keinginan tertentu saat bermain. Ketika orang tua salah maka bayi akan rewel dan menangis. Jika orang tua menghadapi kondisi ini maka sebaiknya orang tua terus melatih berbicara dan mengajarkan bahasa yang lebih luas.

Kemampuan spasial bayi Anda sedang berkembang. Bersama dengan perkembangan sentuhannya pada usia 8 bulan ini, memungkinkan dia membedakan antara benda datar dan yang memiliki bentuk lain. Si kecil akan menikmati menyentuh benda-benda dengan bagian-bagian yang bisa dipegang, dipelintir, atau dilempar.

Perkembangan sensorik bayi 8 bulan juga berkembang. Si kecil kini sudah mulai penasaran dengan tempat yang menurutnya menarik. Karena mata dan indra pendengarannya sudah berkembang dengan baik. Bayi Anda akan mencari tempat yang menurutnya menarik untuk bermain dan senang menjelajah berbagai tempat. Sehingga pada usia 8 bulan ini ia sering lepas dari pengawasan Anda. Pada saat ini si kecil berkembang dengan seolah memiliki dunia sendiri.

Perkembangan sensorik bayi 8 bulan lainnya yaitu penglihatan bayi pun mulai berkembang dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan bayi akan selalu tertarik terhadap berbagai benda yang menarik menurutnya. Bayi usia 8 bulan akan berusaha untuk mencari benda-benda yang biasanya terletak di bawah. Pada saat ini Anda bisa melihat apakah penglihatannya berkembang dengan baik atau tidak. Jika Anda ragu sebaiknya segeralah bawa bayi Anda ke ahli medis! Sebelum semuanya terlambat dan terjadi gangguan penglihatan yang serius.

Beberapa bayi juga akan merasa cemas dan lelah pada satu waktu tertentu. Kondisi ini biasanya akan membuat bayi Anda diam saja atau tidak tertarik untuk banyak bergerak. Anda mungkin bisa membuatnya nyaman dan sedikit beristirahat agar keaktifannya bisa kembali lagi.

Pada perkembangan bayi 8 bulan ini juga bisa menunjukkan rasa suka dan tidak suka terutama jika hal ini berkaitan dengan makanan atau mainan atau orang di sekitarnya. Bayi akan protes dengan menangis atau menjadi sangat rewel. Pada masa ini Anda sebagai orang tua membutuhkan kesabaran untuk merawat bayi dengan baik. (baca juga: cara merawat si kecil usia 8-11 bulan).