Image Source: healthy online blog

Baruterus.com – Muntah, mual di pagi dan malam hari seolah olah menjadi kegiatan rutin perempuan hamil. Tidak bisa disalahkan dan dihindari karena mual adalah bagian dari kehamilan, bila diberi pilihan tentu semua perempuan memilih untuk melalui kehamilan tanpa adanya tantangan macam mual. Daripada mengeluh terus, tidak akan menyelesaikan masalah, lebih baik mencari cara mengatasi mual saat hamil. Harap diingat bahwa tubuh masing masing calon ibu berbeda satu sama lain, meski pada artikel 9 cara mengatasi mual saat hamil akan dijelaskan varian cara mengatasi mual saat hamil bukan berarti satu langkah yang sama bisa bekerja untuk semua bunda. Cobalah cara mana saja yang bisa berhasil untuk anda.

1. Terbuka

Sebelum berlanjut pada cara yang lebih teknis, hal paling mendasar dari manusia adalah membuka pikiran anda. Kesalahan banyak orang adalah menganggap bahwa apapun yang dilakukan hanya berbuah nihil. Hilangkan pikiran negatif, karena otak anda menggerakkan seluruh badan. Keyakinan anda menjadi faktor penting ketika mencoba suatu jalan, bahkan jalan mengatasi mual paling aneh sekalipun. Anda tidak pernah tahu cara terbaik untuk membuat anda lebih nyaman jika anda tidak pernah mencoba bukan? Selama anda merasa cara tersebut memang mungkin dilakukan tidak ada salahnya untuk mempratekkan. Anda bisa jadi terkejut dengan hasil yang anda dapatkan.

2. Komunikasi dengan pasangan

Komunikasi merupakan fondasi kekuatan cinta setiap orang. Kalimat tersebut memang terdengar klise, tapi percayalah dari sekian banyak jalinan kasih, hanya pasangan dengan komunikasi yang baik bisa bertahan hingga akhir hayat. Pada saat anda merasa mual, kemungkinan tidak hanya disebabkan dari dalam namun ada pemicu dari luar. Sebagai contoh, suami anda membawakan pizza, kemudian seperti suami yang baik menanyakan kabar istri seraya mencium anda, wanita tercintanya. Ternyata, pizza atau aroma mulut suami anda mendadak bikin mual. Kebanyakan kasus, pasangan hanya memendam dan berpura pura senang dengan harapan terhindarnya pertengkaran. Jangan sampai anda melakukan kesalahan yang sama. Bila anda tidak suka sesuatu, segera katakan kepada pasangan anda. Anda hamil, segala sesuatu bisa berjalan normal bisa juga tidak. Anda tentu lebih paham bagaimana cara menyampaikan pada suami, intinya anda harus bisa vokal terhadap apa yang anda mau dan tidak seperti yang dilansir di bibilung.

3. Alam mimpi

Seorang bijak mengatakan, tidur bukan hanya sekedar berbaring menutup mata, tidur adalah pelarian. Tidak ada yang menuntut anda untuk bertahan ketika anda menderita mual. Tidak ada yang memaksa anda untuk tetap terjaga menahan sakit. Tidak ada orang yang akan mencemooh anda bila anda memilih lari, tidur adalah solusinya. Pergilah ke alam mimpi setiap kali anda merasa waktu mual akan datang sehingga ketika anda bangun, rasa mual sudah hilang tanpa anda perlu melakukan apapun. Bila anda merasa kesulitan untuk tidur ketika mual datang, cobalah anda perhatikan pada jam berapa rasa mual akan menghantui anda. Dengan demikian, anda bisa menjadwalkan waktu tidur sebelum mual datang menyerang. Tidak hanya media pelarian, pada dasarnya ibu hamil lebih cepat lelah dibanding orang yang tidak hamil. Inilah kenapa tidur sangat membantu anda memulihkan tenaga yang pasti anda perlukan untuk sisa hari, terlebih bila anda sudah punya anak. Perkejakan pengasuh khusus pagi hari sehingga waktu pergi anda ke alam mimpi tidak terganggu.

4. Jahe

Tanaman satu ini telah beredar di negeri Cina sejak jaman dahulu kala, bahkan jahe termasuk tanaman herbal wajib untuk pengobatan tradisional warga tiongkok. Karateristik jahe yang panas, memang bisa melegakan berbagai macam penyakit. Mual biasa dan mual pada saat hamil sejatinya masih satu ‘keluarga’ sehingga mengkonsumsi jahe bisa membantu meringankan rasa sakit bahkan sampai menghilangkan. Tenang saja, anda tidak diminta meminum jahe mentah mentah. Cobalah mengolah jahe menjadi minuman terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak resep beredar dalam pengolahan jahe, mulai dari lokal seperti sekoteng, sampai minuman jahe nanas asal negeri singa (Afrika), sampai teh lemon dengan jahe.

5. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu makanan ampuh penghilang rasa mual terutama apel. Buah ini memiliki serat yang cukup banyak dan mengandung vitamin C. Jadi apel ini membantu kesehatan pencernaan dan mencegah kesulitan buang air besar. Kalau anda sedang mencari resep buah-buahan, ini nih resep jus buah delima yang enak.

6. Alihkan perhatian

Kebanyakan orang tidak menyarankan anda membiarkan masalah dengan fokus pada hal berbeda selain inti masalah itu sendiri, tapi pemahaman itu tidak berlaku bagi rasa mual pada saat hamil. Justru, mengalihkan perhatian bisa meringankan rasa mual anda karena otak anda bekerja untuk hal lain dan bukannya mencoba melawan ketidak nyamanan yang anda rasakan. Mulailah membaca buku, merapikan rumah, main musik, berkeliling komplek, atau berolah raga. Percaya atau tidak, beberapa wanita mengaku olahraga membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan rasa mual. Jika anda tertarik mempraktekkan olah raga, bicarakan dahulu dengan dokter, apa saja olah raga yang bisa anda lakukan, serta apabila anda mulai merasa tidak kuat hentikan saja, anda sedang hamil bukan persiapan perlombaan.

Manapun keputusan anda demi mengalihkan perhatian, usahakan menghindari laptop, gadget, dan TV untuk alasan apapun. Cahaya layar, terlebih laptop, tenyata memicu rasa mual seseorang pada saat hamil. Hal ini dikarenakan, cahaya terang laptop menyimpan beberapa getaran kecil yang tidak disadari oleh manusia, semakin terang semakin jelas mata anda bisa melihat getaran tersebut, mungkin mirip dengan rasa mual yang disebabkan naik wahana roller coaster. Bila anda harus menggunakan laptop saat hamil, ada satu cara mengatasi mual saat hamil karena laptop, yakni menurunkan intensitas cahaya.