Makanan Ibu Menyusui

Siapa bilang diet berimbang saat hamil itu tidak mungkin bisa dilakukan? Program diet secara umum merupakan program di mana ibu merasa tidak lapar sehingga berat badan turun. Jelas ini tidak baik untuk ibu hamil.

Diet untuk ibu hamil itu wajib. Isunya sekarang ini adalah diabetes dan kegemukan atau obesitas saat hamil. Masalah seperti ini mengakibatkan proses persalinan sulit dan bayi lahir dengan membawa penyakit bawaan yang sama, yaitu diabetes serta obesitas. Bahkan, ada juga anak yang ketika dewasa sangat berisiko mengalami penyakit tersebut lantaran ibunya ketika hamil tidak melakukan diet ibu hamil. Lalu, bagaimanakah cara diet sehat untuk ibu hamil?

Makan Sedikit Tapi Sering

Diet saat hamil itu bukan berarti ibu harus sedikit makan. Bagaimana pun juga, ibu harus makan yang banyak karena ibu bertanggungjawab untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu sendiri dan juga bayi di dalam kandungan. Apalagi ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua dan ketiga. Semakin banyak nutrisi yang harus dipenuhi. Itulah mengapa ibu hamil sebenarnya tidak dianjurkan untuk puasa.

Akan tetapi, bukan berarti ibu harus makan sebanyak mungkin. Jika ibu terlalu banyak makan, ibu mudah mual dan muntah lho. Aturan diet untuk ibu mengandung adalah makan dengan porsi sedikit namun sering. Bisa saja ibu makan lebih dari 4 kali setiap hari asalkan porsinya sedikit.

Jangan Lupa Sarapan

Jangan mengira tidak sarapan membuat ibu tidak mengalami kegemukan. Fakta menunjukkan bahwasannya justru sering meninggalkan sarapan membuat seseorang rentan mengalami kegemukan. Hal ini disebabkan tubuh merasa terlalu kekurangan nutrisi di siang hari sehingga seseorang cenderung ingin makan banyak di siang hari.

Itulah mengapa salah satu cara diet berimbang untuk wanita hamil itu ibu harus sarapan setiap pagi. Itupun ibu tidak boleh asal pilih menu sarapan. Sereal, bubur kacang hijau, atau menu makanan yang mengandung serat dan protein sangat disarankan untuk dipilih. Hal tersebut disebabkan makanan tersebut akan memberikan energi agar ibu siap untuk beraktivitas walaupun sedang mengandung.

Harus Makan Buah

Tentu bukan makanan utama saja yang harus ibu konsumsi. Jangan lupa ibu harus mengkonsumsi buah. Yang ibu bisa ambil adalah seratnya. Serat inilah yang membuat metabolisme berjalan dengan baik dan ibu terhindar dari masalah pencernaan. Pasalnya, secara tidak langsung, masalah pencernaan dan metabolisme inilah yang paling sering membuat seorang ibu yang sedang hamil mengalami masalah, terutama kegemukan. Bisa dikatkan kegemukan secara tidak langsung disebabkan oleh metabolisme yang terganggu atau sistem pencernaan yang sudah kurang baik.

Buah ini bisa ibu konsumsi di siang hari ketika belum waktunya makan siang. Jadi, ibu bisa menunda lapar dengan makan buah pisang, misalnya. Apalagi pisang juga memberikan energi lho.

Mulai sekarang, ibu harus memperkaya wawasan mengenai menu makanan yang baik yang bisa ibu pilih untuk program diet berimbang ibu hamil. Dengan demikian, ibu tidak hanya mampu menghindari penyakit berbahaya, yaitu obesitas, namun ibu juga sekaligus mampu memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Pada intinya, menjaga kesehatan ibu hamil tidak itu hanya untuk kebaikan ibu sendiri, tapi juga janin di dalam kandungan. Maka penting sekali bagi siapa saja yang sedang mengandung untuk mengetahui apa itu diet berimbang saat hamil.