perkembangan janin usia 4 minggu
Source: pixabay.com

Baruterus.com – Sebagai calon Ibu, tidaklah aneh bila seorang ibu hamil selalu ingin mengetahui bagaimana perkembangan janin yang dikandungnya. Keingintahuan ini pun akan sangat bermanfaat apabila Ibu juga mengetahui harus sampai mana janinnya berkembang. Dari situ Ibu juga akan mengetahui apakah perkembangan janin yang dikandung normal atau tidak.

Berikut adalah ciri perkembangan janin usia 4 minggu.

  1. Saat embrio berusia empat minggu, embrio baru sebesar biji kacang hijau saja, yang mana sebelumnya hanya berupa gumpalan sel pada uterus. Perkembangan janin yang menakjubkan pun berlangsung dalam rahim Anda.
  2. Sebelum organ terbentuk, janin akan membentuk tiga lapisan yang akan berkembang menjadi organ tubuh.

Berikut adalah tiga lapisan yang akan berkembang menjadi organ tubuh.

  • Endodermyakni lapisan paling dalam yang terbentuk menjadi sistem pencernaan dan sistem pernapasan seperti halnya paru-paru, usus, perut, dan kandung kemih pada si bayi nantinya.
  • Mesodermyakni lapisan tengah yang akan berkembang menjadi tulang, jantung, pembuluh darah, dan juga otot pada si bayi.
  • Ektodermyakni lapisan luar yang kemudian akan menjadi sistem saraf, enamel, otak, kuku, gigi, lensa mata, dan kulit untuk si bayi nantinya.
  1. Meski baru sebesar kacang hijau dengan ukuran panjang seikitar 0.2 cmdi kantung kehamilan, organ janin sudah banyak yang terbentuk. Sel-sel dalam embrio pun telah mengelompok untuk kemudian akan berkembang menjadi bagian-bagian tubuh bayi nantinya.
  2. Plasenta sudah mulai terbentuk dan tali pusar pun sudah memiliki fungsi.Fungsi dari tali pusar tersebut adalah sebagai media penghantar gizi yang diperoleh dari makanan yang dimakan oleh ibu hamil dan juga oksigen untuk sang embrio. Pada usia 4 minggu ini, embrio mulai melekat pada kantong yang mensuplai nutrisi ke janin. Sementara itu pada beberapa minggu ke depan, fungsi tersebut akan mulai digantikan oleh plasenta yang akan melindungi si bayi. Sel-sel plasenta yang berkembang pada bagian dinding rahim tersebut akan menyediakan aliran darah yang memastikan jika si janin di dalamnya mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup sehingga perkembangannya tidak terganggu.
  1. Embrio yang melekat pada dinding rahim Ibu pun mulai tumbuh sedikit demi sedikit. Seiring dengan pertumbuhan embrio tersebut ibu hamil akan merasakan mual, muntah, dan juga berbagai macam gejala morning sickness. Adapun yang dimaksud dengan morning sickness adalah gejala seperti mual, muntah, dan sebagainya yang muncul paling parah pada pagi hari dan kemudian akan mereda seiring berjalannya waktu.
  2. Organ yang mulai terbentuk pada embrio usia 4 minggu adalah tulang belakang, tulang ekor, tulang iga, dan juga sistem syaraf pusat mulai sedikit terbentuk.
  3. Jantung dan pembuluh darah di dalam tubuh embrio juga mulai terbentuk.
  4. Embrio memiliki dua buah lubang pada wajahnya, yang mana lubang ini nantinya akan berkembang menjadi organ mata.

Demikianlah 8 ciri perkembangan janin usia 4 bulan. Di usia yang masih sangat muda dan dalam proses perkembangan, tentu sang ibu harus mulai menjaga kesehatannya. Oleh karena itu, semenjak usia ini penting sekali untuk Ibu agar dapat mengkonsumsi dan mendapatkan asupan makanan bergizi sehingga nutrisi dan oksigen di dalam tubuh ibu bisa tercukupi. Dengan begitu, kesehatan calon bayi Anda akan dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, Ibu wajib untuk menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol yang dapat membahayakan kesehatan janin Anda yang masih begitu rapuh.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan janin pada usia empat bulan Anda dapat mengunjungi .

Semoga membantu.