mendampingi-anak-ujian

Baruterus.com – Menjadi orangtua bukan hanya persoalan memberi nafkah dan membesarkan anak saja namun memberikan bekal pendidikan yang layak juga merupakan tugas dari orangtua. Salah satu contoh nyata peran orangtua adalah ketika anak akan menghadapi ujian, baik di sekolah maupun ujian untuk sebuah kompetisi. Tentu sebagai orangtua, peran kita cukup penting untuk menentukan keberhasilan anak. Jadi, bagaimana kita sebagai orangtua mendampingi anak? Berikut kami berikan ulasan mengenai Tips mendampingi persiapan anak menghadapi ujian.

Ketika hendak menghadapi suatu ujian, anak tak jarang mengalami grogi dan kurang percaya diri. Hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, namun tentu rasa gugup yang dirasakan tidak boleh berlarut-larut. Terkadang, anak tidak bisa mengatasi rasa gugup dan kurang percaya diri tersebut nah disinilah peran orangtua sangat menentukan. Biasanya anak membutuhkan dukungan oleh kondisi dan orang-orang disekitarnya.

Seperti yang diketahui, ujian nasional merupakan ujian yang bisa dikatakan sebagai momok menakutkan karena dengan ujian nasional ini nasib anak ditentukan. Ujian bisa jadi menjadi beban tersendiri bagi anak yang membebani bukan hanya pikirannya namun juga psikologisnya. Hal buruk yang dapat saja terjadi adalah anak menjadi stress karena kurang bisa mengkondisikan pikiran dan psikologisnya. Pada saat inilah, kita sebagai orangtua dituntut untuk bisa membantu anak dalam mengatasi rasa ketakutan yang ada dalam dirinya. Berikut tips yang dapat Anda ambil untuk mendampingi persiapan anak dalam menghadapi ujian.

  1. Dukung Kepercayaan Dirinya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam rangka membantu anak mengatasi ketakutannya dalam menghadapi ujian adalah dengan memberikan dukungan dan mendorong kepercayaan diri sang anak. Berikan kata-kata motivasi seperti, “jangan takut” , “kamu pasti bisa nak” untuk memberikan rasa kepercayaan diri yang tinggi kepada anak. Anak akan merasa bahwa ia didukung oleh orangtuanya.

  1. Ingatkan Waktu Belajar

Jika ujiannya adalah ujian yang membutuhkan ilmu pengetahuan maka jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak waktu belajar. Ingatkan dengan kata-kata yang lembut dan tidak seperti memaksa kehendak anak.

  1. Apresiasi Tiap Usaha Anak

Jika anak sudah mau untuk melakukan kewajibannya untuk berusaha maka berikan selalu apresiasi atas segala usahanya. Jangan pernah mengecilkan hati anak dengan tidak menghargai setiap usahanya untuk belajar.

  1. Ajarkan Anak Untuk Bertanya

Jangan lupa untuk selalu mengingatkan dan mengajarkan anak untuk mau bertanya. Jadi ketika anak mengalami kesulitan misalnya saja dalam materi pelajaran, anak tidak akan sungkan untuk bertanya baik kepada Anda orangtuanya atau kepada orang lain seperti guru bahkan teman-temannya. Dengan anak mau bertanya berarti ada usahanya untuk bisa memahami sesuatu yang nantinya akan membantunya dalam mengerjakan ujian.

  1. Beri Anak Waktu Beristirahat

Selain waktu untuk belajar, Anda juga harus memperhatikan waktu istirahatnya. Seimbangkan antara waktu belajar dengan waktu istirahat sehingga anak tidak merasa terforsir pikiran maupun fisiknya.

  1. Minta Anak Bercerita Ketakutannya

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta anak untuk mau bercerita tentang apa yang dirasakannya. Apakah ia merasa takut, gelisah, khawatir dan lain sebagainya. Dengan berbagi kepada Anda orangtuanya maka anak akan menjadi lebih tenang dan merasa tidak memikul beban sendiri. Nah, pada saat ini juga jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan dan semangat kepada anak.

Ittulah 6 Tips mendampingi persiapan anak menghadapi ujian yang bisa Anda lakukan. Jadilah orangtua yang tanggap dan peduli kepada anak terutama ketika anak akan menghadapi sesuatu yang penting dalam hidupnya.