makanan-kecerdasan-anak

Baruterus.com – Sebagai orangtua, kita tentu menginginkan segala yang terbaik untuk buah hati tercinta. Orangtua ingin anak tumbuh dengan sehat dan perkembangannya pun tidak terhambat. Salah satu perkembangan anak yang penting adalah mengenai perkembangan kecerdasan otak anak. Bahkan untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak anak banyak sekali suplemen, susu maupun biskuit khusus yang memiliki kandungan baik untuk peningkatan kecerdasan otak anak. Nah, simak ulasan berikut mengenai makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak yang perlu orangtua ketahui.

Berbicara mengenai kecerdasan otak anak, tentu setiap anak memiliki tingkat dan perkembangan yang berbeda. Tingkat kecerdasan otak anak itu sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk faktor internal bsia berupa faktor genetika serta keadaan fisik anak sedangkan untuk faktor eksternal berupa asupan nutrisi untuk anak, aktifitas anak, stimulasi serta kondisi dan keadaan lingkungan pun juga berpengaruh. Kedua faktor tersebut masing-masing mempengaruhi kecerdasan otak anak dan dapat merangsang kecerdasan anak.

Mungkin jika untuk faktor internal seperti genetika dan keadaan fisik sang anak hal tersebut tidak banyak dirubah. Sedangkan untuk faktor eksternal tentu kita sebagai orangtua bisa melakukan beberapa hal untuk bisa meningkatkan kecerdasan otak anak kita. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan tentunya memiliki kandungan yang dapat merangsang perkembangan kecerdasan otak anak. Berikut kami berikan beberapa asupan makanan yang baik dan mengandung kandungan yang baik untuk kecerdasan otak anak.

  • Telur

Makanan pertama yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak adakah telur. Seperti yang diketahui bahwa telur mengandung banyak sekali protein serta kandingan kolin yang ada dalam kuning telur. Kedua kandungan tersebut terbukti menjadi kandungan yang dapat membantu perkembangan memori otak. Makanan ini termasuk makanan yang murah dan mudah didapatkan.

  • Ikan salmon

Selain telur, ikan salmon ternyata juga mengandung kandungan seperti lemak omega-3, EPA dan DHA yang membantu perkebangan otak anak. Lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon juga membuat anak dapat berfikir lebih taham. Jika ikan salmon kurang bisa dijangkau harganya maka Anda juga bisa dengan mengkonsumsi ikan tuna yang juga mengandung lemak omega-3.

  • Biji-bijian

Anda juga bisa memberikan makanan dari biji-bijian untuk memberikan kandungan yang diperlukan otak yaitu suplay glukosa. Serat yang terdapat pada biji-bijian membantu dalam mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh anak.

  • Oat / Oatmeal

Makanan yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak adalah oat atau oatmeal. Dalam oat memberikan nutrisi yang penting bagi otak anak dan memberikan energi ke otak anak. Oatmeal sangat baik dikonsumsi apalagi di pagi hari. Kandungan dalam oat atau oatmela adalah seperti vitamin E, vitamin B, seng dan kalium yang baik untuk perkembangan otak.

  • Sayuran berwarna

Sayuran berwarna adalah makanan sehat bagi tubuh serta baik juga untuk perkembangan otak anak. Anda bisa memilih wortel, bayam dan tomat sebagai sayuran yang banyak mengandung antioksidan dan membantu pertumbuhan sel-sel otak sehat.

  • Buah-buahan

Beberapa buah-buahan bisa Anda pilih untuk dikonsumsi oleh anak seperti strawberry dan blueberry yang baik untuk kecerdasan anak. Memang, kelompok buah berry ini banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

  • Susu dan Yogurt

Makanan terakhir yang juga memiliki kandungan yang baik untuk perkembangan otak anak adalah susu dan yogurt. Susu megandung banyak sekali protein dan vitamin B yang tentunya baik dalam pertumbuhan jaringan otak. Bukan hanya susu, Anda bisa juga mengkonsumsi yogurt karena kandungannya tidak jauh berbeda dengan susu.

Makanan diatas adalah makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Jaga dan berikan anak makanan yang bergizi baik terutama yang mengandung kandungan baik dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.