tanda awal kehamilan

Baruterus.com – Kehamilan pertama memang seperti menerka. Bisa benar bisa salah. Terima kasih kepada ilmu kedokteran sekarang anda bisa mendekteksi tanda awal kehamilan yang umumnya terjadi.

1. Nafas pendek
Anda yang gemar olahraga, dengan fisik kuat nan terlatih, akan cepat menyadari bila nafas anda lebih pendek dari biasanya. Kalaupun anda pada dasarnya jarang berolah raga dan gampang lelah, perubahan nafas tidak akan langsung terasa, meskipun ada cara mengetahuinya. Semalas apapun anda, pasti ada gerakan kecil yang anda lakukan di sekitar rumah, meski hanya naik tangga sekalipun. Perhatikan nada nafas anda, apakah cukup cepat dibanding biasanya? Lebih lelah bukan dari kemarin? Bila ya, selamat! kemungkinan besar anda sedang mengandung manusia kecil di dalam rahim anda! Anda mungkin bertanya kenapa nafas pendek masuk daftar tanda awal kehamilan ? Sebenarnya, janin membutuhkan banyak oksigen untuk tumbuh. Asal muasal oksigen tersebut tentu saja dari anda, sehingga kini jatah oksigen ada tinggal setengah.

2. Kepala pening
Anda yakin betul sudah istirahat cukup, dan memiliki pola makan yang baik dan benar, tapi kepala masih saja terasa tidak nyaman. Tahukah anda, hormon kehamilan berlebih, bisa menguras kerja otak sehingga terasa pening. Bila anda mendapati tanda kepala sering nyeri, untuk berjaga – jaga minumlah pereda sakit yang aman bagi ibu hamil.

3. Mual muntah
Adegan perempuan muntah di sinetron maupun film sepertinya sudah sangat identik dengan kandungan. Sebetulnya penggambaran sutradara tidak keliru, pasalnya memang mual dan muntah seolah menjadi warna tersendiri pada kehamilan. Umumnya, perempuan merasa ada yang tidak beres dengan perut terutama di pagi hari pada awal – awal kehamilan. Kalau anda memang ingin memuntahkan isi perut, jangan ditahan, justru akan sangat berbahaya jika muntahan dipendam di dalam. Tanda janin berkembang sehat juga digambarkan melalui rasa mual tersebut. Kalaupun anda bertemu dengan perempuan hamil yang tidak mendapati dirinya merasa tidak nyaman selama kehamilan, tak perlu iri. Memang ada beberapa perempuan beruntung yang dianugrahi kehamilan lancar tanpa harus melalui mual dan muntah. Keuntungan dari anda yang mendapati rasa mual adalah tanda calon bayi sehat serta tanda kehamilan lebih pasti. Sementara, sediakan saja makanan kesukaan anda nan tidak memicu rasa mual makin menjadi – jadi.

4. Kamar mandi sahabat anda
Mendadak anda memiliki rutinitas baru setiap jam atau bahkan menit yakni mengunjungi kamar mandi. Meski anda tidak merasa minum air putih berliter – liter sekalipun, ada saja dorongan untuk buang air kecil. Beberapa orang memang sudah memiliki kebiasaan buang air kecil terlalu sering atau biasa dikenal dengan sebutan beser. Tanda awal kehamilan berupa kencing, bukan sekedar satu dua kali namun bisa berkali – kali dalam waktu berdekatan seharian. Kalau anda yakin anda tidak pernah mengalami fase buang air kecil berulang – ulang, segera periksa rahim anda atau minimal membeli alat tes kehamilan. Saat hamil, tubuh otomatis memproduksi cairan lebih, itulah yang menyebabkan keinginan buang air kecil makin menjadi – jadi. Kendati demikian, minum air yang banyak selama kehamilan adalah ide yang cukup bagus untuk menggantikan kadar air yang kurang dan terbuang seharian.

5. Punggung sakit
Anda yang masih berusia muda harusnya masih memiliki tulang kokoh nan kuat dimana encok sangat minim terjadi. Kendati demikian, usia bukanlah alasan bagi perempuan tidak mengalami sakit punggung di awal kehamilan. Seperti yang anda pasti sudah mengira, perut akan perlahan membesar dan efek di punggung semakin terasa. Sayangnya, tubuh sudah mencoba beradaptapsi dari jauh – jauh hari. Pinggul mulai melebar, dan punggung bak memasang kuda – kuda sehingga mampu menahan beban lebih berat dari sekarang. Karena adanya penjagaan mendadak dari tubuh, butuh waktu untuk terbiasa sehingga menghasilkan rasa nyeri. Mintalah pasangan anda untuk memijat guna mengurangi rasa sakit di punggung.

6. Payudara nyeri
Sejak baligh alias pubertas payudara seperti sudah menjadi bagian hidup anda. Membeli dan sekarang mengkoleksi bra sebagai penyangga payudara bukan hal aneh. Sampai saat anda memasang bra kemudian muncul rasa tidak nyaman seperti nyeri. Reaksi pada banyak kasus adalah panik, takut ada yang salah dengan payudara, bahkan ada pula yang tenang dan menyalahkan bra. Manapun reaksi anda, ketika dokter menyatakan anda baik – baik saja, atau semua bra di lemari anda tidak memberi rasa nyaman, mungkin ada baiknya anda mendaftar ke pemeriksaan kandungan. Kalaupun anda tidak melakukan keduanya yakni ke dokter atau mencoba bra lain, anda bisa langsung curiga mengenai hamil tidaknya anda tatkakala melihat payudara anda membesar. Puting hitam melebar juga menjadi kunci kehamilan. Bagi anda yang hobi belanja, ini saat paling tepat untuk mencari bra yang lebih nyaman meski model bra tidak menggugah selera sekalipun.

7. Gampang lelah
Lelah itu relative. Ada yang mengatakan lemas saja sudah lelah, ada yang bilang tidak bisa bergerak dan butuh kasur baru namanya lelah. Anda dan semua orang mungkin bisa setuju bahwa dasar dari lelah adalah rasa capek berlebihan dimana badan sudah terasa tidak nyaman. Anda yang hobi bekerja atau beraktivitas mungkin merasa heran dengan badan anda yang enggan berkompromi. Tubuh seolah – olah mengadakan demo besar – besaran supaya diperbolehkan tidur. Ternyata, tanda awal kehamilan berupa gampang lelah didasari oleh produksi hormon berlebih sehingga tubuh menuntut istirahat.

Wah, apakah Anda sedang mengalami tanda-tanda di atas? Kalau Anda masih kurang puas dengan jawaban ini, coba cek info dari Nestle ini.