Bunda sudah siap dengan menu MPASI bayi 6 bulan? Jika si kecil sudah berusia 6 bulan, tentu bunda harus memberikan menu MPASI. Tidak ada salahnya Bunda menambahkan bumbu masakan pada menu MPASI. Ini dibutuhkan oleh si kecil lho. Ketika usianya 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi dari makanan, tidak hanya dari ASI saja. Makanya, bunda harus mulai memberikan makanan yang sering disebut dengan MPASI atau makanan pendamping ASI.

Tentu saja bukan bukan sembarangan. Si kecil belum punya gigi. Jadi, menu MPASI yang bunda berikan harus menu makanan yang super lembut. Dengan demikian, bayi bisa mengunyah dan mencerna dengan mudah.

Itu hanya di awal saja. Mungkin bunda perlu memberikan menu MPASI yang sangat lembut di minggu-minggu awal. Namun, ketika bayi sudah mulai terbiasa dengan menu MPASI, bunda bisa tingkatkan lagi. Bunda bisa membuat menu MPASI yang teksturnya sedikit lebih kasar.

Selain tekstur, apalagi yang harus ditingkatkan? Selanjutnya adalah rasa. Jika berbicara soal rasa, ini berkaitan dengan bumbu masakan. Bolehkah anak kecil dibuatkan menu MPASI seperti bubur bayi 6 bulan yang ditambah dengan bumbu masakan?

Apa Kata Dokter Mengenai Bumbu Masakan Pada MPASI

Sebenarnya, tidak ada alasan untuk melarang bunda menambahkan bumbu masakan pada menu MPASI bayi usia 6 bulan. Hanya saja, ada dua hal yang menjadi concern beberapa dokter bayi.

Yang pertama mengenai kebutuhan si kecil. Bumbu makanan itu terkait dengan garam, gula, dan mungkin juga merica. Tentu saja bunda tidak akan menambahkan merica, bukan? Karena bayi akan kepedasan. Namun, mungkin bunda akan menambahkan gula dan garam pada menu MPASI.

Pertanyaannya, apakah tubuh bayi membutuhkan gula dan garam tersebut? Sebenarnya, tubuh si kecil belum terlalu membutuhkan gula dan garam. Gula sudah ia dapatkan dari menu MPASI. Begitu juga dengan yodium yang terdapat pada garam.

Maka dari itu, dokter lebih menyarankan agar bayi mendapatkan menu MPASI yang murni, seperti menu MPASI dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang dihaluskan. Jangan ditambahkan apapun. Begitu juga ketika bunda membuatkan bubur. Kenapa ada bayi yang mengalami kegemukan? Banyak terjadi hal semacam itu ternyata disebabkan oleh menu MPASI yang kurang tepat. Orang tua memberikan bubur bayi 6 bulan yang bikin gemuk, yaitu bubur bayi yang kandungan gulanya sangat tinggi.

Yang kedua adalah masalah selera. Ketika bayi sejak kecil diberi makanan yang gurih, saat ia balita dan dewasa ia susah mengkonsumsi makanan alami seperti manisnya buah dan gurih aslinya sayur-sayuran.

Kapan Sebaiknya Bumbu Masakan Ditambahkan Pada MPASI?

Sebenarnya, tidak disarankan bayi 6 bulan mendapatkan menu MPASI yang sudah ditambahkan bumbu masak. Hanya saja, dokter mentolelir asalkan bumbu masakan tersebut tidak terlalu banyak, terutama garam. Pasalnya, bayi belum membutuhkan yudium dalam jumlah yang banyak.

Dokter lebih menyarankan agar menunggu hingga usia anak mencapai 1 tahun. Saat anak 2 tahun, bunda bisa bebas memberikan makanan, tak terkecuali makanan yang setiap hari bunda konsumsi. Jadi, sejak awal anak sudah tahu gurihnya dan manisnya buah murni. Baru kemudian ia dikenalkan dengan gurihnya masakan yang ditambah bumbu masakan.

Sebagai orang tua, bunda pasti ingin sekali melihat si kecil berkembang dengan baik, bukan? Maka dari itu, sejak dini, bayi harus diberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, bunda harus hati-hati ketika membuatkan menu MPASI bayi 6 bulan.