5 Tips Mengenalkan Ramadhan pada Anak
Source: Vemale.com

Baruterus.com – Bunda pasti merasa senang ketika tumbuh kembang anak si kecil sudah memasuki usia balita. Mungkin karena usianya yang terbilang masih muda, mungkin tidak terlintas di pikiran bunda untuk mempersiapkan si kecil belajar puasa atau minimal mengenal puasa. Mumpung di bulan Ramadhan loh bunda. Memang memulai sebuah kebiasaan baru memang tidak mudah seperti juga bunda mengajarkan si kecil akan puasa dan memahami maknanya. Namun tenang bunda, ada tips dan trik┬ámengenalkan ramadhan pada anak kok.

Bercerita dan Memberikan mainan yang mengenalkan Ramadhan

Anak-anak masih sulit mencerna hal-hal yang berat dan serius bunda. Jadi bunda perlu menyampaikan ramadhan dengan cara yang sesuai dengan dunia mereka yaitu mainan dan buku cerita. Bunda bisa membeli buku atau e-book yang berisikan cerita-cerita menarik seputar Ramadhan. Atau saat ini sudah banyak program kartun anak-anak yang berisikan Ramadhan. Bila bunda bukanlah tipe yang suka anaknya nonton televisi kebanyakan, bunda bisa menceritakan pengalaman Ramadhan bunda. Misalkan: kegiatan yang dilakukan bersama orang tua bunda dulu, persiapan lebaran, bahagianya mendapatkan baju baru atau senangnya berbagi bersama-bersama teman-teman yang tidak mampu. Cerita-cerita yang menarik pastinya akan memotivasi si kecil untu melakukan ibadah di bulan Ramadhan.

Sebagai orang tua, bunda juga bisa menyiapkan mainan-mainan bernuansa Ramadhan seperti jigsaw puzzle. Atau bunda bisa mengizinkan dia bermain aplikasi game di smartphone sebentar yang bernuansa Ramadhan.

Memberikan hadiah bagi si kecil

Orang tua bisa mulai bercerita tentang makna Ramadhan dengan bahasa-bahasa yang sederhana. Bunda pun mendorong si kecil untuk belajar berpuasa dengan bantuan hadiah-hadiah jika dia mencapai target. Bila usianya masih balita, bunda bisa meminta dia puasa setengah hari. Kalau berhasil, dia bisa mendapatkan pakaian dan mainan baru saat lebaran nanti. Hadiah tentu akan meningkatkan antusias si kecil untuk menjalani puasa

Menciptakan suasana menyenangkan saat Ramadhan

Pada saat bulan Ramadhan, bunda bisa menata ulang rumah dan membersihkannya. Bunda juga bisa mulai menata rumah dengan nuansa Ramadhan dan menyetel lagu-lagu Ramadhan. Nuansa ini akan membuat si kecil teringat seperti apa Ramadhan.

Bunda juga membuat acara sederhana dengan mengundang teman-teman anak untuk berbuka bersama. Si kecil juga diajak untuk terlibat mempersiapkan kebutuhan ramadhan seperti kue-kue lebaran, memotong dekorasi dan sebagainya sesuai dengan kemampuannya. Berikan dia pujian akan meningkatkan rasa percaya dirinya dan antuasiasme akan Ramadhan.

Mengajak Si Kecil menyusun makanan

Biasanya bunda memikirkan dan mempersiapkan makanan sendiri. Nah di bulan Ramadhan ini, bunda bisa membuka buku resep bertemakan Ramadhan dan mengajak si kecil untuk menyusun makanan yang menarik. Ajak mereka turut belanja dan mempersiapkannya agar mereka antusias dalam menikmati makanan yang mereka telah pilih. Bunda juga perlu sortir pilihan makanannya terlebih dahulu sebelum mengizinkan mereka memilih ya. Karena pada saat puasa dan hanya makan dua kali, bunda perlu filter makanan yang kandungan gizinya tinggi.

Makan sahur bersama

Awal Ramadhan ditandai dengan shalat Tarawih pada malam hari di mesjid. Bunda perlu mengajak si kecil untuk ikut shalat sambil memperkenalan bulan Ramadhan. Bunda juga perlu memberitahukan si kecil kalau besok perlu ikut makan sahur bersama ayah dan bunda. Perlihatkan makanan kegemaran mereka yang hanya tersedia pada saat subuh agar mereka ingin sahur bersama.

Semua kegiatan ini tentu baik bila dilakukan saat tumbuh kembang anak balita. Jadi bunda siap-siap mengajarkan si kecil ya.