breast pump
Source: Business Insider

Baruterus.com – ASI adalah makanan yang paling tepat untuk si kecil. ASI mengandung semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam enam bulan pertama kehidupannya, ia juga mengandung zat yang dapat melawan penyakit dan dapat melindungi bayi bunda dari penyakit. Hal itu jugalah yang menjadi alasan American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI eksklusif untuk enam bulan pertama. Pemberian ASI juga sangat baik untuk kesehatan bunda.

Namun, terkadang bunda juga mengalami kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk menyusui secara langsung, seperti bekerja atau sedang di luar rumah. Mungkin juga payudara bunda terasa penuh sedangkan si kecil sudah kenyang, padahal payudara harus segera dikosongkan untuk menghindari terjadinya mastitis. Jika sudah begitu, bunda tidak punya pilihan lain selain memompa payudara dengan menggunakan breast pump.  Alat ini sangat membantu bunda untuk mengosongkan payudara.

Jika bunda bingung memilih jenis breast pump yang bisa digunakan. Berikut ulasan dua jenis breast pump yang bisa bunda pilih.

  • Manual

Breast pump tipe ini cocok untuk bunda yang tidak terlalu sering menggunakan pompa ASI, hanya digunakan saat keadaan mendesak saja. Kelebihannya tipe ini lebih ringan sehingga bisa dibawa ke mana-mana, tidak bising, mudah dibersihkan, dan lebih murah. Kelemahannya bila menggunakannya bunda harus menyiapkan tangan yang kuat untuk memompa, bunda harus bersiap untuk kelelahan di bagian tangan, terlebih bila ingin mendapatkan hasil yang banyak.

  • Elektrik

Tipe ini ditujukan untuk bunda yang sering memompa ASI dan menginginkan jumlah yang banyak untuk sekali waktu dan dalam waktu yang cepat. Kelebihan lainnya bunda dapat memompa dengan mudah, tidak membuat lelah, bunda juga dapat memilih level hisapannya. Kekurangannya adalah bising, berat, sulit dibersihkan, dan lebih mahal.

Sedangkan untuk produk breast pump terbaik bunda bisa memilih salah satu dari ulasan berikut yang diambil dari stronglola.com.

  • CHICCONatural Feeding (Manual)

Breast pump ini dirancang sesuai dengan bentuk payudara bunda. Membran ultra-soft siliconnya mempermudah pemijatan payudara sehingga memperlancar aliran ASI.

  • PIGEON Manual Breast Pump(Manual)

Tidak berbeda dengan merk sebelumnya, breast pump ini juga dirancang dengan pegangan ergonomis yang memudahkan memompa dengan satu tangan. Pompa ini juga dilengkapi bantalan silicon yang berada pada corong dengan 5 gelembung untuk merangsang aliran ASI.

  • Medela Harmony Light(Manual)

Produk ini dirancang agar mudah untuk digunakan oleh bunda. Pompa ini juga dirancang untuk memompa ASI dengan jumlah yang lebih banyak, menstimulasi produksinya, mudah dibersihkan, serta bisa digunakan dengan satu tangan.

  • Philips AventBreastpump (Manual)

Produk ini merupakan manual breast pump terbaik dari kelasnya. Pompa ini dapat digunakan menggunakan satu tangan dan memungkinkan bunda memompa ASI dalam waktu yang cepat. Didesain juga untuk memudahkan bunda memompa dalam keadaan duduk, tidak harus membungkuk.

  • Pigeon Silent Electric Breastpump(Elektrik)

Pompa ini terdapat 6 level hisapan ASI, sehingga bunda bisa mengatur sendiri tingkat hisapannya. Dilengkapi pula dengan 2 mode yaitu stimulation (menstimulasi payudara agar ASI dapat keluar) dan expression (memaksimalkan aliran ASI).

  • Philips AventSCF 332/1 (Elektrik)

Pompa ini memompa dengan ritme yang stabil sehingga seperti hisapan bayi. Produk ini aman, mudah digunakan, dan higienis. Alat ini mampu menampung ASi sebanyak 125 ml, dilengkapi pula dengan 3 pengaturan pompa sehingga bunda bisa mengatur hisapannya.

Jadi bunda, bunda sekarang bisa leluasa untuk memilih breast pump sesuai dengan kebutuhan, kelebihan, dan daya beli.