Rendam Kaki Air Garam Hangat

Baruterus.com – Salah satu cara yang biasa orang gunakan untuk menghilangkan keletihan atau pegal-pegal pada kaki adalah dengan cara merendam kaki dengan air hangat. Cara ini ternyata cukup ampuh untuk merilekskan badan dan membersihkan kotoran dan kuman yang ada di kaki. Lalu bagaimana dengan merendam kaki dengan air hangat yang di campur dengan garam? Berikut akan kami berikan informasi mengenai manfaat merendam kaki dengan air garam hangat.

Melakukan refleksi kaki dengan cara merendam kaki dengan air hangat adalah cara yang sederhana dan mudah untuk dilakukan semua orang. Dengan merefleksikan kaki, kaki akan terasa lebih ringan dan tidak kaku. Karena efek dan dampaknya yang nyata bagi kesehatan, kebiasaan ini sering menjadi alternatif pilihan bagi orang-orang yang sering mengalami masalah kaki seperti kesemutan dan kram. Akan tetapi, apa khasiat yang membedakan jika merendam kaki dengan air hangat tanpa garam dan merendam kaki dengan air hangat yang di campur dengan garam?

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Garam Hangat untuk Kesehatan

Telah banyak diketahui bahwa garam memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Bukan hanya untuk bumbu masakan saja namun untuk garam ternyata juga bermanfaat salah satunya untuk membunuh kuman dan penyakit. Bakteri dapat dihilangkan dengan menggunakan air garam. Jika air garam saja memiliki banyak manfaat dan khasiat, akan lebih berkhasiat lagi jika garam ditambah dengan air hangat digunakan sebagai sarana refleksi yaitu dengan cara merendam kaki. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Untuk Relaksasi

Manfaat pertama yang sangat bisa dirasakan jika merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam adalah kaki menjadi lebih rileks dan ringan. Bahkan bukan hanya itu, dengan merendam kaki tubuh akan terasa lebih rileks dan membuat pikiran lebih tenang. Ketenangan pikiran dan hilangnya rasa pegal-pegal membuat badan Anda lebih nyaman dari sebelumnya.

  • Untuk Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki sepertinya masih menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Ternyata, salah satu cara dan solusi untuk mengatasi dan menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki dengan air hangat yang di campur garam. Air garam berkhasiat menghilangkan bakteri yang ada di kaki kita sehingga menghilangkan bau kaki. Jika Anda mempunyai masalah dengan bau kaki, maka Anda bisa mencoba cara sederhana yang satu ini.

  • Mencegah Meriang

Jika sebelumnya manfaat merendam air hangat dengan garam adalah untuk merefleksi kaki maka kini, khasiatnya adalah untuk mengurangi rasa pegal di tubuh dan membuat tubuh lebih segar sehingga dapat mencegah terjadinya meriang atau sakit.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Khasiat lain dari perendaman kaki dengan air hangat dan garam adalah untuk memperlancar aliran atau sirkulasi darah. Aliran darah menjadi lebih lancar jika Anda melakukan perendaman ini secara rutin.

  • Meredakan nyeri otot

Nyeri otot adalah penyakit yang cukup mengganggu aktifitas. Apalagi jika sudah berusia lanjut, maka nyeri otot mudah sekali untuk menghampiri. Nah, hal itu dapat teratasi dengan cara merendam kaki dengan air hangat dan garam ini. memang, tidak secara langsung dapat dirasakan namun jika dilakukan secara rutin dan terus menerus maka khasiatnya besar bagi kesehatan.

Itulah lima manfaat merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam bagi kesehatan. Cukup dengan menyiapkan air hangat dan garam secukupnya di dalam ember Anda bisa melakukan relaksasi yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Image Source: healthextremist.com